6 Tanda-Tanda Mau Melahirkan Sebentar Lagi, Seperti Apa ya?

Hai Mama, waktu yang dinantikan sudah semakin dekat nih. Mama sudah hamil 9 bulan dan tidak lama lagi sang bayi mau lahir ke dunia. Biasanya, beberapa minggu sampai beberapa hari sebelum melahirkan, akan ada beberapa perubahan yang penting untuk Mama ketahui. Jadi sekarang saatnya Mama mempelajari tentang tanda tanda mau melahirkan, supaya ketika merasakan gejala tersebut, Mama sudah tahu harus melakukan apa. Ajak Papa juga untuk baca artikel ini ya.

Begini Tanda-Tanda Mau Melahirkan

Jelang melahirkan, setiap Mama bisa merasakan tanda yang berbeda. Bahkan ada Mama yang tidak merasakan tanda apa pun. Ada juga Mama yang merasakan gejala hendak melahirkan yang berbeda antara anak pertama dengan anak kedua. 

Saat melahirkan anak pertama, Mama Jesika hanya merasa nyeri punggung dan keluar lendir seperti keputihan. Tapi saat hendak melahirkan anak kedua, Mama Jesika juga mengalami kontraksi palsu beberapa kali.

Secara umum, inilah beberapa tanda-tanda mau melahirkan yang biasanya dirasakan Mama: 

1. Bayi mulai masuk panggul

Selama mengandung, Mama tentu dapat merasakan pergerakan bayi di dalam rahim. Kadang ia menendang atau bergeser. Nah, beberapa minggu jelang melahirkan, Mama bisa merasakan si bayi seperti ‘merosot’ turun ke panggul. Tanda-tanda ini bisa juga baru Mama rasakan beberapa jam sebelum persalinan. Wah, ini artinya si bayi sudah siap mau bertemu Mama nih. 

2. Nyeri punggung dan kram perut

tanda tanda mau melahirkan
Nyeri punggung dan kram perut merupakan salah satu tanda Mama akan segera melahirkan

Rasa nyeri di daerah punggung sampai ke panggul biasanya akan memburuk jelang persalinan. Kadang juga diikuti dengan kram perut dan mual. Jangan khawatir ya, Mama. Untuk mengurangi rasa tidak nyaman tersebut, Mama bisa meminta Papa melakukan pijat oksitoksin di area punggung atau kaki dengan menggunakan relaxing massage oil dari Mama’s Choice. Pijatan oksitoksin berfungsi merangsang hormon bahagia dan memperlancar ASI kelak lho.

Massage oil dengan wangi lavender ini selalu jadi andalan banyak Mama untuk pijat dan aromaterapi yang bisa membuat Mama jadi lebih rileks. Coba di sini yuk, Ma!

3. Kontraksi 

Tanda jelang melahirkan lainnya adalah Mama akan merasakan sensasi rahim Mama menegang kemudian mengendur, ini disebut dengan kontraksi. Tapi tidak semua kontraksi berarti Mama akan melahirkan dalam waktu dekat, sebab ada yang namanya kontraksi palsu atau sering disebut dengan Braxton Hicks contraction. Nah, Mama perlu tahu nih beberapa perbedaan kontraksi asli dan palsu.

Kontraksi palsu akan hilang kalau Mama mengubah posisi, sementara tidak demikian dengan kontraksi sungguhan. Kontraksi yang asli biasanya memiliki pola yang teratur dan semakin kuat, sementara kontraksi palsu muncul tidak teratur. Untuk kontraksi asli dapat dihitung menggunakan rumus 5-1-1, yakni kontraksi terjadi selang 5 menit dan akan berlangsung sekitar 30 hingga 70 detik (1 menit) selama 1 jam. Jika terjadi kontraksi dengan pola seperti ini, itulah saatnya Mama menuju ke rumah sakit untuk memeriksakan kandungan dengan dokter. 

tanda tanda mau melahirkan
Rumus Kontraksi Asli 5-1-1

4. Perubahan mood

Walau tidak pasti semua Mama mengalami tanda tanda ini, namun sebagian Mama akan merasakan semburan energi dan perasaan yang berbeda dari biasanya ketika mau melahirkan. Entah Mama akan jadi lebih bersemangat dan lebih rajin dari biasanya, atau justru merasa cemas dan tidak menentu. 

Mama sudah mulai merasakan itu? Jaga kondisi fisik dan mental ya, Ma. Jangan sampai terlalu lelah. Nah, untuk urusan merawat diri, serahkan pada Mama’s Choice! Kami menyediakan rangkaian produk perawatan diri khusus untuk bumil yang aman, natural, Halal dan jujur. Semua yang Mama butuhkan ada di sini, mulai dari produk skin care untuk masalah wajah kusam berjerawat, rangkaian perawatan rambut rontok, krim stretch mark untuk perut gatal, hingga minyak pijat aromaterapi. Semua ada!

Mama bisa membelinya melalui marketplace kesayangan Mama seperti Shopee dan Tokopedia. Tinggal pilih, barang langsung dikirim ke rumah, jadi Mama tidak perlu repot. 

5. Ada perubahan pada serviks dan keluar lendir 

Untuk mempersiapkan ‘jalan’ bagi sang bayi supaya bisa keluar dengan lancar, serviks atau leher rahim akan melebar. Awalnya perubahan pada serviks ini terjadi dengan lambat, namun semakin mendekati waktu persalinan, serviks akan melebar dengan lebih cepat. 

Selain itu, selama hamil ada kumpulan lendir yang menyumbat bukaan serviks. Fungsinya untuk mencegah bakteri masuk ke dalam rahim. Namun menjelang persalinan, sumbatan ini akan mengendur. Dalam proses itu, akan ada lendir yang keluar. Jadi jangan bingung kalau Mama menemukan gumpalan lendir, ya. Warnanya sendiri bervariasi, bisa berwarna bening, merah muda, atau juga ada bercak darah. 

6. Kantung ketuban pecah

Kantung ketuban mengandung cairan yang menjadi ‘bantalan’ bayi selama dalam kandungan. Ketika hendak melahirkan, ketuban akan pecah dan Mama bakal merasakan ada tetesan cairan keluar terus menerus dari vagina Mama. Sebagian Mama merasakan kontraksi terlebih dulu sebelum ketuban pecah, tapi ada juga Mama yang merasakan sebaliknya. 

air ketuban pecah sebelum waktunya ditandai dengan cairan keluar dari vagina

Pecahnya ketuban menandakan Mama sebentar lagi akan melahirkan. Segera hubungi bidan atau dokter kandungan Mama, supaya bisa mendapat penanganan segera. Jangan panik ya. Tarik nafas panjang dan hembuskan, sebentar lagi Mama akan bertemu sang bayi! 

Baca juga: Mengenal Teknik Rebozo, Cara Kreatif Melancarkan Persalinan

Tips Jelang Melahirkan

Jadi, sekarang Mama sudah tahu kan apa saja tanda tanda mau melahirkan. Setelah tahu, ada beberapa tips nih supaya Mama semakin siap menyambut bayi yang sebentar lagi lahir. 

  • Persiapkan tempat bersalin. Apakah rumah sakit atau bidan, segera tentukan pilihan ya. 
  • Siapkan strategi packing perlengkapan persalinan. Bagi menjai 2 tas, satu besar untuk di ruang perawatan dan tas kecil untuk di ruang persalinan. Isi tas besar dengan produk perawatan bayi Mama’s Choice, baju Mama dan baju bayi. Kemudian isi tas kecil dengan barang Mama yang penting seperti dokumen, handphone dan aksesorisnya, jaket atau syal, pompa ASI, serta camilan untuk mengganjal perut. Pastikan semuanya sudah siap dibawa apabila sewaktu-waktu Mama harus bergegas ke tempat bersalin. 
  • Tentukan metode persalinan. Kini selain persalinan normal dan caesar, ada beberapa metode lain seperti gentle birth, water birth, VBAC dan hypnobirthing
  • Terakhir dan yang paling penting, siapkan hati dan lingkungan rumah untuk menyambut sang buah hati.

Semangat ya, Ma! Mama’s Choice akan selalu menjadi sahabat yang menemani perjalanan keibuan Mama dan hari pertama kehidupan si buah hati dengan rangkaian produk yang alami, aman, dan Halal.

Yuk siapkan segala produk perawatan Mama, produk pembersih di rumah, dan perlengkapan bayi dengan rangkaian produk Mama’s Choice untuk memaksimalkan ketenangan dan keamanan Mama serta Si Kecil.

 

 

Sumber: 

mayoclinic.org

healthline.com

SHARE THIS POST

Avatar

Maureen

Menjadi orang tua milenial bagaikan dua sisi mata uang: menyenangkan sekaligus penuh tantangan. I mean, juggling between the career and family is never easy, right? Tapi, kata menyerah tidak ada dalam kamus kita! Mari bersama terus belajar memberi yang terbaik untuk keluarga & buah hati ❤

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Jangan Panik Saat Bayi Rewel Tumbuh Gigi, Lakukan 3...
Learn more
Card image
Tips Lengkap Pumping ASI: Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more
Mama's Choice

Item has been added
to your cart.

Checkout