Sering Sakit Punggung Saat Hamil, Normal atau Tidak?

Mengalami sakit punggung saat hamil, Ma? Hal ini bisa terjadi di berbagai usia kehamilan. Sebabnya adalah perubahan otot tulang belakang yang mendadak menopang massa tubuh yang lebih berat. Namun, berbeda usia kandungan, berbeda juga alasan mengapa sakit punggung ini muncul. Yuk, ketahui lebih lanjut cara mengatasi sakit punggung saat hamil!

Apa saja penyebab punggung sakit pada ibu hamil?

Penyebab sakit punggung saat hamil muda (trimester pertama)

Dalam trimester pertama, sakit punggung muncul akibat adanya perubahan hormon. Indung telur wanita akan banyak memproduksi hormon progesteron yang membuat ligamen pada tulang menjadi lebih lentur, serta sendi dan otot yang menjadi lebih renggang. Akibatnya, pinggang biasanya akan mudah terasa nyeri karena harus menahan beban perut mulai membuncit.

Penyebab punggung sakit pada ibu hamil trimester kedua

Sakit punggung saat hamil 4-6 bulan disebabkan oleh otot yang dipaksa menjadi lebih kencang akibat menopang perut yang bertambah besar. Sendi sakroiliaka, yaitu sendi yang menghubungkan antara tulang panggul dengan tulang belakang pada tubuh manusia menjadi lebih renggang dan mengakibatkan rasa nyeri berlebih pada punggung, panggul dan pinggang.

Penyebab punggung nyeri saat hamil tua (trimester ketiga)

Sakit punggung saat hamil tua disebabkan oleh posisi rahim yang kian membesar seiring dengan membesarnya ukuran janin. Akibatnya, pembuluh darah di sekitar panggul dan punggung menjadi tertekan hingga menciptakan rasa nyeri yang berkelanjutan.

Pembesaran rahim juga memisahkan otot antara tulang rusuk dan tulang kemaluan sehingga bisa membuat rasa nyeri semakin terasa. Pada trimester tiga, gerak janin juga menjadi salah satu faktor penyebabnya. Tapi hal ini tentu yang akan membuat kita bahagia, ya, Ma, merasakan janin sangat aktif berkomunikasi dengan kita.

Meski disebabkan oleh faktor yang berbeda-beda, namun tidak semua ibu hamil mengalami ketiga fase di atas. Ada ibu yang mengalaminya pada saat hamil muda saja, ada yang saat hamil tua saja, ada yang melewati dua dari tiga fase di atas, dan lain sebagainya.

Apakah sakit punggung berbahaya untuk kandungan?

Dilansir dari Mayo Clinic, sakit punggung saat hamil dianggap berbahaya jika disertai dengan pendarahan pada vagina, demam, atau rasa perih saat buang air kecil. Hal ini menunjukkan adanya infeksi saluran kemih yang bisa mengakibatkan kelahiran prematur. Jika Mama mengalami hal ini lebih dari 2 minggu, sebaiknya Mama segera memeriksakannya ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Cara mengatasi sakit punggung saat hamil

Cara paling cepat mengatasi sakit punggung saat hamil

Jika Mama mengalami sakit punggung saat hamil, lakukan tips berikut ini agar nyeri punggung segera teratasi.

  • Usahakan tidur menghadap ke kiri agar aliran darah lebih lancar
  • Hindari stres. Dilansir oleh WebMD, stres dapat membuat tekanan otot menjadi lebih kencang dan membuat rasa sakit pada punggung semakin berlebihan.
  • Batasi penggunaan high heels, gunakan sepatu yang nyaman saat bepergian
  • Batasi aktivitas berat, seperti naik tangga
  • Jangan duduk atau berdiri terlalu lama, selingi keduanya jika Mama harus melakukannya dalam jangka waktu yang cukup panjang
  • Hindari membawa beban berat
  • Perbanyak berjalan kaki
  • Rutin berolahraga khusus untuk ibu hamil, seperti yoga, senam, dan renang.
  • Mandi air hangat untuk meredakan nyeri otot
  • Kompres punggung dan panggul dengan air hangat
  • Pijat hamil pada punggung dengan menggunakan massage oil yang aman untuk ibu hamil seperti Mama’s Choice Relaxing Massage Oil.

Mama's Choice Relaxing Massage Oil

Beli sekarang, yuk, Ma! Mama’s Choice Relaxing Massage Oil sebagai minyak pijat sekaligus aromaterapi untuk Mama. 100% natural, dibuat dari ekstrak bahan-bahan alami terpilih yaitu lavender oil, orange oil, dan grapefruit oil yang mampu meredakan rasa nyeri dan kram pada punggung, pinggul, hingga kaki yang umumnya terjadi selama kehamilan.

Dapatkan harga spesial hanya Rp99,000 saja sebelum periode promo berakhir!

Mau promo tambahan dan gratis ongkir ke seluruh Indonesia? Klik banner untuk informasi selengkapnya, ya, Ma! 🙂

SHARE THIS POST

Rahne Putri

Rahne Putri

Ibu dari satu anak laki-laki berusia 3 tahun. Saya percaya, ketika Ibu berbahagia, maka keluarganya juga akan bahagia. Berada di Mama’s Choice, adalah salah satu kesempatan yang saya ambil untuk membantu perjalanan para Ibu menjadi lebih nyaman dengan diri dan pilihan-pilihan yang akan diciptakan untuk keluarga

Featured Article
Card image
Apa Saja Perlengkapan Bayi Baru Lahir? Begini Cara...
Learn more
Card image
7 Gerakan Yoga Hamil Ini Bisa Melancarkan Persalinan,...
Learn more
Card image
Preeklampsia pada Ibu Hamil, Ini 4 Cara Mengatasinya
Learn more
Card image
Pusing Memilih Diaper Bag yang Bagus? Ikuti 9 Tips...
Learn more