Search

Lancarkan ASI Mama dengan 8 Makanan Sehat Ini!

Menyusui adalah salah satu hal terbaik yang bisa Mama berikan untuk bayi. Banyak yang mengidam-idamkan untuk lulus mengASIhi secara eksklusif selama 6 bulan atau hingga 2 tahun. Selain memberikan nutrisi, memberikan ASI dapat meningkatkan bonding antara Mama dan bayi.

Saat mengASIhi, Mama harus memastikan kualitas dan kuantitas ASI harus cukup. Hal ini dapat Mama dukung dengan mengonsumsi makanan yang tepat, bernutrisi, dan pastinya bergizi seimbang. Mama gak perlu khawatir dalam memilih makanan apa yang tepat untuk mendampingi Mama selama mengASIhi. Berikut Mama’s Choice rangkumkan rekomendasi makanan untuk Mama!

8 Rekomendasi Makanan untuk Ibu Menyusui

Apa saja makanan pelancar ASI yang mengandung nutrisi alami? Yuk cek daftar makanannya berikut ini!

1. Kurma

Kurma

Dilansir dari University Health News, kurma mengandung Trypthopan, zat laktogenik yang bisa membantu meningkatkan suplai ASI. Dalam 100gr kurma, terdapat 6,5% Kalsium yang bisa menolong Mama saat produksi ASI sedang sedikit.

Biasanya, saya membuat jus kurma. Sederhana sekali resepnya, cukup diamkan kurma dalam jumlah ganjil ke dalam air putih semalaman di lemari es, keesokan harinya blender bersama susu segar. Hmmmm, nikmat.

2. Jahe

Jahe adalah salah satu makanan laktogenik populer yang terkenal efektif sebagai pelancar asi alami. Penelitian menunjukan bahwa jahe adalah makanan anti-inflamasi dan dapat menjadi antioksidan dalam tubuh, terutama ibu menyusui.

3. Oatmeal

Oatmeal adalah salah satu makanan terbaik untuk meningkatkan suplai ASI serta merupakan sumber nutrisi untuk ibu menyusui dan bayi. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam oatmeal antara lain: serat, zat besi, magnesium, dan seng.

Selain mudah dibuat, kandungan zat besi yang tinggi pada oatmeal membuatnya disukai ibu menyusui. Sebab kadar zat besi yang rendah dapat mengurangi suplai ASI. Kurang menyukai rasa oatmeal? Cukup campurkan dengan susu cokelat atau ASI booster untuk mendapatkan rasa yang lebih lezat!

4. Almond

Almond

Kacang almond kaya akan protein, serat, vitamin, mineral dan antioksidan yang penting bagi kesehatan Mama serta buah hatinya yang baru lahir. Tentu, almond bisa dijadikan beragam olahan untuk makanan ibu menyusui.

Almond merupakan sumber kalsium non susu yang baik untuk tubuh. Selain itu, lemak tak jenuh tunggal yang ada dalam kandungan almond dapat meningkatkan kekayaan ASI. Bila Mama tak sempat mengolah dan malas mengunyah almond, kini telah banyak tersedia ASI booster dengan bahan dasar almond juga lho.

5. Daun katuk & bayam

Daun katuk dan bayam adalah salah satu makanan untuk pelancar ASI yang paling terkenal. Keduanya meningkatkan hormon prolaktin yang bisa menambah produksi ASI.

Dua kandungan utama yang dibutuhkan busui juga ada dalam sayuran bayam, yaitu asam folat dan zat besi. Asam folat dan zat besi dapat membantu memproduksi sel-sel darah yang baru bagi Mama yang kehilangan banyak darah saat persalinan.

6. Fenugreek

Sudah sejak lama fenugreek dipercaya sebagai obat herba untuk mengatasi keluhan ASI sedikit. Penelitian pun telah membuktikan bahwa suplemen fenugreek terbukti meningkatkan produksi ASI. Jadi, jika memang merasa produksi ASI kurang, Mama bisa mencoba mengonsumsi fenugreek terlebih dulu.

Manfaat fenugreek dalam meningkatkan produksi ASI diduga berasal dari kemampuannya untuk menstimulasi kelenjar keringat. Kelenjar air susu sendiri merupakan turunan dari kelenjar keringat, sehingga diduga dapat distimulasi oleh fenugreek.

Baca juga: Ini 21 Makanan untuk Ibu Hamil agar Bayi Lahir Cerdas dan Sehat

7. Biji Adas (Fennel Seeds)

Dilansir dari Momjunctionsbiji adas atau fennel seeds diyakini dapat meningkatkan jumlah produksi ASI Mama. Biji adas juga mampu menyehatkan pencernaan dan membantu meredakan kolik bayi. Penyajian biji adas dapat ditambahkan pada teh atau dapat juga direbus langsung dengan susu.

8. Teh Hijau

Teh hijau memiliki banyak manfaat dalam kandungannya. Salah satu manfaat teh hijau yang paling terkenal adalah menjaga kesehatan jantung serta menjaga stabilitas tekanan & kadar gula darah dalam tubuh. Ibu menyusui dapat juga merasakan manfaat teh hijau, namun perlu diingat bahwa teh hijau memiliki kandungan kafein sehingga konsumsinya untuk ibu menyusui harus diperhatikan. Berdasarkan ketentuan American Academy of Pediatrics (AAP), ibu menyusi boleh mengonsumsi kafein asal dalam batas tertentu.

ASI Booster dengan Nutrisi Alami yang Lengkap

Meski sudah mengetahui apa saja makanan yang dapat melancarkan ASI, nyatanya ada saja hambatan dalam mengonsumsinya. Misalnya, setelah melahirkan, sebagian Mama terlalu sibuk menyusui dan mengurus bayi sehingga tidak sempat belanja atau memasak.

Nah, untuk itu Mama perlu lengkapi nutrisi dengan ASI booster Mama’s Choice Almond Milk Powder dan Mama’s Choice Breastfeeding Support dapat menjadi solusi yang praktis dan lezat. Sebab ASI booster ini mengandung bahan-bahan yang dapat menambah produksi ASI sambil mengembalikan nutrisi tubuh.

Mama's Choice Almond Powder & Breastfeeding Support untuk Ibu Menyusui
 Disc 52% untuk Double ASI BOOSTER Mama’s Choice | RP 129.000 Rp 268.000

Kedua ASI Booster ini mengandung nutrisi lengkap dari almond, fenugreek, daun katuk, dan kurma yang akan membantu meningkatkan kuantitas dan kualitas ASI Mama. Bahkan, Almond Powder Milk Mama’s Choice sudah diperkaya dengan DHA yang bagus untuk bayi!

ASI Booster ini cocok untuk Mama yang vegan, kurang menyukai, atau menghindari olahan daging merah. Keduanya dibuat 100% alami tanpa pewarna, perasa, maupun pengawet.

makanan ibu menyusui agar bayi pintar

8 dari 10 ibu menyusui sudah merasakan produksi ASI mereka meningkat dengan mengonsumsi Mama’s Choice Almond Milk Powder dan Mama’s Choice Breastfeeding Support secara rutin. 

Tips Tambahan untuk Meningkatkan Produksi ASI

Selain makan makanan bergizi dan minum ASI booster, agar berhasil menyusui ada beberapa tips yang perlu Mama ketahui. Antara lain:

  1. Penting bagi Mama untuk memiliki jadwal menyusui yang teratur di 6 minggu pertama untuk menjaga produksi ASI.
  2. Kosongkan payudara setiap 2-3 jam sekali, baik menyusui langsung atau memompa.
  3. Lakukan power pumping (lebih baik pada pukul 01.00 – 06.00 pagi)
  4. Terus berpikir positif, bersyukur serta bahagia dalam perjalanan mengASIhi.

Jangan sedih bila awalnya ASI Mama sedikit, ya. Terus lakukan tips tersebut dengan konsisten, sebab perlu kurang lebih beberapa hari agar usaha dan konsumsi ASI booster Mama menunjukkan hasil. Semoga lancar selalu ya, Ma!

Ingin mendapatkan ASI Booster terbaik dari Mama’s Choice dengan harga spesial? Klik di sini!

Rahne Putri

Ibu dari satu anak laki-laki berusia 3 tahun. Saya percaya, ketika Ibu berbahagia, maka keluarganya juga akan bahagia. Berada di Mama’s Choice, adalah salah satu kesempatan yang saya ambil untuk membantu perjalanan para Ibu menjadi lebih nyaman dengan diri dan pilihan-pilihan yang akan diciptakan untuk keluarga

COMMENTS

0 Comments
Leave a comment

Keranjang Anda (0)

Close

Belanja Rp90,000 lagi untuk dapat free ongkir!

Mini Cart

Keranjang belanja Anda kosong.

Shop now