Search

Mitos Minuman Susu Kedelai untuk Ibu Menyusui dengan Bayi Laki-Laki

Ada banyak mitos seputar minuman yang tidak boleh dikonsumsi ibu menyusui. Salah satunya adalah jangan minum susu kedelai kalau sedang menyusui bayi laki-laki. Tenang, itu hanya mitos kok, Ma. Faktanya, ada banyak manfaat minum susu kedelai untuk busui. Yuk, simak ulasannya di sini!

Selama menyusui, Mama memang harus memperhatikan pola makan. Sebab apa pun yang Mama makan dan minum akan diteruskan ke bayi melalui ASI. Jadi ada beberapa minuman yang sebaiknya Mama hindari, namun minuman susu kedelai bukan salah satunya.

Mitos Susu Kedelai bagi Busui dengan Bayi Laki-Laki

Sering terdengar mitos bahwa jangan minum susu kedelai kalau sedang menyusui bayi laki-laki. Karena kedelai mengandung isoflavon, yaitu senyawa yang bertindak seperti estrogen dalam tubuh. Estrogen itu sendiri adalah hormon utama pada perempuan.

Jadi banyak Mama yang khawatir keseimbangan hormon bayi laki-laki akan terganggu kalau mendapat ASI dari ibu yang minum susu kedelai.

Mama tidak perlu khawatir karena sejauh ini tidak ada bukti bahwa kedelai memberikan efek pada perubahan hormon anak. Penelitian yang diterbitkan di Journal of Nutrition pada tahun 2015 menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan pertumbuhan organ reproduksi pada bayi (perempuan dan laki-laki) yang mengkonsumsi susu kedelai dengan yang tidak.

Jurnal American Academy of Pediatrics juga menegaskan tentang tidak adanya bukti bahwa isoflavon dalam kedelai memiliki efek negatif pada hormon atau perkembangan bayi laki-laki.

Susu kedelai hanya punya dampak buruk pada bayi yang memiliki alergi terhadap kedelai. Jadi jika bayi mengalami gejala alergi setelah Mama mengkonsumsi susu kedelai, coba periksakan ke dokter anak apakah memang Si Kecil alergi kedelai atau ada pemicu lain.

Manfaat Minum Susu Kedelai untuk Ibu Menyusui

Mitos Minuman Susu Kedelai untuk Ibu Menyusui dengan Bayi Laki-Laki

Susu kedelai justru memiliki banyak manfaat bagi Mama yang sedang menyusui, baik bayi laki-laki maupun perempuan. Yuk simak beberapa manfaat minuman susu kedelai untuk ibu menyusui!

1. ASI berkualitas untuk Si Kecil

Dikutip dari situs Babyment, susu kedelai memiliki banyak kandungan yang baik untuk perkembangan bayi, di antaranya adalah:

  • Kaya akan zat besi dan tembaga untuk pembentukan sel darah merah. Ini baik untuk pertumbuhan bayi.
  • Mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk perkembangan otak bayi.
  • Kaya akan kalsium, untuk membentuk tulang bayi yang sehat.
  • Mengandung selenium, antioksidan kuat untuk mencegah serangan radikal bebas.

2. Mencegah kanker

Tahukah Mama? Kedelai memiliki efek antioksidan dan antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi resiko kanker, termasuk kanker payudara yang sering jadi momok bagi para ibu. Tantunya hal ini baik untuk Mama yang ingin mencegah berbagai penyakit dengan bahan alami seperti kedelai.

3. Menurunkan kolesterol

Ma, protein yang terkandung dalam kedelai memilki efek penurun kolesterol yang signifikan, lho. Rendahnya angka kolesterol membuat resiko penyakit kardiovaskular juga menurun. Jadi bagi Mama yang memiliki masalah dengan tingkat kolesterol tinggi, bisa mencoba mengonsumsi susu kedelai.

Baca juga: Kapan ASI Mulai Keluar? Ini Tanda-Tandanya, Ma!

Manfaat Kedelai untuk ASI Booster Berkualitas

Mama yang sedang menyusui bayi laki-laki kini tidak perlu takut untuk mengonsumsi susu kedelai, ya. Karena minuman susu kedelai justru banyak manfaatnya bagi busui. Terlebih jika dipadukan dengan makanan kaya nutrisi lainnya seperti almond, fenugreek, dan daun katuk.

Semua nutrisi tersebut bisa Mama dapatkan di Mama’s Choice Breastfeeding Support. ASI booster yang satu ini sangat praktis karena berbentuk kapsul yang dapat dikonsumsi setelah makan. Khasiatnya tidak diragukan lagi, 3 dari 5  Mama merasa ASI-nya jadi makin melimpah dan lebih kental lho, Ma!

Diskon 31% untuk Breastfeeding Support! | Rp 109.000 Rp 159.000

Mama's Choice Hair and Body Wash, sampo bayi tidak perih di mata

Tidak hanya meningkatkan produksi ASI, Mama’s Choice Breastfeeding Support ini juga meningkatkan kualitas ASI sekaligus menjaga daya tahan tubuh Mama. Sudah banyak Mama yang telah membuktikan khasiatnya, sekarang giliran Mama, ya!

Itu dia manfaat dari minum minuman susu kedelai yang penting untuk busui. Jangan mudah termakan mitos ya, Ma!

Klik banner di bawah ini untuk cek dan belanja produk berkualitas dengan harga spesial!

Artikel terkait: Manfaat Fenugreek ASI Booster untuk Payudara Ibu Menyusui

Sumber:

pubmed.ncbi.nlm.nih.gov

growthspectrum.com.au

yummymummyclub.ca

whattoexpect.com

babyment.com

SHARE THIS POST

Ambar Arum

Senang belajar dan berbagi info tentang ibu, anak, dan keluarga. Sebab harta yang paling berharga adalah keluarga. Setuju kan? Semoga bermanfaat ya!

COMMENTS

0 Comments
Leave a comment

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Gigi & Cara Mengatasi Agar...
Learn more
Card image
Tips Lengkap Pumping ASI: Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more

Your Cart (0)

Close

Belanja min Rp300K dapat Rp55,000 off dan free ongkir

Mini Cart

Your cart is empty.

Shop now