Sakit Gigi Saat Hamil, Bagaimana Penanganannya?

Sakit gigi saat hamil ternyata bisa mempengaruhi kondisi janin di dalam kandungan, seperti kelahiran prematur atau bayi lahir dengan berat badan rendah.

Tapi, kira-kira kenapa, ya, sakit gigi seringkali dialami oleh ibu hamil? Apakah sakit gigi saat hamil merupakan bawaan bayi? Bagaimana pula cara mengobatinya di saat ibu hamil tidak boleh mengonsumsi sembarang obat-obatan?

Temukan jawabannya di artikel ini, yuk! Informasi ini sangat penting demi kesehatan Mama dan juga calon bayi.

Apa saja penyebab sakit gigi saat hamil?

sakit gigi saat hamil 8 bulan

Gejala sakit gigi pada masa kehamilan muncul dengan kondisi bermacam-macam, mulai dari gigi berlubang, gigi nyeri, hingga gusi berdarah. Adapun beberapa penyebab sakit gigi saat hamil antara lain:

  • Riwayat gigi berlubang atau gigi rusak sebelum masa kehamilan.
  • Intensitas menggosok gigi atau berkumur dengan mouthwash yang berkurang karena efek mual saat hamil.
  • Peningkatan hormon progesteron yang membuat sistem kekebalan tubuh berkurang, sehingga bakteri dapat dengan mudah bersarang di gigi dan gusi.
  • Perubahan pH saliva (air liur) pada ibu hamil. Saliva menjadi lebih asam sehingga pembentukkan plak gigi menjadi lebih cepat.
  • Mual dan muntah yang dapat merusak enamel gigi dan meningkatkan risiko gigi berlubang.
  • Kekurangan kalsium karena asupan kalsium ibu hamil terserap lebih banyak oleh janin.

Apa kata dokter gigi untuk mengatasinya?

Bolehkah ibu hamil ke dokter gigi? Jawabannya adalah boleh, dan wajib! Dilansir dari jurnal yang diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan RI, ibu hamil justru harus menaruh perhatian lebih pada kesehatan gigi dan mulut.

Waktu terbaik untuk memeriksakan kesehatan mulut ke dokter gigi adalah pada kehamilan trimester kedua hingga awal trimester ketiga kehamilan.

Hal ini disebabkan karena pada trimester pertama, pertumbuhan dan perkembangan bayi banyak terjadi sehingga tubuh ibu hamil menjadi sangat sensitif terhadap apapun. Sementara pada akhir trimester ketiga, dikhawatirkan perawatan gigi akan mengganggu kondisi rahim serta janin, dan berpengaruh pada proses persalinan.

Dokter kandungan dan dokter gigi Mama tentu akan memberikan tindakan paling aman demi menghindari bahaya sakit gigi saat hamil. Biasanya, dosis obat yang diberikan pun jauh lebih rendah.

Adakah bahaya sakit gigi saat hamil?

penyebab sakit gigi saat hamil

Journal of Periodontology menyebutkan bahwa sakit gigi saat hamil disertai infeksi gusi yang memburuk dapat menyebabkan gangguan kehamilan, seperti:

  • Komplikasi kehamilan
  • Keguguran
  • Bayi lahir dengan berat badan kurang
  • Kelahiran prematur. Lebih lengkap baca di sini.

Selain karena sakit gigi, kemungkinan buruk di atas juga bisa terjadi jika Mama mengonsumsi obat-obatan bebas tanpa resep dari dokter. Jadi, pastikan penanganannya harus dipantau oleh dokter gigi ya, Ma. Mama juga bisa mencoba obat sakit gigi saat hamil dengan bahan alami sesuai anjuran Persatuan Dokter Gigi Indonesia seperti cengkeh, baking soda, hingga bawang putih.

Cara mengatasi sakit gigi saat hamil

  • Periksakan ke dokter gigi atau pelayanan kesehatan gigi terdekat. Bagi Mama yang mengalami sakit gigi saat hamil muda, jangan lupa beritahukan dokter bahwa Mama sedang mengandung, ya! Agar dokter bisa menyesuaikan dosis obat sakit gigi yang tepat untuk kehamilan Mama.
  • Berkumur dengan air garam. Langkah mudah tapi ampuh untuk meredakan nyeri! Takarannya, 1 gelas air hangat dicampur dengan 1/2 sendok teh garam ya, Ma. Cara ini sudah direkomendasikan juga oleh PDGI (Persatuan Dokter Gigi Indonesia)
  • Kurangi makanan manis. Tips mengatasi masalah gigi nyeri yang paling susah dilakukan adalah mengurangi makanan manis. Tapi tak ada salahnya kita menguranginya sedikit demi sedikit, Ma. Atau, bisa rutin berkumur dengan air putih biasa dan menyikat gigi setelah makan agar pertumbuhan bakteri dalam mulut bisa dicegah.
  • Banyak konsumsi buah dan sayur. Khususnya untuk Mama yang mengalami sakit gigi saat hamil 9 bulan! Makanan kaya serat akan membantu membersihkan sisa makanan di mulut. Selain itu, nutrisinya juga akan membantu kehamilan Mama dan janin lebih sehat.
  • Hindari obat kumur yang mengandung alkohol. Alkohol justru bisa membunuh bakteri baik di dalam mulut, sehingga bakteri jahat lebih mudah merusak enamel gigi. Pilih mouthwash tanpa alkohol yang aman untuk ibu hamil dan menyusui seperti Mama’s Choice Mouthwash yang hadir dengan pewarna alami, tanpa alkohol, dan bebas toksin.
  • Lebih rajin sikat gigi. Ini sederhana, tapi sangat berpengaruh untuk kesehatan gigi Mama. Lakukan sekurang-kurangnya 2 kali sehari, khususnya saat sebelum tidur. Gunakan sikat gigi dengan kepala sikat yang kecil agar tidak memicu mual berlebihan. Tentunya, pilih pasta gigi yang aman untuk kesehatan Mama dan calon bayi; Mama’s Choice Maternity Toothpaste dengan rasa mint yang segar, bebas zat aditif dan toksin, serta kaya dengan bahan alami seperti siwak dan klorofil.

Pertama di Indonesia! Produk perawatan gigi dan mulut untuk ibu hamil dan menyusui. Membantu mengurangi mual berlebihan serta mencegah penyebab gigi sakit dan berlubang selama kehamilan.

Mama's Choice Oral Care

Mama’s Choice Oral Care Package (2 pcs) | Rp. 65,000,- | Diskon 26% dari harga normal Rp. 88,000,-

Harga paket lebih hemat! Beli satuan, juga bisa 🙂 Dapatkan diskon tambahan dan gratis pengiriman ke seluruh Indonesia dengan klik banner. Pesan sekarang juga sebelum masa promo berakhir ya, Ma!

obat sakit gigi saat hamil

SHARE THIS POST

Tya

Tya

Gemar menulis dan bercerita. Membagikan kisah, pengalaman dan inspirasi melalui kata-kata. Perempuan yang terlihat melodrama, tapi suka tertawa. Sedang bersiap-siap menanti kehadiran si kecil dalam hidupnya. Agar semakin menyenangkan, berceritalah ia. Di sini.

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Jangan Panik Saat Bayi Rewel Tumbuh Gigi, Lakukan 3...
Learn more
Card image
Tips Lengkap Pumping ASI: Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more
Mama's Choice

Item has been added
to your cart.

Checkout