9 Manfaat Siwak dalam Pasta Gigi, Ternyata Seefektif Ini!

Sejak ratusan tahun lalu, siwak telah dipercaya berkhasiat untuk kesehatan gigi dan mulut. Batang kayu tanaman salvadora persica ini bahkan telah direkomendasikan oleh World Health Organization (WHO) sebagai pembersih gigi alami. Lantas, apa saja manfaat siwak yang bisa kita rasakan sehari-hari?

Manfaat siwak untuk kesehatan gigi dan mulut

Penelitian dari Saudi Medical Journal menyatakan manfaat siwak didapatkan dari kekayaan zat alami berkhasiat dalam batangnya. Apa saja?

1. Membersihkan gigi

Siwak dapat membersihkan sisa-sisa makanan pada gigi serta mencegah pertumbuhan plak. Kandungan silica pada siwak membuat batang ini bersifat abrasif untuk meluruhkan kotoran pada gigi.

2. Mencegah gingivitis (masalah gusi)

Tannic acid dan trimethylamine pada siwak mampu mencegah masalah gingivitis. Gingivitis adalah radang gusi yang ditandai dengan gejala merah, mudah berdarah, dan membengkak. Penyebabnya adalah bakteri yang berkembang biak di area mulut mulai dari lidah, gusi, hingga sela-sela gigi.

3. Anti bakteri

95% penyebab masalah gigi dan mulut adalah bakteri, dan manfaat siwak untuk mencegah bakteri sudah tidak diragukan lagi. Kandungan tannic acid, alkaloid dan sulfur di dalamnya berfungsi sebagai anti bakteri, termasuk candida albicans penyebab infeksi pada bibir dan mulut.

apa itu siwak

4. Mencegah gigi berlubang

Manfaat siwak yang lainnya adalah mencegah karies gigi, sehingga tidak mudah goyah dan berlubang. Ini dipengaruhi oleh zat resin yang akan melindungi enamel gigi agar gigi lebih kuat.

5. Mencegah bau mulut

Dalam batang miswak, terdapat volatile oils yang memberikan aroma khas untuk mencegah bau mulut. Selain itu, minyak esensial ini juga dapat membuat pH mulut dan air liur (saliva) menjadi seimbang.

6. Menyembuhkan sariawan

Memiliki luka pada jaringan mulut? Siwak bisa jadi solusinya. Vitamin C dalam siwak bisa mempercepat proses penyembuhan dengan memperbaiki jaringan pada mulut.

7. Mencegah karang gigi

Kandungan klorida di dalam miswak dapat mencegah karang gigi, sehingga gigi tidak mudah rapuh seiring bertambahnya usia.

8. Mencegah kanker

Siwak juga bermanfaat untuk mencegah kanker mulut. Kandungan benzyl isothiocyanate dan flavonoids di dalamnya berfungsi sebagai chemopreventive agents yang bisa mencegah zat toksin dan karsinogenik penyebab kanker.

9. Kandungan pasta gigi alami

Satu batang siwak, mengandung zat-zat alami yang umumnya ditemukan dalam pasta gigi yaitu:

  • Sodium bicarbonate, berfungsi untuk meluruhkan sisa-sisa makanan dan mencegah plak gigi
  • Kalsium, berguna untuk remineralisasi enamel gigi agar tetap kuat dan sehat
  • Fluoride, sebagai zat antikariogenik atau pencegah karies; penyebab gigi berlubang dan kerusakan gigi

Sebagai bentuk inovasi Mama’s Choice yang juga dipadukan dengan teknologi serta validasi dari para ahli, sekarang Mama dapat merasakan manfaat siwak dengan mudah!

Pasta Gigi Mama's Choice

Mama’s Choice Toothpaste | Rp. 39,000,- | Diskon 20% dari harga normal Rp. 49,000,-

Telah hadir, pasta gigi siwak tanpa fluoride dari Mama’s Choice. Pasta gigi ini adalah pasta gigi untuk ibu hamil dan menyusui yang pertama di Indonesia.

Dengan bahan alami siwak, klorofil sebagai zat pewarna alami, allantoin, kalsium dan ekstrak mint akan membantu Mama untuk:

  • Menjaga kebersihan dan kesehatan gigi serta mulut
  • Membantu mengurangi mual saat menyikat gigi
  • Mencegah gigi berlubang dan gingivitis
  • Merawat gigi dengan formula aman, tanpa fluoride, SLS, dan triclosan

Hadir dengan ukuran 100 ml, Mama’s Choice Maternity Toothpaste akan menjadi sahabat Mama untuk mencegah masalah gusi dan sakit gigi saat hamil.

Mual saat menyikat gigi? Sekarang tidak lagi! Klik banner untuk dapatkan promonya.

Mama's Choice Toothpaste

SHARE THIS POST

Tya

Tya

Gemar menulis dan bercerita. Membagikan kisah, pengalaman dan inspirasi melalui kata-kata. Perempuan yang terlihat melodrama, tapi suka tertawa. Sedang bersiap-siap menanti kehadiran si kecil dalam hidupnya. Agar semakin menyenangkan, berceritalah ia. Di sini.

Featured Article
Card image
Yuk, Simak Serunya Event Mama's Choice di Bandung!
Learn more
Card image
Tak Cuma Bumil, Ibu Menyusui Juga Tidak Boleh Stres!
Learn more
Card image
Sering Cemas Saat Hamil? Pastikan Mama Tahu Cara...
Learn more
Card image
6 Cara Ini Bisa Mencegah Stretch Mark Selama Hamil!...
Learn more