Search

Waspadai Gejala Kekurangan Kalsium pada Bumil, Begini Gejalanya!

Mama's Summary

  • Kalsium sangat penting bagi ibu hamil dalam pertumbuhan otak, sel saraf, dan organ tubuh janin di dalam kandungan.
  • Kebutuhan kalsium ibu hamil lebih banyak daripada orang yang tidak sedang hamil.

Kalsium adalah jenis mineral yang sangat penting untuk pemeliharaan gigi serta tulang. Bagi ibu hamil, kalsium ternyata berpengaruh besar untuk perkembangan janin di dalam kandungan, begitu juga dengan kesehatan Mama selama kehamilan.

Manfaat kalsium untuk ibu hamil

Beberapa manfaat kalsium untuk ibu hamil, antara lain:

  • Pembentukkan organ tubuh janin, mulai dari sistem saraf, tulang, otot, hingga gigi yang sebenarnya sudah terjadi sejak dalam kandungan.
  • Pembentukkan sel yang mengatur kinerja jantung serta pembekuan darah pada sistem tubuh bayi.
  • Menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh ibu hamil.
  • Perlindungan tulang dan pembekuan darah bagi ibu hamil.
  • Pembentukkan kecerdasan atau IQ janin.

Mengapa kalsium adalah zat yang penting bagi ibu hamil?

Kalsium untuk kecerdasan janin di dalam kandungan.

Kalsium yang dikonsumsi oleh ibu hamil, secara langsung akan diserap oleh janin untuk proses pertumbuhannya melalui plasenta. Dilansir dari Baby Center, ibu hamil harus menerima asupan zat ini lebih banyak dari biasanya.

Karena akan banyak diserap oleh janin, ibu hamil harus memiliki cadangan yang banyak dalam tubuhnya. Jika tidak, dikhawatirkan akan menyebabkan gangguan kesehatan tulang, janin atau kehamilan di kemudian hari.

Memasuki usia kehamilan 6 bulan, hubungan antar sel pada janin mulai terbentuk. Saat inilah janin mulai membutuhkan asupan kalsium lebih banyak lagi. Asupan ini berpengaruh pada perkembangan otak dan kecerdasan anak saat lahir dan tumbuh kelak.

Berapa idealnya kebutuhan kalsium ibu hamil?

Kebutuhan kalsium ibu hamil meningkat daripada saat tidak hamil

Kebutuhan kalsium ibu hamil dan menyusui, bertambah sebanyak 200 mg dari orang biasa. Menurut Angka Kecukupan Gizi 2013, dosis yang harus diterima oleh ibu hamil adalah sebagai berikut:

  • Untuk ibu hamil usia kurang dari 30 tahun, wajib memenuhi asupan sebanyak 1300 mg/hari.
  • Untuk ibu hamil usia lebih dari 30 tahun, wajib memenuhi asupan sebanyak 1200 mg/hari.

Mengapa berbeda? Benar sekali, Ma, semakin muda usia ibu hamil, semakin banyak juga zar Ca yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang. Jadi, selama masa kehamilan, Mama harus membagi porsi untuk kebutuhan tubuh Mama dan juga janin, ya.

Tips memenuhi kebutuhan kalsium bagi ibu hamil

Makanan yang mengandung kalsium tinggi

Terdapat dua cara untuk memenuhi kebutuhan zat ini pada tubuh. Pertama, adalah dengan mengonsumsi makanan berkalsium tinggi. Kedua, ialah mengonsumsi suplemen kalsium jika perlu.

Beberapa makanan tinggi kalsium yang dapat dikonsumsi untuk ibu hamil, antara lain:

  • Susu
  • Yogurt
  • Keju
  • Roti putih
  • Es krim
  • Brokoli
  • Ikan
  • Bayam
  • Tahu dan Tempe
  • Kacang-kacangan
  • Alpukat

Sementara itu, suplemen adalah alternatif jika Mama tidak bisa mengonsumsi makanan berkalsium tinggi dalam jumlah banyak. Untuk dosis dari suplemen yang diberikan, tentunya Mama harus mengonsultasikannya dengan dokter, ya!

Akibat kekurangan kalsium bagi ibu hamil

Kekurangan kalsium dapat menyebabkan osteoporosis dan preeklampsia

Saat hamil, Mama perlu memastikan bahwa penyerapan kalsium oleh tubuh Mama tidak terhambat. Beberapa hal yang bisa menghambat penyerapan antara lain konsumsi kafein berlebihan, kurang olahraga, atau adanya kontaminasi zat berbahaya di dalam tubuh.

Kekurangan senyawa dengan nama ilmiah Ca ini juga bisa membahayakan kesehatan ibu hamil. Akibat kekurangan kalsium adalah:

Hipertensi

Hipertensi yang terjadi pada masa kehamilan tergolong ke dalam hipertensi kronis, lho, Ma. Gejala hipertensi ditunjukkan dengan tekanan darah pada angka 140/90 mm Hg, dan bisa menyebabkan mudah lelah, sakit kepala berlebihan, keguguran, serta kelahiran prematur.

Preeklampsia

Preeklampsia disebut juga sebagai keracunan kehamilan. Penyakit ini merupakan gangguan tekanan darah yang merusak kinerja organ tubuh, seperti hati atau ginjal.

Beberapa gejalanya, ialah ditemukannya protein di dalam urin, nyeri pada tulang, sesak nafas berlebihan, serta tekanan darah tinggi. Preeklampsia dapat mengakibatkan keguguran dan pertumbuhan janin yang tidak normal akibat aliran darah pada janin tidak berjalan dengan baik.

Nyeri tulang berlebihan

90% kalsium pada tubuh manusia terletak di tulang dan gigi. Jika kekurangan, ibu hamil akan rentan mengalami kram, pegal, otot dan sendi yang tegang, hingga nyeri di bagian-bagian tertentu seperti pinggang dan panggul. Bumil juga akan lebih mudah sakit punggung. Kekuatan tulang punggung untuk menumpu beban bayi di perut juga perlu Mama jaga, agar kemungkinan terjadinya osteoporosis bisa dicegah sejak dini.

Baca Juga: Hati-hati! Ternyata fluoride bisa menghambat penyerapan kalsium

Risiko sakit gigi dan gusi berdarah

Kekurangan kalsium dapat menyebabkan gigi mudah berlubang saat hamil

Ibu hamil seringkali mengalami masalah sariawan, sakit gigi, hingga gusi berdarah. Agar penyakit-penyakit tersebut dapat dihindari, sebaiknya Mama menjaga kekuatan gigi dan kesehatan gusi dengan memenuhi asupan yang cukup.

Selain itu, Mama juga bisa menggunakan pasta gigi dengan perlindungan kalsium yang menyeluruh. Pastikan juga pasta gigi tersebut terbebas dari bahan berbahaya agar tidak mengganggu penyerapan zat Ca ke dalam tubuh.

Untuk rekomendasi, Mama bisa menggunakan Mama’s Choice Toothpaste yang diformulasikan khusus untuk ibu hamil dan menyusui. Pasta gigi natural dan halal ini diperkaya dengan kalsium, ekstrak siwak, mint, allantoin, dan juga klorofil.

Pasta Gigi Mama's Choice

Mama’s Choice Toothpaste (100gr) | Rp. 39,000,- | Diskon 20% dari harga normal Rp. 49,000,-

Semua bahan alami yang terkandung di dalam Mama’s Choice Toothpaste telah teruji efektif mencegah munculnya masalah kesehatan mulut dan gigi selama masa kehamilan dan menyusui. Jadi, pastikan mengonsumsi pasta gigi aman yang dapat memenuhi kebutuhan kalsium Mama dan janin, ya!

Simak juga penjelasan Bidan Ria Tridasa tentang kebutuhan kalsium untuk Bumil di video berikut ini:

SHARE THIS POST

Tya

Gemar menulis dan bercerita. Membagikan kisah, pengalaman dan inspirasi melalui kata-kata. Perempuan yang terlihat melodrama, tapi suka tertawa. Sedang bersiap-siap menanti kehadiran si kecil dalam hidupnya. Agar semakin menyenangkan, berceritalah ia. Di sini.

COMMENTS

0 Comments
Leave a comment

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Gigi & Cara Mengatasi Agar...
Learn more
Card image
Tips Lengkap Pumping ASI: Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more

Your Cart (0)

Close

Belanja min Rp300K dapat Rp55,000 off dan free ongkir

Mini Cart

Your cart is empty.

Shop now