Search

Sakit Gigi Sebabkan Kelahiran Prematur? Ini 5 Faktanya

Mama's Summary

  • Hubungan masalah sakit gigi dan gusi saat hamil dengan risiko kelahiran prematur, benar adanya.
  • Ibu hamil memiliki risiko dua kali lebih besar terkena sakit gigi dan peradangan gusi.
  • Namun, risiko bayi lahir prematur dan berat badan rendah dapat dicegah dengan penanganan yang tepat.

Sakit gigi saat hamil mungkin tidak berdampak buruk bagi sebagian orang. Namun, risiko sakit gigi menyebabkan prematur saat hamil benar adanya, lho, Ma.

Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) memberikan faktanya. Tentu, banyak penelitian di dalam negeri maupun tingkat dunia yang juga sudah membuktikan korelasinya.

Bagaimana sakit gigi menyebabkan prematur?

Simak 6 faktanya di bawah ini agar Mama bisa menentukan upaya terbaik untuk mencegahnya. Jangan menunggu hingga terjadi, lebih baik kita cegah masalah gigi dan gusi sedari dini.

1. Gigi Berlubang Bisa Jadi Sumber Infeksi

gigi berlubang saat hamil

Saat hamil, hormon progesteron yang meningkat 10 kali lebih tinggi dari biasanya dan menyebabkan pertumbuhan bakteri lebih banyak di dalam mulut. Hal ini bisa menyebabkan infeksi periodontal, yaitu peradangan gusi serius yang melibatkan penghancuran jaringan lunak dan tulang pendukung gigi. Sakit gigi adalah salah satu gejalanya.

Sebuah penelitian dari Journal of Natural Science, Biology and Medicine menyebutkan bahwa ibu hamil yang mengalami periodontal memamg memiliki risiko lebih besar untuk melahirkan bayi prematur.

2. Selain Prematur, Sakit Gigi Saat Hamil Juga Sebabkan BBLR

bayi berat lahir rendah

Selain prematur, ibu hamil yang memiliki infeksi gusi dan gigi juga berpotensi melahirkan bayi berat lahir rendah (BBLR).

Saat bakteri menyerang gigi dan gusi, sistem endokrin pada tubuh ibu hamil serta tumbuh kembang janin juga akan terganggu. Indikasi bayi lahir dengan berat badan rendah, adalah di bawah 2500 gram. Pada taraf yang lebih parah, infeksi periodontal juga berisiko menyebabkan keguguran dan bayi lahir cacat.

3. Risiko Bahayanya Sama Seperti Rokok dan Alkohol

merokok saat hamil bisa sebabkan bayi lahir prematur

Dilansir dari Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), penelitian dari University of North Carolina mencatat bahwa risiko infeksi gigi dan gusi sama bahayanya dengan risiko merokok dan mengonsumsi alkohol saat hamil.

Ternyata, risikonya seberat itu, ya, Ma. Masalah gigi memang cukup serius, itulah sebabnya perawatan gigi dan gusi selama kehamilan perlu dilakukan sejak dini.

4. Dapat Diperparah dengan Masuknya Zat Toksin

zat kimia memicu kelahiran prematur

Risiko sakit gigi menyebabkan prematur dapat diperparah dengan masuknya zat toksin ke dalam tubuh. Dalam sehari, puluhan zat toksin bisa masuk ke dalam darah Mama melalui berbagai cara, salah satunya melalui produk perawatan sehari-hari yang dipenuhi oleh bahan kimia berbahaya.

Beberapa zat toksin yang beracun bagi kesehatan diantaranya adalah triclosan, SLS, fluoride, phthalates dan paraben. Faktanya, zat toksin ini banyak ditemukan pada pasta gigi dan mouthwash.

Jika digunakan setiap hari, paparan zat toksin berlebihan bisa memperparah kondisi gigi dan gusi. Zat toksin juga dapat masuk ke dalam tubuh dan menyebar melalui aliran darah dan janin bisa ikut menyerapnya melalui plasenta yang dapat menghambat pertumbuhannya.

Untuk itu, sangat perlu bagi Mama mengecek kembali produk-produk yang Mama gunakan saat hamil dan menyusui. Apakah sudah 100% aman untuk kesehatan Mama dan calon buah hati?

5. Dapat Dicegah dengan Penanganan yang Tepat

bolehkah ibu hamil ke dokter gigi

Tapi tenang saja, Ma. Dari semua faktor penyebab prematur yang ada menandakan bahwa risiko ini bisa dicegah dengan penanganan yang tepat.

Inilah cara mencegah sakit gigi yang menyebabkan prematur dan bayi lahir dengan berat badan rendah:

  • Periksakan kondisi gigi dan gusi sejak awal kehamilan
  • Saat mual, hindari terlalu sering menghisap permen manis
  • Sikat gigi secara rutin dan teratur sesuai anjuran Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI)
  • Saat muntah, selalu bersihkan mulut dengan mouthwash dan sikat gigi minimal 1 jam setelahnya
  • Gunakan pasta gigi dan mouthwash yang aman untuk ibu hamil dan menyusui, yang bebas dari zat toksin dan mengandung bahan-bahan natural

Saat hamil, Mama memang harus lebih menjaga apa yang digunakan dan dilakukan. Tak ada salahnya mengecek kembali semua produk yang Mama gunakan saat ini, serta memilih melakukan yang teraman demi kesehatan diri dan buah hati.

Mama’s Choice dapat menjadi sahabat andalan Mama untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi selama masa kehamilan hingga menyusui. Telah teruji klinis di Singapura bebas dari potensi mikroba dan zat toksin, pasta gigi tanpa fluoride Mama’s Choice Maternity Toothpaste dan Mama’s Choice Mouthwash hadir untuk memenuhi kebutuhan Mama dengan bahan-bahan natural seperti siwak, klorofil, mint, dan allantoin.

kemasan baru pasta gigi dan mouthwash Mama's Choice
Mama’s Choice Oral Care Bundle Rp 65.000 (Hemat 26%)

Dengan begitu, perawatan yang Mama gunakan tidak akan mengganggu kesehatan serta tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Gigi dan gusi Mama pun terjaga sehingga terbebas dari risiko sakit gigi yang menyebabkan bayi lahir prematur.

Wujudkan #PilihanAmanMama sekarang juga demi kebaikan hidup Mama dan si buah hati. Karena kami tahu, segalanya bermula dari #PilihanAmanMama. Klik banner untuk dapatkan diskon tambahan dan gratis biaya pengiriman ke seluruh Indonesia!*

pasta gigi & mouthwash Mama's Choice

SHARE THIS POST

Maureen

Menjadi orang tua milenial bagaikan dua sisi mata uang: menyenangkan sekaligus penuh tantangan. I mean, juggling between the career and family is never easy, right? Tapi, kata menyerah tidak ada dalam kamus kita! Mari bersama terus belajar memberi yang terbaik untuk keluarga & buah hati ❤

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Gigi & Cara Mengatasi Agar...
Learn more
Card image
Tips Lengkap Pumping ASI: Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more

Your Cart (0)

Close

Belanja min Rp300K dapat Rp55,000 off dan free ongkir

Mini Cart

Your cart is empty.

Shop now