Search

Manfaat Fenugreek ASI Booster untuk Payudara Ibu Menyusui

Selama menyusui, Mama pernah tahu atau mendengar manfaat fenugreek untuk payudara ibu menyusui? Memang manfaat fenugreek untuk ASI tidak sepopuler daun katuk. Tetapi ada lho Ma, manfaat fenugreek untuk ibu menyusui. Mama mau tahu? Yuk, simak ulasan lengkapnya di sini!

Mengenal Fenugreek 

Bagi Mama yang belum tahu, fenugreek atau trigonella foenum-graecum adalah tanaman dengan tinggi 60-90 cm, memiliki daun hijau, bunga putih, dan polong yang berisi biji kecil berwarna cokelat keemasan. Biji fenugreek ini dipercaya memiliki manfaat bagi kesehatan, memperbesar payudara dan memperlancar ASI pada ibu menyusui

Selama ribuan tahun, biji fenugreek telah digunakan dalam pengobatan alternatif, bahan campuran rempah-rempah, penyedap makanan dan minuman, hingga tembakau. Biji fenugreek banyak dijual di pasaran, terutama di Amerika. 

Biji serta ekstrak fenugreek yang sudah kering dan matang digunakan sebagai perasa buatan untuk sirup maple. Sedangkan konsumsi biji fenugreek secara oral dalam jumlah yang biasa telah diberikan status aman (GRAS) oleh FDA

Baca juga: Pekan ASI Sedunia, Lakukan 4 Hal Ini Untuk Merayakannya!

Manfaat Fenugreek untuk Ibu Menyusui

Manfaat Fenugreek ASI Booster untuk Payudara Ibu Menyusui

Sebagai  sumber nutrisi terbaik, pemberian ASI menjadi sangat penting bagi pertumbuhan bayi. Namun sayangnya beberapa Mama mungkin kesulitan untuk menghasilkan ASI yang cukup. Kondisi ini tidak hanya berdampak pada bayi tetapi juga dapat memengaruhi perasaan Mama yang merasa tidak mampu memberikan ASI, hingga bisa menjadi depresi. 

Ternyata, biji fenugreek dapat membantu masalah sulitnya produksi ASI pada ibu menyusui. Biji fenugreek telah digunakan pada sejumlah wilayah geografis di seluruh dunia sebagai galactogogue. Banyak yang mempercayai bahwa galactagogue adalah zat yang dapat membantu merangsang, mempertahankan, atau meningkatkan produksi ASI.

Sebenarnya efek galactogogue fenugreek bersifat psikologis pada karena ASI merupakan hasil produksi ibu menyusui melalui proses kompleks yang mencakup faktor fisik, emosional, serta interaksi berbagai hormon, terutama hormon prolaktin – Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)

Menurut penelitian, fenugreek merupakan alternatif dari bahan alami yang aman untuk meningkatkan produksi ASI. Dalam sebuah studi yang dilakukan selama 14 hari pada 77 ibu, mengonsumsi teh herbal dengan biji fenugreek dapat meningkatkan produksi ASI. Sehingga berpengaruh pada peningkatan berat badan bayi.

Studi lainnya yang membagi 66 ibu menjadi 3 kelompok. Di antaranya satu kelompok menerima teh fenugreek, kedua menerima plasebo, dan ketiga tidak mendapat keduanya. 

Berdasarkan hasil ketiga kelompok tersebut, volume ASI dari kelompok ibu yang mengonsumsi teh fenugreek meningkat menjadi 2,47 ons (75 ml). Sedangkan kelompok ibu yang menerima placebo meningkat menjadi 1,15 ons (34 ml).

“Placebo merupakan pil untuk memberikan efek psikologis positif dan tidak mengandung obat-obatan” – KBBI

Baca juga: 5 Makanan Ini Bisa Bantu Lancarkan ASI, Semuanya Enak!

Cara Menyenangkan untuk Menikmati Manfaat Fenugreek

Berdasarkan manfaat tersebut, fenugreek bisa Mama temui dalam bentuk obat atau suplemen untuk ibu menyusui. Fenugreek juga dapat Mama konsumsi dalam bentuk teh herbal sebagai alternatif pengganti suplemen dan obat untuk meningkatkan ASI Mama. 

Selain itu, terdapat cara lain yang menyenangkan untuk menikmati manfaat fenugreek. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi Mama’s Choice Almond Milk Powder. Mama tidak perlu repot mengolah bahan alami untuk mendukung proses laktasi, karena semua manfaatnya bisa Mama dapatkan dari Mama’s Choice Almond Milk Powder ini.

Dapatkan Diskon 37% untuk Mama’s Choice Almond Powder Milk! | Rp 69.000 Rp 109.000

Kami yakin Mama ingin memberikan yang terbaik untuk Si Kecil. Maka dari itu, selain mengandung fenugreek yang dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas ASI, Mama’s Choice Almond Milk Powder juga merupakan ASI booster pertama di Indonesia yang mengandung DHA untuk mendukung perkembangan otak Si Kecil

Susu almond ini menggunakan bahan-bahan alami lainnya yang dapat mendukung proses laktasi ibu menyusui. Dengan kandungan almond, daun katuk, dan kurma dengan rasa cokelat yang nikmat, Mama dapat menikmati susu almond ini tanpa rasa mual.

Booster ASI Mama's Choice, Susu Almond Alami

 

Gimana Ma? Jadi penasaran dengan ASI booster dari Mama’s Choice? 8 dari 10 Mama merasa produksi ASI-nya meningkat setelah mengonsumsi Mama’s Choice Almond Milk Powder secara rutin. Sekarang, saatnya Mama yang membuktikan khasiatnya, ya!

Itulah ulasan mengenai manfaat fenugreek ASI booster untuk payudara ibu menyusui. Semoga tulisan ini bermanfaat ya, Ma!

Klik banner di bawah ini untuk cek dan belanja produk berkualitas dengan harga spesial!

Artikel terkait: Manfaat Susu Almond untuk Ibu Hamil & Menyusui, Bikin ASI Deras!

Sumber:

healthline.com

nccih.nih.gov

clinicaltrials.gov

idai.or.id

SHARE THIS POST

Annisa Nur Fitriani

Seorang perempuan yang menyukai beragam proses belajar, mulai dari mendengar, mengamati, dan menulis. Baginya, semua tempat adalah sekolah, dan semua Mama adalah guru yang berharga.

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Gigi & Cara Mengatasi Agar...
Learn more
Card image
Tips Lengkap Pumping ASI: Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more

Your Cart (0)

Close

Belanja min Rp200K dapat diskon Rp25,000 dan free ongkir

Mini Cart

Your cart is empty.

Shop now