Search

Mengapa Ibu Hamil Sering Mengalami Gusi Berdarah?

Mama's Summary

  • Kenali penyebab gusi berdarah agar Mama dapat mencegahnya dengan tepat.
  • Kumur dengan air garam bisa jadi salah satu pencegahannya yang disarankan oleh PDGI.
  • Gunakan pasta gigi tanpa SLS untuk mencegah peradangan pada gusi.

Sering alami gusi berdarah saat hamil, Ma? Ternyata salah satu penyebab utamanya adalah perubahan hormon. Akibat hormon yang tidak stabil, bakteri bisa lebih mudah mengendap pada area mulut. Inilah yang menyebabkan Mama harus menyiapkan perawatan mulut ekstra selama masa kehamilan.

Bagaimana gejala gusi berdarah saat hamil?

Rasanya, gusi akan jauh lebih sensitif, Ma. Sebelum pendarahan, biasanya gusi akan terlihat berwarna merah muda dan terasa nyeri. Pada beberapa kasus juga diikuti dengan pembengkakkan pada gusi. 

5 penyebab utama gusi sering berdarah

penyebab gusi berdarah

Lalu, bagaimana hal ini bisa terjadi? Beberapa penyebab gusi berdarah saat hamil, antara lain:

1. Penumpukkan bakteri

Saat hamil, hormon progesteron meningkat drastis dan salah satu efeknya adalah membuat gigi menjadi lebih sensitif. Gusi pun akan lebih rentan radang dan berdarah. Dengan begitu, bakteri akan lebih mudah mengendap pada rongga gigi dan gusi, dan akhirnya menyebabkan permasalahan gigi dan mulut dalam jangka waktu panjang.

2. Infeksi gigi dan gusi

Infeksi gigi dan gusi bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, seperti masalah kesehatan mulut yang sudah terjadi sebelum masa kehamilan atau adanya kesalahan perawatan. Hal ini semakin berpotensi terjadi jika Mama tidak memberikan perawatan ekstra saat hamil. Terlebih lagi, banyak ibu hamil yang mudah menyerah dalam merawat kesehatan mulutnya akibat efek mual saat hamil.

3. Kurang asupan kalsium

Asupan kalsium tubuh saat hamil terbagi menjadi dua, lho, Ma. Tak hanya untuk tubuh kita sepenuhnya, melainkan juga untuk kebutuhan janin. Dilansir oleh WebMD, penelitian dari American Journal of Obstetrics and Gynecology membuktikan bahwa asupan kalsium yang cukup dapat menjamin kesehatan ibu hamil beserta kandungannya hingga proses persalinan. 

4. Kekurangan vitamin C

Gusi berdarah juga disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin C, Ma. Biasanya, kondisi ini terjadi jika Mama tidak mengonsumsi buah dan sayur dalam jangka waktu yang lama. Jadi, selalu penuhi nutrisi melalui buah dan sayur, ya, Ma!

5. Kelainan darah

Kekurangan sel darah putih dan kekurangan trombosit juga bisa menjadi penyebab gusi jadi mudah berdarah. Jika kedua elemen darah ini menurun dalam jumlah yang drastis, pendarahan akan terjadi lebih besar. Jika Mama mengalami hal ini, sebaiknya hubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut. Jangan lupa konsumsi makanan kaya protein dan serat, ya!

5 cara mengatasi gusi berdarah saat hamil

1. Kumur dengan air garam

Garam mengandung senyawa antiseptik dan anti-inflamasi yang dapat mencegah pembengkakan dan infeksi pada gusi. Gunakan air hangat yang dicampur dengan 1 sendok teh garam. Kumurkan pada mulut sekitar 1 menit.

2. Minum air hangat dan perasan lemon

Vitamin C pada lemon bisa Mama konsumsi untuk meredakan gusi berdarah. Lemon juga bisa membasmi kuman dan bakteri yang ada di mulut, sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh.

3. Oleskan campuran parutan kunyit dan minyak kelapa

Kunyit mengandung senyawa anti-inflamasi yang dapat mencegah pembengkakan dan pendarahan lebih lanjut pada gusi. Campur parutan kunyit dan minyak kelapa murni dan oleskan ke bagian gusi yang berdarah. Setelah 15 menit, Mama bisa kumur dengan air hangat.

4. Kumur dengan mouthwash yang aman untuk ibu hamil

Untuk meredakan pendarahan dan mencegah peradangan pada gusi, Mama bisa segera berkumur dengan mouthwash yang aman untuk ibu hamil dan menyusui. Pilih produk mouthwash yang mengandung bahan alami serta tidak menggunakan alkohol, fluoride, dan triclosan, seperti Mama’s Choice Mouthwash.

5. Gunakan pasta gigi yang aman untuk ibu hamil

Untuk membantu menjaga kesehatan gusi, Mama wajib menyikat gigi secara rutin minimal 2 hari sekali. Menyikat gigi dengan cara yang benar mampu mencegah pertumbuhan bakteri di dalam mulut. Hindari penggunaan pasta gigi dengan SLS untuk mencegah iritasi, yang salah satu wujudnya adalah gusi bengkak dan berdarah.

Hadir dengan formula aman tanpa SLS, tanpa fluoride dan tanpa triclosan, rasakan manfaat Mama’s Choice Toothpaste yang dilengkapi dengan bahan-bahan alami di dalamnya!

Dengan kandungan siwak sebagai pengganti fluoride, ekstrak mint sebagai perasa alami, klorofil sebagai pewarna alami, allantoin yang mampu mencegah peradangan pada gusi, serta kalsium yang dapat memperkuat enamel gigi, Mama bisa merawat kesehatan gigi dan gusi dengan aman dan nyaman.

Mama’s Choice Toothpaste and Mouthwash Rp 65.000 (Hemat 26%)

Mumpung ada harga spesial, tak ada salahnya checkout sekarang. Nikmati pengalaman menyikat gigi saat hamil yang nyaman, tanpa mual, tanpa beban! Gigi kuat, gusi terawat, janin pun tetap sehat. Formula Mama’s Choice Toothpaste 100% aman untuk ibu hamil dan menyusui sehingga tidak mengganggu kesehatan janin serta bayi.

Klik banner di bawah untuk cek dan belanja produk berkualitas dengan harga spesial!

Artikel terkait: Gingivitis Pada Ibu Hamil: Ini Risiko, Penyebab & Cara Mencegahnya

SHARE THIS POST

Rahne Putri

Ibu dari satu anak laki-laki berusia 3 tahun. Saya percaya, ketika Ibu berbahagia, maka keluarganya juga akan bahagia. Berada di Mama’s Choice, adalah salah satu kesempatan yang saya ambil untuk membantu perjalanan para Ibu menjadi lebih nyaman dengan diri dan pilihan-pilihan yang akan diciptakan untuk keluarga

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Gigi & Cara Mengatasi Agar...
Learn more
Card image
Tips Lengkap Pumping ASI: Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more

Your Cart (0)

Close

Belanja min Rp300K dapat Rp55,000 off dan free ongkir

Mini Cart

Your cart is empty.

Shop now