Search

Manfaat Alami Daun Katuk untuk ASI Ibu Menyusui

Dalam masyarakat, manfaat daun katuk untuk ASI sudah menjadi hal yang umum. Tidak heran jika Mama sudah tahu manfaat alami daun katuk untuk ibu menyusui. Untuk manfaat selengkapnya, Mama bisa simak di ulasan berikut ini, ya!

Mengenal Daun Katuk

Daun katuk yang memiliki nama latin Sauropus androgynus L. merr adalah tumbuhan asli dari Asia Tenggara. Sebagai jenis sayuran, tanaman ini telah banyak dikonsumsi oleh masyarakat dari berbagai negara karena manfaatnya yang baik bagi kesehatan. Salah satu khasiatnya adalah meningkatkan produksi ASI bagi ibu menyusui.

Daun katuk dapat menjadi bahan baku produk nutrisi pendukung kehamilan. Selain itu, daun ini memiliki manfaat untuk meningkatkan hormon prolaktin dan sebagai perawatan kecantikan. Tentunya manfaat tersebut bisa Mama dapatkan dengan kandungan nutrisi yang terdapat di dalam daun katuk.

Manfaat Daun Katuk untuk ASI

Manfaat Alami Daun Katuk untuk ASI Ibu Menyusui

Terdapat beberapa studi yang telah menemukan manfaat daun katuk. Salah satunya adalah penelitian yang dilakukan di Sleman, Yogyakarta pada tahun 2004. Dalam penelitian tersebut, terdapat 2 kelompok ibu yang baru melahirkan dan menyusui yang diberikan ekstrak daun katuk serta tidak.

Pada kelompok yang mengonsumsi ekstrak daun katuk, terjadi peningkatan ASI sejak hari kedua dan ketiga. Bahkan kelompok tersebut mengalami peningkatan produksi ASI 50,7% lebih banyak dibandingkan kelompok ibu yang tidak diberi ekstrak daun katuk. 

Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa pemberian ekstrak daun katuk dapat mengurangi jumlah subjek kurangnya pemberian ASI sebesar 12,5%. Dengan begitu, ibu menyusui diharapkan dapat memenuhi asupan nutrisi melalui pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan. 

Pemberian ekstrak daun katuk juga relatif aman, tidak menurunkan kualitas ASI. Hal ini karena ekstrak daun katuk tidak menurunkan kadar protein dan lemak ASI. 

Baca juga: 8 Langkah Sukses ASI Eksklusif dengan Pumping, Sudah Coba Semua?

Cara Mengolah Daun Katuk untuk Mendapatkan Manfaatnya

Manfaat Alami Daun Katuk untuk ASI Ibu Menyusui

Ma, mengolah daun katuk tenyata tidak sulit, lho. Mama dapat mengolah sayur ini sebagai sayur bening dengan campuran jagung manis atau wortel sebagai tambahannya. Dengan cara ini, Mama yang sedang menyusui bisa mendapatkan manfaat alami dari daun katuk dengan rasa yang enak.

Tapi satu hal yang perlu Mama perhatikan adalah lama waktu pengolahan sayur daun katuk. Memasak sayur katuk tidak boleh lama-lama ya, Ma. Hal ini dapat membuat kualitasnya menurun karena kandungan vitamin akan terbuang. Selain itu, daun katuk juga tidak disarankan untuk digoreng.

Mama juga bisa mengolah daun katuk menjadi teh lho! Caranya cukup dengan memilih beberapa lembar daun katuk segar. Kemudian rebus daun katuk dalam 250 ml air. Jika sudah mendidih, tuangkan ke dalam gelas dan beri madu atau lemon agar rasanya lebih nikmat.

Baca juga: 10 Manfaat Matcha Dan Tips Aman Menikmatinya untuk Ibu Menyusui

Cara Praktis Mendapatkan Manfaat Alami Daun Katuk

Jika Mama tidak sempat mengolah sayur daun katuk karena sibuk menyusui Si Kecil, tenang saja ya, Ma. Mama bisa mendapatkan manfaat alami sayur daun katuk dari Mama’s Choice Breastfeeding Support. 

Suplemen dalam bentuk kapsul ini mengandung daun katuk serta bahan tambahan lainnya seperti fenugreek, almond, serta kedelai. Bahan-bahan tersebut secara efektif dapat membantu meningkatkan kulitas dan kuantitas ASI Mama.

Diskon 31% untuk Breastfeeding Support! | Rp 109.000 Rp 159.000

3 dari 5 Mama terbukti merasa ASI mereka lebih kental dan lebih melimpah setelah konsumsi pertama Mama’s Choice Breastfeeding Support. 

Yuk, langsung coba dan rasakan sendiri manfaat Mama’s Choice Breastfeeding Support. Mama cukup mengonsumsi suplemen ini sebanyak 1-2 kapsul 2 kali dalam sehari setelah makan. Selamat mencoba ya, Ma!

Itulah manfaat alami daun katuk untuk ASI ibu menyusui. Semoga tulisan ini bermanfaat ya, Ma!

Klik banner di bawah ini untuk cek dan belanja produk berkualitas dengan harga spesial!

Artikel terkait: Kapan ASI Mulai Keluar? Ini Tanda-Tandanya, Ma!

Sumber:

drhealthbenefits.com

ejournal.litbang.kemkes.go.id

SHARE THIS POST

Annisa Nur Fitriani

Seorang perempuan yang menyukai beragam proses belajar, mulai dari mendengar, mengamati, dan menulis. Baginya, semua tempat adalah sekolah, dan semua Mama adalah guru yang berharga.

COMMENTS

0 Comments
Leave a comment

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Gigi & Cara Mengatasi Agar...
Learn more
Card image
Tips Lengkap Pumping ASI: Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more

Your Cart (0)

Close

Belanja min Rp300K dapat Rp55,000 off dan free ongkir

Mini Cart

Your cart is empty.

Shop now