Search

15 Buah yang Bagus untuk Ibu Menyusui, Wajib Konsumsi!

ASI yang lancar dan deras tentu jadi dambaan setiap ibu menyusui. Kabar baiknya, hal tersebut bisa dicapai dengan memakan buah tertentu. Yuk Ma, ikuti terus artikel ini untuk mengetahui buah yang bagus untuk ibu menyusui agar ASI lancar!

Buah yang Bagus untuk Ibu Menyusui

Seperti kita ketahui, WHO merekomendasikan agar setiap bayi menerima ASI secara eksklusif selama 6 bulan pertama. Selanjutnya ASI terus diberikan dengan tambahan MPASI hingga minimal 2 tahun.

“ASI adalah makanan yang ideal untuk bayi. Aman, bersih dan mengandung antibodi yang membantu melindungi dari banyak penyakit umum pada anak.” – WHO

Barangkali Mama sudah sering membaca tentang makanan yang membantu produksi ASI. Jangan lupakan buah-buahan ya, Ma. Menurut Brigitte Zeitlin, ahli gizi dari Amerika, menambahkan dua porsi buah-buahan per hari dapat memberi tambahan nutrisi yang penting bagi ibu menyusui.

Namun tidak semua buah punya manfaat yang sama. Berikut ini beberapa buah yang bagus dan baik untuk ibu menyusui.

1. Pepaya hijau

Papaya Hijau buah pelancar asi

Pepaya yang masih mentah alias pepaya hijau dapat meningkatkan oksitosin, yaitu hormon yang memicu produksi ASI. Selain itu, enzim yang ada dalam pepaya mengandung vitamin penting untuk mendukung produksi susu ibu menyusui seperti vitamin A, B, C dan E.

Pepaya matang juga punya nutrisi yang baik. Namun, kandungan enzim dan mineral yang dibutuhkan untuk ibu menyusui lebih terkonsentrasi di pepaya hijau. Mama bisa mengonsumsi buah ini sebagai lalapan atau dibuat sayur asam yang menyegarkan.

2. Jeruk

Jeruk buah pelancar asi

Menurut ahli gizi Zeitlin, jeruk adalah sumber vitamin C yang sangat dibutuhkan untuk ibu menyusui. Vitamin C penting dalam pertumbuhan dan perbaikan jaringan otot. Selain itu, jeruk juga bisa memberikan energi yang diperlukan oleh ibu menyusui.

Buah jeruk bisa Mama nikmati dengan cara langsung dimakan atau dibuat jus, lho. Selain itu, Mama juga bisa mencampurkan buah jeruk dengan buah lainnya pada salad buah.

3. Alpukat

Alpukat buah pelancar asi

Alpukat memiliki banyak potasium untuk menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Selain itu, alpukat juga mengandung asam amino sebagai bahan penyusun protein penting untuk pertumbuhan sel. Semua kandungan ini penting bagi Mama yang sedang menyusui.

Untuk menikmati buah alpukat, Mama bisa membuat jus atau mengolahnya bersama roti bakar sebagai menu sarapan pagi. Bisa juga untuk campuran salad, Ma.

4. Blewah

Blewah

Walau tidak sepopuler buah lainnya, namun blewah ternyata kaya akan nutrisi yang dibutuhkan ibu menyusui, lho. Blewah mengandung vitamin B, C, K, magnesium hingga folat. Parut blewah jadi potongan kecil, lalu campurkan dengan air es dan sedikit gula. Hmm, pasti menyegarkan!

Merawat bayi sekaligus menyusui tentu melelahkan dan membuat cairan tubuh Mama banyak berkurang. Kandungan air yang tinggi dalam buah blewah dapat membantu Mama tetap terhidrasi dengan menggantikan cairan tubuh yang hilang.

5. Sawo

Sawo

Sawo memiliki kandungan kalori yang lebih tinggi dibanding buah lain. Hal ini baik untuk menggantikan kalori Mama yang terbuang selama menyusui. Jangan khawatir kalori yang tinggi akan membuat Mama gemuk. Sebab, sawo juga kaya akan serat yang membantu mencegah sembelit.

Selain mengandung vitamin dan mineral tinggi, buah ini juga direkomendasikan untuk dikonsumsi langsung oleh ibu menyusui karena memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang tinggi. Mama tidak perlu menambahkan apa-apa karena rasa buah sawo sudah manis dan lezat.

6. Kurma

Kurma

Buah yang dapat dinikmati langsung maupun dibuat jus ini punya banyak khasiat untuk ibu menyusui. Kurma kaya akan vitamin dan mineral, serta nutrisi seperti magnesium, zinc, hingga kalsium. Dan yang paling penting, kurma dapat memicu kadar hormon prolaktin untuk mendorong produksi ASI.

Penelitian yang diterbitkan oleh Jurnal Breastfeeding Medicine menunjukkan bahwa ibu menyusui mengalami peningkatan produksi ASI setelah mengonsumsi 10 buah kurma per hari.

Baca juga: Manfaat Kurma untuk ASI Booster Ibu Menyusui

7. Pisang

Pisang

Buah pisang merupakan buah pelancar ASI karena kaya akan vitamin dan mineral serta mampu meningkatkan kadar asam folat. Selain itu, kandungan kalium di dalamnya juga dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit tubuh saat menyusui.

Cara mengolah buah ini pun cukup mudah dan menyenangkan. Mama bisa makan langsung, membuat jus, membakarnya atau bahkan menggorengnya untuk dijadikan camilan di sore hari.

8. Melon

Melon

Melon kaya akan vitamin K, B, zat besi, asam folat, dan serat. Selain itu, buah melon juga mengandung kadar air yang tinggi, sehingga dapat membantu meningkatkan suplai ASI dan menjaga Mama tetap terhidrasi selama masa menyusui.

Selain bisa dinikmati langsung dan dibuat jus, Mama dapat menikmati buah melon dengan mencampurkannya bersama buah lain dalam salad buah, lho!

9. Semangka

Semangka

Kekurangan air bisa menurunkan produksi ASI. Karena itu ada baiknya Mama mengonsumsi buah yang banyak mengandung air, seperti semangka. Selain kaya akan air, semangka juga mengandung fruktosa, serat, dan mineral penting untuk meningkatkan suplai ASI.

Jadi, makan semangka sangat baik bagi Mama yang sedang menyusui agar tetap terhidrasi sehingga suplai ASI terjamin. Untuk menikmatinya, Mama bisa langsung menimati buah ini atau membuatnya menjadi jus.

10. Apel

Apel buah pelancar asi

Buah apel kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh bagi Mama dan bayi baru lahir. Tidak hanya itu, apel juga mengandung vitamin A, E, B1, B2, dan asam folat yang bagus untuk ibu menyusui. Mama bisa menikmati buah ini secara langsung atau membuatnya menjadi jus.

11. Jambu biji 

Jambu Biji buah pelancar asi

Jambu biji mengandung mineral dan vitamin yang dapat meningkatkan kualitas ASI. Buah ini juga dapat berfungsi sebagai antioksidan dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Mama. Namun, Mama dianjurkan untuk tidak berlebihan saat mengonsumsi jambu biji karena dapat menyebabkan sembelit.

Cara paling praktis untuk menikmati buah ini adalah dengan membuatnya menjadi jus, sehingga Mama tidak perlu kesulitan membuang biji dari buah jambu.

12. Pir

Pir buah pelancar asi

Buah pir mengandung vitamin dan mineral penting, seperti vitamin B, C, K, serta kalium. Itu membuat buah pir adalah salah satu buah pelancar ASI juga, Ma! Semua kandungan tersebut bagus untuk ibu hamil karena dapat menjaga serta meningkatkan kualitas ASI. Untuk menikmati buah ini tidak perlu repot, Mama mencuci dan setelah itu langsung mengonsumsinya.

13. Mangga

buah mangga, buah ibu menyusui

Selain lezat, mangga juga kaya akan antioksidan, vitamin K, serat dan potasium. Semua nutrisi itu penting untuk produksi ASI. Baik mangga yang masih muda ataupun yang sudah matang, semua jenis mangga sangat baik untuk ibu menyusui. Cara konsumsinya pun bervariasi, mama bisa makan langsung, dibuat rujak bersama buah lain, atau bisa juga dibuat jus.

14. Stroberi

buah stroberi, strawberry, buah ibu menyusui

Buah merah menggemaskan ini memiliki kandungan nutrisi yang Si Kecil butuhkan. Mulai dari vitamin C, kalsium, potasium, hingga magnesium. Asyiknya lagi, buah ini tidak hanya bisa dimakan langsung dan dijus, tapi juga bisa untuk campuran salad, sereal hingga yogurt.

15. Tin

buah tin, buah ara, buah untuk menyusui

Barangkali Mama jarang mendengar namanya, tapi buah yang satu ini punya banyak manfaat lho. Buah tin punya mineral yang melimpah ruah.

Berbagai mineral tersebut adalah adalah magnesium, mangan, tembaga, kalsium, zat besi, kalium, serat, vitamin K dan vitamin B6. Semuanya bermanfaat untuk kekebalan tubuh Mama dan Si Kecil. Lengkap kan, Mama bisa langsung mengonsumsi buah tin tanpa perlu repot membuat jus atau mengolahnya lagi.

Mau tahu lebih banyak tips seputar ibu menyusui? Ini saatnya Mama bergabung dengan Mama MengASIhi. Mama’s Choice menghadirkan wadah untuk Mama-Mama saling berbagi cerita pengalaman dan berbagai tips selama perjalanan mengASIhi. Mama akan bertemu dengan teman seperjuangan dan dikelilingi oleh lingkungan yang supportif agar Mama tidak merasa sendiri.

Anti Repot, Lengkapi Nutrisi Dengan ASI Booster Terbaik!

Bagi Mama yang super sibuk dan sulit untuk belanja buah-buahan segar, Mama juga bisa membantu meningkatkan produksi ASI dengan minum Mama’s Choice Almond Powder.

Dengan kandungan 27.5% Almond dan 100% bahan natural, Almond Powder dari Mama’s Choice merupakan ASI booster alami pertama dengan inovasi kombinasi fenugreek dan DHA yang bermanfaat meningkatkan kualitas dan kuantitas air susu Mama.

Mama's Choice Almond Powder
Diskon 48% untuk Almond Milk Powder! | Rp109.000 Rp56.900

Shopee beli sekarang

Selain memiliki kandungan bahan alami, Mama’s Choice Almond Milk Powder juga memiliki 2 varian rasa yang lezat, yaitu coklat dan matcha. Kedua pilihan rasa ini tentunya membuat pengalaman mengonsumsi ASI booster Mama menjadi jauh lebih menyenangkan!

Cara penyajiannya pun sangat praktis karena berbentuk susu bubuk. Mama cukup mencampurkan 3-4 sendok makan dengan air hangat dan sudah bisa langsung diminum. Selain itu, Mama’s Choice Almond Milk Powder juga sudah pasti aman kerena bebas dari bahan pengawet dan pewarna sintetis. Cocok untuk Mama yang vegan!

testimoni asi booster

4 dari 5 Mama sudah membuktikan bahwa Mama’s Choice Almond Milk Powder berhasil membuat ASI lebih deras setelah konsumsi pertama lho, Ma!. Sekarang giliran Mama yang mencobanya!

Selain dalam bentuk susu almond, Mama juga dapat mengonsumsi ASI booster secara praktis dalam bentuk kapsul dengan Mama’s Choice Breastfeeding Support.

Breastfeeding support Mama's Choice
Diskon 50% untuk Breastfeeding Support! | Rp159.000 Rp79.000

Dengan kandungan 6 superfood yang kaya nutrisi, Mama’s Choice Breastfeeding Support dapat membantu meningkatkan suplai ASI Mama hingga 2 kali lebih deras, lho!

Testimoni Breastfeed Support

Mama tidak perlu khawatir karena suplemen ASI booster dari Mama’s Choice ini aman dan bebas dari pengawet, pemanis, dan perasa buatan, kok. Selain itu, 8 dari 10 Mama juga sudah membuktikan bahwa Mama’s Choice Breastfeeding Support berhasil membuat ASI lebih deras, lho!

Itu dia beberapa buah pelancar ASI yang bagus untuk ibu menyusui. Semoga ASI Mama selalu lancar dan deras ya!

Artikel terkait: Cara Diet & Menu Sehat Saat Menyusui Bayi agar ASI Tetap Lancar

Sumber:

Breastfeeding. (2022, July 31). Breastfeeding. Retrieved December 21, 2022, from https://www.who.int/health-topics/breastfeeding#tab=tab_1

9 Fruits To Eat When You’re Breastfeeding For Better Milk Flow. (2019, October 30). Romper. Retrieved December 21, 2022, from https://www.romper.com/life/9-fruits-to-eat-when-youre-breastfeeding-for-better-milk-flow-15951

M. (2019, July 9). Fruits to Eat and Avoid During Breastfeeding. FirstCry Parenting. Retrieved December 21, 2022, from https://parenting.firstcry.com/articles/fruits-to-eat-and-avoid-during-breastfeeding/

M. (2018, August 21). Why You Should Eat Papaya During Breastfeeding. FirstCry Parenting. Retrieved December 21, 2022, from https://parenting.firstcry.com/articles/why-you-should-eat-papaya-during-breastfeeding/

8 fruits you can eat to boost milk supply. (2020, May 27). Kidspot. https://www.kidspot.com.au/baby/feeding/breastfeeding/8-fruits-to-eat-when-youre-breastfeeding-for-better-milk-production/news-story/6dc68ada2d05ebe051ec0038d5cb0e08

Rd, A. K. M. (2023, July 5). Can I Eat Watermelon While Breastfeeding? Safety and Benefits – Pregnancy Food Checker. Pregnancy Food Checker. https://www.pregnancyfoodchecker.com/eat-watermelon-breastfeeding-safety-benefits/

M., & M. (2023, May 22). Fruits to Eat and Avoid While Breastfeeding. FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/fruits-to-eat-and-avoid-during-breastfeeding/

Author Ambar Arum

Ambar Arum

Senang belajar dan berbagi info tentang ibu, anak, dan keluarga. Sebab harta yang paling berharga adalah keluarga. Setuju kan? Semoga bermanfaat ya!

COMMENTS

0 Comments
Leave a comment

Keranjang Anda (0)

Close

Belanja Rp90,000 lagi untuk dapat free ongkir!

Mini Cart

Keranjang belanja Anda kosong.

Shop now
1
0