5 Makanan Ini Bisa Bantu Lancarkan ASI, Semuanya Enak!

Mama's Summary

  • Produksi ASI membuat kandungan gula dalam darah berkurang, sehingga Mama akan lebih mudah lemas.
  • ASI memiliki volume dan komposisi yang berubah sesuai dengan waktu.
  • Konsumsi makanan yang dapat meningkatkan produksi ASI agar kegiatan menyusui Mama lebih lancar dan menyenangkan.

Memberikan ASI adalah salah satu hal terbaik yang bisa diberikan dari seorang Mama untuk bayi. Banyak yang mengidam-idamkan untuk lulus mengASIhi secara eksklusif selama 6 bulan atau hingga 2 tahun. Untuk itu, banyak Mama yang sangat membutuhkan makanan ibu menyusui yang tepat agar ASI nya lancar dan berlimpah.

ASI memiliki keseimbangan optimal antara lemak, gula, air dan protein. Semua nutrisi ini sangat penting untuk perkembangan fisik dan mental bayi.

Pentingnya makanan untuk ibu menyusui

Tak hanya bermanfaat buat bayi, Mama yang menyusui juga mendapatkan manfaat seperti penurunan berat badan, penyusutan rahim yang lebih baik, mengurangi risiko kanker payudara.

ASI memiliki volume dan komposisi yang berubah sesuai dengan waktu, frekuensi menyusui serta usia bayi. Tentu berbeda-beda juga untuk setiap kondisi Mama. Oleh karena itu, penting bagi Mama untuk memperhatikan makanan.

Saya sendiri ‘berhasil’ menyusui anak saya selama 1 tahun 3 bulan. Berikut saya akan berbagi makanan-makanan yang bisa bantu lancarkan ASI berdasarkan pengalaman.

1. Kurma

Kurma bisa melancarkan ASI karena dapat meningkatkan hormon oksitosin, lho!

Setelah menyusui, sering kali badan merasa haus seperti habis olahraga. Rupanya, produksi ASI membuat kandungan gula dalam darah berkurang, Ma.

Tidak heran ya, kalo Mama ingin yang manis-manis terus. Namun sebaiknya, hindari konsumsi makanan atau minuman dengan pemanis buatan.

Dilansir dari University Health News, kurma mengandung Trypthopan, zat laktogenik yang bisa membantu meningkatkan suplai ASI. Dalam 100gr kurma, terdapat 6,5% Kalsium yang bisa menolong Mama saat produksi ASI sedang sedikit.

Biasanya, saya membuat jus kurma. Sederhana sekali resepnya, cukup diamkan kurma dalam jumlah ganjil ke dalam air putih semalaman di lemari es, keesokan harinya blender bersama susu segar. Hmmmm, nikmat.

2. Almond

Almond bagus lho untuk makanan busui! ASI lancar dan melimpah.

Kacang almond kaya akan protein, serat, vitamin, mineral dan antioksidan yang penting bagi kesehatan Mama serta buah hatinya yang baru lahir. Tentu, almond bisa dijadikan beragam olahan untuk makanan ibu menyusui.

Almond merupakan sumber kalsium non susu yang baik untuk tubuh. Selain itu, lemak tak jenuh tunggal yang ada dalam kandungan almond dapat meningkatkan kekayaan ASI.

Namun ingat, sebaiknya yang dikonsumsi adalah jenis almond basah, bukan yang almond panggang asin dengan kandungan garam tinggi ya.

Baca juga: Ini 21 Makanan untuk Ibu Hamil agar Bayi Lahir Cerdas dan Sehat

3. Alpukat

Alpukat, kaya asam folat, bagus untuk ibu hamil dan menyusui.

Buah ini baik untuk bumil dan busui. Salah satu hal yang melanda saat selesai menyusui adalah, sering merasa lapar. Nah, Alpukat bisa menjadi pembangkit tenaga gizi untuk para Mama.

Alpukat memiliki hampir 80% lemak nabati yang membantu mempertahankan perasaan kenyang dan juga sehat untuk jantung. Alpukat juga merupakan sumber vitamin B, vitamin K, folat, kalium, vitamin C dan vitamin E.

4. Daging sapi

Daging sapi bisa jadi alternatif makanan peningkat ASI.

Memiliki bayi di rumah tentu Mama membutuhkan banyak energi. Daging sapi adalah protein berkualitas tinggi yang kaya akan Zinc, Zat Besi dan vitamin B yang membantu mempertahankan energi Mama.

Bisa diolah bermacam-macam, seperti empal, rendang, atau bahkan steak. Hmm yummy!

5. Bayam

Dua zat gizi utama yang ada dalam sayuran bayam dan dibutuhkan busui,  yaitu asam folat dan mangan. Asupan asam folat yang direkomendasikan saaat menyusui adalah sekitar 500mg/hari. Asam folat dapt membantu memproduksi sel-sel darah yang baru, yang penting bagi Mama yang saat persalinan kehilangan banyak darah.

Sementara zat Mangan bisa membantu perkembangan tulang, tulang rawan, dan kolagen, yang dibutuhkan untuk kesehatan dan terlebih pada Mama yang  perlu memulihkan diri pasca operasi caesar.

Bayam juga bisa jadi alternatif ASI booster, loh!

Sebenarnya, masih banyak bahan makanan ibu menyusui. Namun 5 bahan di atas yang paling sering saya konsumsi saat proses memberikan ASI.

Usahakan untuk rajin meminum 1 gelas air putih sebelum dan sesudah menyusui untuk pasokan produksi ASI selanjutnya dan terhindar dari dehidrasi.

Selain itu yang terpenting adalah, berpikir positif, bersyukur dan bahagia juga penting dimiliki dalam perjalanan mengASIhi. Semoga lancar selalu ya, Ma.

Bagi yang sedang hamil, bisa mempelajari takaran bahan makanan yang perlu dikurangi di sini. 

Yuk upload #ResepSehatAmanMama dan menangkan hadiah 25 juta rupiah!

Sebagai wujud kepedulian dan kebaikan saat Ramadan pada Ibu Hamil dan Menyusui, yuk bagikan video atau foto resep masakan yang sehat, halal dan dari bahan-bahan bergizi  supaya ibu hamil dan menyusui nggak bingung lagi menentukan makanannya!

Caranya gampang, cek informasi di gambar berikut atau klik di sini, ya, Ma! Jangan lupa, ajak teman-teman Mama untuk ikutan.

Ikuti kompetisi masak Resep Sehat Aman Mama dari Mama's Choice.

Mama, mau sharing tentang parenting dengan para ahli di bidangnya? Yuk, gabung segera di Mama’s Choice VIP Club! Sign up di sini. Ada hadiah bulanannya juga, lho! Kuota terbatas, yuk, daftar.

 

SHARE THIS POST

Rahne Putri

Rahne Putri

Ibu dari satu anak laki-laki berusia 3 tahun. Saya percaya, ketika Ibu berbahagia, maka keluarganya juga akan bahagia. Berada di Mama’s Choice, adalah salah satu kesempatan yang saya ambil untuk membantu perjalanan para Ibu menjadi lebih nyaman dengan diri dan pilihan-pilihan yang akan diciptakan untuk keluarga

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Jangan Panik Saat Bayi Rewel Tumbuh Gigi, Lakukan 3...
Learn more
Card image
Tips Lengkap Pumping ASI: Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more
Mama's Choice

Item has been added
to your cart.

Checkout