15 Manfaat Daun Mint Bagi Kesehatan, Bisa Cegah Kanker, Lho!

Dikenal dengan nama ilmiah mentha piperita, daun mint tergolong sebagai tanaman herbal yang memiliki banyak khasiat. Banyak terkandung di dalam beragam produk sehari-hari, apa saja sebenarnya manfaat daun mint bagi kesehatan tubuh?

15 Manfaat Daun Mint yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Rasa segar, sensasi dingin, dan menyegarkan. Itulah keunggulan dari tanaman herbal ini. Apa saja fungsi daun mint untuk kesehatan?

manfaat mint untuk gigi dan mulut

1. Mengatasi Mual

Rasanya yang segar mampu meringankan rasa mual serta gangguan pencernaan. Termasuk diantaranya gejala morning sickness saat hamil.

Itulah sebabnya mengapa kandungan mint terdapat di dalam produk Mama’s Choice Mouthwash. Selain untuk menyegarkan, juga efektif untuk mengurangi rasa mual.

2. Memperbaiki Gangguan Pencernaan

Ekstrak daun mint dapat memperlancar sistem pencernaan dengan memperbaiki aliran empedu dalam memecah lemak. Dengan demikian, pencernaan bisa lebih bersih optimal dan aktivitas buang air besar (BAB) berjalan dengan lancar.

3. Mengatasi Hidung Tersumbat

Sedang flu? Penelitian menyebutkan aroma mentol dari daun mint dapat menyegarkan saluran pernafasan. Selain itu, sifat antibakteri dari daun mint juga dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab penyakit pernafasan.

4. Menghilangkan Bau Mulut

Daun mint akan membersihkan bakteri penyebab bau mulut di dalam rongga mulut serta sela-sela gigi dan gusi. Produksi air liur juga akan lebih seimbang jika Mama merawat mulut dengan cairan mint.

5. Membuat Gigi Lebih Bersih

Selain melawan bakteri penyebab bau mulut, daun mint juga dapat membunuh bakteri penyebab plak, gigi berlubang, hingga gusi berdarah.

Ekstrak daun mint dapat Mama temukan pada produk oral care kami, Mama’s Choice Maternity Toothpaste dan Mama’s Choice Mouthwash.

mama's choice toothpaste

6. Menurunkan Berat Badan

Enzim di dalamnya dapat membantu membakar lemak dan mengoptimalkan penyerapan nutrisi ke dalam tubuh. Coba deh, taburkan irisan daun mint ke teh hangat yang Mama konsumsi setiap hari.

7. Meredakan Stres

Wanginya yang segar juga bisa jadi aromaterapi! Dengan begitu, tingkat stres bisa tereduksi.

8. Menjaga Kesehatan Rambut

Efek dingin dari ekstrak mentol dapat mengurangi ketombe dan menyegarkan kulit kepala. Folikel rambut dapat ternutrisi dengan baik, sehingga rambut terlihat lebih hitam dan bercahaya.

9. Anti Alergi

Mentol dapat mengontrol dan mematikan bakteri jahat serta jamur yang menyerang imunitas tubuh.

10. Meredakan Batuk

Hampir semua obat batuk mengandung mentol di dalamnya. Hal ini disebabkan karena mentol dapat memecah lendir di dalam tenggorokan.

manfaat peppermint untuk obat flu

11. Meredakan Nyeri

Kandungan antispasmodic dalam daun mint dapat mengendurkan otot tubuh yang tegang. Inilah sebabnya mentol seringkali dijadikan sebagai campuran krim pereda nyeri otot.

12. Melegakan Pernafasan

Menghirup aroma mentol yang segar dapat melegakan saluran pernafasan mulai dari mulut, hidung, tenggorokan hingga paru-paru. Coba deh, campurkan 3 tetes ekstrak mentol dalam air panas. Lalu, hirup uapnya. Pernafasan akan jadi lebih sehat, lho, Ma.

13. Mencegah Iritasi Kulit

Mentol dapat mencegah infeksi dan gatal-gatal pada kulit, lho. Sensasi dingin dan sifat anti-inflamasi dalam mentol dapat meredakan bengkak dan menyembuhkan luka.

14. Meningkatkan Sistem Imunitas

Daun mint banyak mengandung vitamin A dan C yang juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

15. Mengurangi Risiko Kanker

Dilansir dari Memorial Sloan Kettering Cancer Center, antioksidan dari daun mint dapat mencegah radikal bebas dan juga penyebab kanker pada organ tubuh seperti usus besar.

Masih mencari solusi mual saat hamil? Mint adalah salah satu yang Mama’s Choice rekomendasikan.

Agar awal kehamilan Mama tetap aman dan nyaman, gunakan oral care Mama’s Choice yang diperkaya dengan ekstrak daun mint, siwak, serta klorofil. Hadir dengan sensasi menyegarkan tanpa rasa yang tajam.

Mau mencoba? Klik banner untuk informasi lebih lanjut ya, Ma. Selamat menikmati manfaat daun mint untuk kesehatan, Ma!

SHARE THIS POST

Tya

Tya

Gemar menulis dan bercerita. Membagikan kisah, pengalaman dan inspirasi melalui kata-kata. Perempuan yang terlihat melodrama, tapi suka tertawa. Sedang bersiap-siap menanti kehadiran si kecil dalam hidupnya. Agar semakin menyenangkan, berceritalah ia. Di sini.

Featured Article
Card image
9 Manfaat Siwak dalam Pasta Gigi, Ternyata Seefektif...
Learn more
Card image
Perut Kencang Saat Hamil, Pertanda Apa?
Learn more
Card image
Gigi Lebih Sensitif, Kapan Sebaiknya Ibu Hamil Ke...
Learn more
Card image
Agar Bayi Tak Tersedak, Lakukan 6 Posisi Menyusui yang...
Learn more