Mengenal Gentle Birth, Persalinan Minim Rasa Sakit

Setiap Mama tentu ingin melahirkan dengan nyaman dan aman. Apakah bisa ya? Bukannya melahirkan itu identik dengan rasa sakit? Nah, metode persalinan gentle birth adalah jawaban untuk keresahan Mama. Yuk kita kenalan lebih dekat dengan gentle birth.

Sebenarnya metode persalinan yang bisa Mama pilih tak hanya persalinan normal dan caesar. Gentle birth adalah konsep persalinan yang dilakukan dengan mengutamakan kenyamanan dan ketenangan Mama, sehingga rasa sakitnya bisa diminimalisir. 

Baca juga: Metode Persalinan Normal Setelah Caesar (VBAC)

Cikal Bakal Munculnya Gentle Birth

Pada tahun 1974, seorang dokter kandungan dari Perancis, Frederick Leboyer, menerbitkan sebuah buku berjudul Birth Without Violence. Di dalamnya ia menjelaskan pentingnya metode persalinan yang lembut bagi bayi. Transisi berpindahnya bayi dari rahim Mama ke dunia harus dilakukan perlahan dan lembut, bukan tiba-tiba dan mengejutkan. 

Dahulu, persalinan yang lembut ala Leboyer adalah dengan meletakkan bayi yang baru lahir ke dalam bak berisi air hangat. Selain itu, proses bersalin dilakukan di ruangan dengan pencahayaan rendah dan tenang, mengingat bayi berasal dari rahim yang gelap dan tenang. Ia juga menekankan pentingnya bayi langsung menempel ke dada Mama atau Inisiasi Menyusui Dini untuk menciptakan bonding melalui sentuhan fisik antara bayi dan Mama. 

Dari sinilah cikal bakal konsep gentle birth dimulai dan terus berkembang hingga kini. Tidak hanya bagi bayi, proses persalinan juga bisa Mama lalui dengan tenang dan nyaman. Perasaan relaks itulah yang membantu Mama mengurangi rasa sakit selama proses persalinan.

Gentle Birth, Nyaman untuk Mama dan Bayi

Baca juga: Tanda-Tanda Waktu Melahirkan Mama Sudah Dekat!

Persalinan gentle birth kini kian populer, terutama setelah ada beberapa artis yang menggunakan cara ini. Misalnya penyanyi dan penulis Dewi Lestari (Dee), artis Ayudia Bing Slamet, penyanyi Andien Aisyah, penyanyi Oppie Andaresta, dll. Bahkan metode ini juga dijalani oleh beberapa artis luar negeri lho. Sebut saja Kate Moss, Demi Moore, Gwyneth Paltrow, Katie Holmes, dan masih banyak lagi artis lainnya.

Persalinan gentle birth sendiri sebenarnya bukan metode khusus seperti water birth (persalinan dalam air hangat), normal, atau caesar. Metode melahirkan apapun dapat dilakukan dengan konsep gentle birth.

gentle birth adalah teknik melahirkan dengan mengutamakan kenyamanan ibu dan bayi

Konsep gentle birth adalah sebuah proses menyiapkan persalinan Mama secara mental, emosional dan fisik supaya Mama merasa nyaman dan tenang. Sehingga Mama dapat secara alamiah memahami keinginan sang bayi untuk keluar, tidak harus dengan cara konvensional seperti telentang dengan kaki terbuka ke atas seperti yang umum selama ini.

Mama bisa bebas menentukan posisi melahirkan yang nyaman bagi Mama dan bayi. Beberapa proses persalinan yang biasanya menjadi pilihan antara lain ada water birth, hypnobirth dan silent birth. Persalinan bisa dilakukan di rumah sakit atau di rumah sendiri, tentunya dengan pengawasan bidan dan tenaga medis yang berpengalaman. 

Jadi, konsep gentle birth tidak hanya melekat pada proses persalinan semata, tapi juga persiapan mental, emosional dan fisik Mama sepanjang hamil hingga akhirnya bersalin. 

Tips Mempersiapkan Gentle Birth 

1. Persiapkan mental positif dan kelola emosi 

Langkah paling awal adalah berpikiran positif. Jauhkan pikiran Mama dari pandangan bahwa melahirkan itu sakit. Kurangi juga menonton atau membaca berita buruk supaya mood Mama bisa tetap positif. Lebih baik banyak membaca cerita-cerita bahagia tentang Mama yang melahirkan dengan konsep gentle birth

Sangat penting juga bagi Mama untuk mengelola emosi. Mama bisa menulis jurnal tentang kegiatan harian atau apa yang Mama rasakan selama hamil, atau Mama juga bisa ajak ngobrol si bayi di dalam sana. Hindari stress ya Ma, karena stress dapat meningkatkan hormon kortisol dan berpengaruh buruk terhadap pertumbuhan janin. 

Untuk merawat diri, Mama bisa menyerahkannya pada Mama’s Choice! Kami menyediakan rangkaian produk perawatan diri khusus untuk bumil yang aman, natural, Halal dan jujur. Semua yang Mama butuhkan ada di sini, mulai dari produk skin care untuk masalah wajah kusam berjerawat, rangkaian perawatan rambut rontok, krim stretch mark untuk perut gatal, hingga minyak pijat aromaterapi. Semua ada!

sabun muka untuk ibu hamil - Mama's Choice

2. Perkaya wawasan tentang kehamilan & gentle birth

Misalnya pelajari makanan apa saja yang baik untuk Mama, dan tentunya perbanyak baca tentang gentle birth. Mama juga perlu mengetahui tentang teknik-teknik yang dapat membantu Mama merasa relaks, misalnya teknik pernapasan, hipnoterapi, atau prenatal yoga. Dengan wawasan yang cukup, Mama akan lebih tenang saat terjadi sesuatu sebab Mama sudah tahu harus berbuat apa. 

3. Persiapkan fisik dengan makan sehat dan olahraga

yoga untuk ibu hamil - Mama's Choice

Langkah selanjutnya adalah mempersiapkan fisik Mama untuk gentle birth. Persiapan fisik ini mencakup asupan makanan bergizi dan olahraga yang cukup. Menyantap makanan yang baik selama kehamilan, selain berpengaruh positif terhadap sang bayi, juga dapat membuat badan Mama jadi lebih bugar lho. Efeknya, mood Mama jadi lebih baik dan tidak mudah lelah. 

Dapatkan suplemen hamil mual muntah di sini agar tubuh ibu hamil lebih segar.

4. Atur birth plan dengan detail

Tidak kalah penting nih, Mama perlu menyusun birth plan dengan rinci. Mulai dari tempat bersalin, siapa saja yang menemani Mama bersalin selain Papa, termasuk ruangan persalinan seperti apa yang bisa membuat Mama merasa lebih nyaman. Susun juga Plan B sebagai rencana cadangan supaya Mama tidak panik kalau rencana awal tidak bisa berjalan dengan baik. 

Jangan lupa siapkan juga strategi packing perlengkapan saat persalinan kelak. Siapkan 2 tas, satu besar untuk di ruang perawatan dan tas kecil untuk di ruang persalinan. Isi tas besar dengan produk perawatan bayi Mama’s Choice, baju Mama dan baju bayi. Kemudian isi tas kecil dengan barang Mama yang penting seperti dokumen, handphone dan aksesorisnya, jaket atau syal, serta camilan untuk mengganjal perut.

persiapan melahirkan

Belanja keperluan ibu dan bayi di sini.

5. Minta bantuan ahlinya

Mama memang Wonder Woman, tapi bantuan dari orang lain tetap diperlukan. Pilihlah dokter kandungan atau bidan khusus yang sudah berpengalaman dalam hal gentle birth, supaya Mama merasa aman dan tenang. Apabila diperlukan, selama proses persiapan hingga pasca persalinan, Mama juga bisa mendapatkan bantuan dari doula profesional.

Itu dia yang perlu Mama tahu tentang gentle birth. Semoga informasi ini membantu Mama untuk menentukan pilihan metode melahirkan ya. Semangat, Mama!

 

Sumber: 

Madeformums.com

Ncbi.nlm.nih.gov

Smartparenting.com.ph

SHARE THIS POST

Avatar

Maureen

Menjadi orang tua milenial bagaikan dua sisi mata uang: menyenangkan sekaligus penuh tantangan. I mean, juggling between the career and family is never easy, right? Tapi, kata menyerah tidak ada dalam kamus kita! Mari bersama terus belajar memberi yang terbaik untuk keluarga & buah hati ❤

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Jangan Panik Saat Bayi Rewel Tumbuh Gigi, Lakukan 3...
Learn more
Card image
Harus Pumping ASI? Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more
Mama's Choice

Item has been added
to your cart.

Checkout