Search

10 Manfaat Matcha Dan Tips Aman Menikmatinya untuk Ibu Menyusui

Mama pernah mencoba matcha? Rasa yang diambil dari teh hijau ini kini tengah populer di masyarakat. Tapi, tahukah Mama beberapa manfaat matcha bagi kesehatan? Kalau belum, yuk, simak manfaat dan tips aman menikmati matcha bagi ibu menyusui di sini!

Apa itu Matcha?

Matcha adalah bentuk bubuk dari teh hijau yang secara tradisional digunakan dalam upacara minum teh di Jepang. Pada dasarnya matcha terbuat dari tanaman Camellia sinensis yang secara umum digunakan untuk membuat teh hijau.

Proses pembuatan matcha sendiri dimulai dengan penanaman pada tempat teduh. Cara budidaya yang unik ini dapat meningkatkan jumlah pigmen yang disebut klorofil dalam daun teh. 

Proses tersebut dapat meningkatkan senyawa yang bermanfaat dalam daun teh. Salah satunya adalah asam amino yang disebut L-theanine yang bermanfaat bagi kesehatan. Daun teh yang sudah kering kemudian akan dihaluskan dengan cara digiling untuk membuatnya menjadi bubuk.

Manfaat matcha

Nah Ma, berikut ini merupakan manfaat berdasarkan hasil studi matcha dan komponennya.

1. Kaya akan antioksidan

10 Manfaat Matcha Dan Tips Aman Menikmatinya untuk Ibu Menyusui

Matcha memiliki kandungan katekin, atau senyawa dalam teh yang berperan sebagai antioksidan alami. Diperkirakan jumlah katekin di dalam matcha 137 kali lebih banyak daripada jenis teh hijau lainnya. 

Mama bisa memasukkan matcha sebagai salah satu menu diet untuk meningkatkan asupan antioksidan. Dengan begitu, matcha dapat membantu mencegah kerusakan sel pada tubuh akibat radikal bebas yang berbahaya.

2. Membantu melindungi organ hati

Selain jantung, organ hati juga memiliki peran penting untuk kesehatan karena bertugas untuk membuang racun dan memproses nutrisi. Beberapa penelitian membuktikan bahwa matcha dapat membantu melindungi kesehatan hati.

Salah satu studi menunjukkan bahwa dengan memberi 500 mg ekstrak teh hijau pada 80 orang dengan penyakit fatty liver non-alkohol. Setelah 12 minggu, ekstrak teh hijau secara signifikan mengurangi kadar enzim hati. Sebab peningkatan kadar enzim merupakan pertanda kerusakan hati.

Walaupun begitu, masih perlu penelitian lebih lanjut terkait manfaat matcha untuk hati.

3. Meningkatkan fungsi otak

Sebuah studi yang meneliti tentang manfaat matcha untuk otak dilakukan pada 23 orang. Beberapa peserta mengonsumsi teh matcha atau batangan yang mengandung 4 gr matcha, sedangkan kelompok lainnya mengonsumsi teh atau batangan plasebo.

Dari studi tersebut, para peneliti menemukan bahwa matcha memberikan peningkatan perhatian, reaksi, dan memori dari pada plasebo. 

4. Meningkatkan relaksasi dan menurunkan stres

Senyawa L-theanine yang terdapat di dalam matcha telah terbukti meningkatkan aktivitas gelombang alfa di otak. Hal ini dapat membantu Mama meningkatkan relaksasi dan menurunkan stres.

5. Membantu mencegah kanker

Dalam sebuah penelitian pada hewan sebagai objek uji, matcha mengandung senyawa yang meningkatkan kesehatan yang dikaitkan dengan pencegahan kanker. 

Matcha ternyata memiliki kandungan epigallocatechin 3-gallate (EGCG), yaitu sejenis katekin yang telah terbukti memiliki sifat anti-kanker yang kuat.

Walaupun begitu, efek ini mungkin memerlukan penelitian lebih lanjut. Sebab para peneliti masih perlu mempelajari bagaimana hasil penelitian ini jika dilakukan pada manusia.

6. Menjaga kesehatan jantung

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa minum teh hijau yang hampir serupa dengan matcha dapat membantu melindungi dari penyakit jantung. Sebab teh hijau terbukti mengurangi kadar kolesterol jahat serta trigliserida. 

Studi observasional juga menunjukkan bahwa minum teh hijau memiliki kaitan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan stroke. Sehingga ketika Mama mengombinasikan diet, gaya hidup sehat, serta minum matcha dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

7. Membantu menurunkan berat badan

Jika Mama perhatikan, beberapa produk penurun berat badan mengandung ekstrak teh hijau pada bahan-bahannya. Bukan tanpa alasan, teh hijau terkenal akan kemampuannya untuk menurunkan berat badan.

Hal ini terkait dengan temuan penelitian bahwa teh hijau dapat mempercepat metabolisme untuk meningkatkan pengeluaran energi serta pembakaran lemak.

Meskipun sebagian besar penelitian berfokus pada ekstrak teh hijau, seharusnya matcha yang berasal dari tanaman yang sama bisa memberikan efek yang serupa.

8. Membuat kulit lebih glowing

10 Manfaat Matcha Dan Tips Aman Menikmatinya untuk Ibu Menyusui

Berdasarkan studi yang diterbitkan dalam jurnal Advances in Skin & Wound Care, vitamin B yang terdapat dalam matcha dapat membantu meningkatkan pergantian sel kulit yang sehat. Kandungan vitamin C pada matcha juga dapat merangsang produksi kolagen lho, Ma!

9. Alternatif sumber kafein

Konsumsi kafein pada ibu menyusui memang perlu dibatasi. Selama mengASIhi, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter kandungan apakah aman jika Mama mengonsumsi sumber kafein dengan dosis tertentu.

Jika aman bagi Mama dan Si Kecil, maka Mama bisa mengonsumsi matcha sebagai pengganti kopi selama menjalani proses laktasi.

10. Rasa yang enak 

Mengonsumsi matcha merupakan salah satu cara menikmati minuman sehat dengan  menyenangkan. Tentu hal  ini menyebabkan matcha sebagai varian rasa dengan banyak peminat. Rasa yang lezat dari matcha dapat melepaskan hormon endorfin yang membuat Mama bahagia dan ASI pun makin lancar dengan bonus makin sehat.

Baca juga: Apa Kandungan Gizi ASI Hindmilk Foremilk dan Manfaatnya?

Tips Aman Menikmati Matcha untuk Ibu Menyusui

Itulah beberapa manfaat matcha yang bisa Mama dapatkan. Mama ingin merasakan kenikmatan dan manfaat matcha namun ragu karena sedang menyusui? Tidak perlu khawatir ya Ma, karena Mama’s Choice bisa menjawab keraguan Mama.

Terinspirasi dari permintaan tinggi para ibu menyusui, kini Mama’s Choice mengembangkan varian rasa baru pada produk Almond Milk Powder. Tidak kalah lezat dari varian coklat, sekarang Mama bisa menikmati Mama’s Choice Almond Milk Powder dengan rasa Matcha yang nikmat!

Dapatkan Diskon 40% untuk Almond Milk Powder! | Rp 64.900 Rp 109.000

Selain memiliki rasanya yang lezat, Mama’s Choice Almond Milk Powder efektif meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI dengan kandungan alami. Kandungan tersebut meliputi almond, fenugreek, daun katuk, kurma, bahkan DHA yang dapat membantu meningkatkan perkembangan otak Si Kecil.

4 dari 5 Mama sudah membuktikan khasiatnya, Ma. Berdasarkan hasil home panel test bulan Agustus tahun 2021, para Mama merasa produksi ASI meningkat hingga 50% setelah konsumsi pertama Mama’s Choice Almond Milk Powder. Sekarang saatnya Mama yang membuktikan sendiri, ya!

Banyak sekali ya Ma, manfaat matcha untuk kesehatan? Tunggu apalagi Ma, yuk cek e-commerce kesayangan Mama dan check out Mama’s Choice Almond Milk Powder ya!

Klik banner di bawah ini untuk cek dan belanja produk berkualitas dengan harga spesial!

Artikel terkait: Manfaat Susu Almond untuk Ibu Hamil & Menyusui, Bikin ASI Deras!

Sumber:

medicalnewstoday.com

healthline.com

womenshealthmag.com

SHARE THIS POST

Annisa Nur Fitriani

Seorang perempuan yang menyukai beragam proses belajar, mulai dari mendengar, mengamati, dan menulis. Baginya, semua tempat adalah sekolah, dan semua Mama adalah guru yang berharga.

COMMENTS

0 Comments
Leave a comment

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Gigi & Cara Mengatasi Agar...
Learn more
Card image
Tips Lengkap Pumping ASI: Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more

Your Cart (0)

Close

Belanja min Rp300K dapat Rp55,000 off dan free ongkir

Mini Cart

Your cart is empty.

Shop now