Search

7 Makanan agar ASI Mama Banyak, Kental, dan Berkualitas

Sebagai nutrisi utama, Mama perlu mengetahui cara yang tepat agar asi kental dan mengenyangkan bayi. Agar ASI banyak dan kental, Mama membutuhkan makanan yang bergizi dan sehat. Oleh karena itu, yuk intip 7 makanan yang dapat membuat ASI Mama banyak, kental, dan berkualitas di sini!

Manfaat ASI untuk Si Kecil

ASI merupakan makanan bayi yang alami, ideal, terbaik, dan mudah dicerna oleh Si Kecil. Tidak hanya sekedar banyak nutrisi, pemberian ASI dapat meningkatkan hubungan emosional antara ibu dan anak, serta mencegah Si Kecil dari bahaya infeksi – Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Karena banyaknya manfaat ASI bagi kesehatan serta tumbuh kembang bayi, Mama perlu lho melakukan upaya untuk menghasilkan ASI yang banyak. Cara yang paling mudah adalah dengan mengonsumsi makanan tertentu agar ASI banyak dan kental. 

Baca juga: Warna ASI yang Bagus Seperti Apa, Bening, Kuning atau Hijau?

Makanan Agar ASI Kental dan Berkualitas

Dari sekian banyak jenis, berikut 7 makanan agar ASI Mama menjadi kental dan berkualitas baik bagi Si Kecil.

1. Fenugreek

7 Makanan agar ASI Mama Banyak, Kental, dan Berkualitas

Makanan jenis biji-bijian satu ini memiliki manfaat untuk memproduksi dan melancarkan ASI karena kandungan fitoestrogen yang mirip dengan hormon estrogen. Untuk mengonsumsinya, Mama bisa menjadikannya sebagai teh dengan campuran madu sebagai pemanis alami. 

2. Daun Katuk

Sayuran yang satu ini memang cukup dikenal sebagai nutrisi dalam menambah kualitas ASI. Daun katuk memiliki warna hijau, yang dipercaya memiliki kandungan fitoestrogen yang baik untuk produksi ASI Mama. Untuk mengonsumsinya, daun katuk bisa Mama olah menjadi sayur bening. 

3. Kedelai

Ibu yang sedang menyusui membutuhkan sekitar 71 gram protein setiap hari untuk menjaga tubuh Mama dan memicu laktasi – Ohio State University dikutip dari Hello Motherhood. 

Kedelai merupakan sumber protein yang baik dan dibutuhkan oleh ibu menyusui. Selain itu, protein yang terkandung di dalam ASI dapat membantu tumbuh kembang Si Kecil. Mama bisa mendapatkan manfaat protein dari kedelai dengan mengonsumsi susu atau olahan kedelai lainnya.

4. Kacang almond

7 Makanan agar ASI Mama Banyak, Kental, dan Berkualitas

Jenis kacang satu ini juga termasuk makanan yang kaya akan protein dan kalsium serta baik untuk meningkatkan produksi ASI Mama. Kandungan nutrisi lainnya yang terdapat dalam kacang almond adalah zat besi, kalsium, seng, vitamin K, vitamin B, serta asam lemak esensial.

Apalagi kacang almond dianggap sebagai makanan laktogenik atau mengandung senyawa yang dapat merangsang produksi ASI. Mama bisa mengonsumsi kacang almond secara langsung sebagai camilan, atau dicampurkan dengan oat.

5. Oat

Mengonsumsi oat ternyata dapat membuat produksi ASI Mama menjadi meningkat. Manfaat ini karena oat merupakan sumber zat besi yang dapat memenuhi kebutuhan harian ibu menyusui. Mama bisa memasak oat yang dicampur dengan topping buah, diolah menjadi kue, atau oat dalam bentuk granola. 

6. Jamur

Beberapa jenis jamur tertentu ternyata merupakan sumber polisakarida beta-glukan yang baik. Sumber ini dianggap sebagai agen laktogenik utama sejenis dengan senyawa yang terdapat dalam oat dan barley. 

Untuk itu Mama bisa mengonsumsi jamur jenis reishi, shiitake, maitake, shimeji, dan jamur tiram yang memiliki kandungan beta-glucan tertinggi dari jenis lainnya. Jamur-jamur ini bisa Mama olah dalam sup, atau sayuran capcay.

7. Alpukat

7 Makanan agar ASI Mama Banyak, Kental, dan Berkualitas

Makanan terakhir yang baik agar ASI Mama menjadi kental adalah alpukat. Buah yang satu ini merupakan pemberi energi bagi Mama yang sedang menyusui. Sebab umumnya aktivitas menyusui akan membuat Mama menjadi sering lapar karena meningkatnya kebutuhan kalori bagi tubuh dan ASI untuk Si Kecil. 

Alpukat memiliki 80% lemak baik untuk memberikan rasa kenyang serta menyehatkan jantung. Belum lagi kandungan vitamin B, vitamin K, folat, potasium, vitamin C, dan vitamin E yang baik untuk tubuh Mama dan juga Si Kecil.

Baca juga: Tips Lengkap Pumping ASI: Kenali Manfaat dan Risikonya

Cara Alami & Praktis Memenuhi Nutrisi Ibu Menyusui 

Bagi ibu menyusui yang kesulitan memenuhi asupan nutrisi untuk melancarkan ASI, misalnya karena tak sempat memasak yang rumit, atau bosan dengan menu yang sama, kini ada cara yang lebih praktis dan alami, lho. Mama menyusui bisa memenuhi nutrisi secara lengkap dalam Mama’s Choice Almond Milk Powder dan Mama’s Choice Breastfeeding Support.

Kedua ASI Booster ini mengandung nutrisi lengkap dari almond, fenugreek, daun katuk, dan kurma yang akan membantu meningkatkan kuantitas dan kualitas ASI Bunda. Bahkan, Almond Powder Milk ini sudah diperkaya dengan DHA yang baik untuk otak anak!

Dapatkan Keduanya dengan Harga Promo di sini! Rp 69.000 – Rp 109.000

Sangat cocok untuk Mama yang vegan, kurang menyukai, atau menghindari olahan daging merah. Keduanya dibuat 100% natural tanpa pewarna, perasa, maupun pengawet. 

8 dari 10 ibu menyusui sudah merasakan produksi ASI mereka meningkat dengan mengonsumsi Mama’s Choice Almond Milk Powder dan Mama’s Choice Breastfeeding Support secara rutin. 

ASI booster alami Mama's Choice

Jika Mama tertarik untuk mencoba ASI Booster dari Mama’s Choice, klik di sini untuk mendapatkan harga spesialnya. Promo terbatas!

Artikel terkait: Power Pumping: Kenali Manfaat, Teknik, Jadwal dan Artinya

Sumber:

hellomotherhood.com

parents.com

repository.litbang.kemkes.go.id

todaysparent.com

whattoexpect.com

Annisa Nur Fitriani

Seorang perempuan yang menyukai beragam proses belajar, mulai dari mendengar, mengamati, dan menulis. Baginya, semua tempat adalah sekolah, dan semua Mama adalah guru yang berharga.

COMMENTS

0 Comments
Leave a comment

Keranjang Anda (0)

Close

Belanja Rp90,000 lagi untuk dapat free ongkir!

Mini Cart

Keranjang belanja Anda kosong.

Shop now