Search

7 Fungsi Klorofil Pada Tumbuhan bagi Kesehatan

Mama's Summary

  • Klorofil bermanfaat untuk mencegah penyakit yang berkaitan dengan metabolisme tubuh serta kesehatan gigi dan mulut.
  • Klorofil bisa didapatkan dengan mengonsumsi sayuran hijau setiap hari, selain melalui suplemen.
  • Pada Pasta Gigi Mama's Choice, klorofil berfungsi sebagai antiinflamasi sekaligus pewarna alami./li>

Klorofil adalah zat hijau daun pada tumbuhan atau sayuran. Manusia perlu mengonsumsi klorofil setiap hari melalui makanan maupun suplemen karena manfaatnya yang luar biasa bagi kesehatan.

Pada tumbuhan, klorofil berfungsi untuk membantu fotosintesis, yaitu proses bagaimana tumbuhan menghasilkan makanan dan energi. Nah, bagi kehidupan manusia, klorofil memiliki berbagai manfaat yang telah teruji klinis oleh para ahli. Apa saja?

7 manfaat klorofil menurut riset para ahli

manfaat klorofil untuk kesehatan

1. Mencegah kanker

Dilansir dari WebMD, klorofil adalah zat yang memiliki sifat antimutagenik yaitu zat yang dapat mencegah penyebaran gen penyebab kanker. Zat ini mampu menghambat reaksi pengikatan senyawa karsinogen atau penyebab kanker dengan DNA, sehingga pencegahan kanker dapat dioptimalkan sedini mungkin.

2. Menurunkan berat badan berlebih

Klorofil untuk diet? Masuk akal. Saat masuk ke dalam tubuh, zat hijau daun ini dapat mengikat racun serta logam yang ada di dalam tubuh untuk dikeluarkan melalui feses atau urin.

Melalui enzim yang dapat memecah sel-sel lemak dan mengubahnya menjadi energi, kolestrol dalam tubuh manusia akan jauh lebih stabil, dan tidak menimbulkan pengendapan lemak penyebab obesitas.

3. Menstabilkan darah dalam tubuh

Manfaat klorofil lainnya adalah meningkatkan kualitas sel darah merah dan menstabilkan kondisi darah. Mengapa? Karena zat ini memiliki sifat yang sama seperti hemoglobin, pigmen merah dalam darah manusia.

Dengan demikian, mencegah talasemia, anemia, atau kanker darah pun bisa dari sedini mungkin.

4. Mengurangi bau badan

Zat ini juga dapat mengurangi bau badan secara alami dari dalam tubuh. Sebuah penelitian di Jepang menyimpulkan bahwa asupan klorofil yang cukup dalam waktu 3 minggu dapat mengurangi bau badan.

5. Mempercepat penyembuhan luka

Zat hijau ini juga memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri, sehingga sangat efektif untuk meredakan radang, luka terbuka, serta melawan infeksi bakteri yang terjadi pada kulit. Jadi, untuk Mama yang ingin menyembuhkan luka paska operasi, perbanyak konsumsi sayuran hijau, ya, Ma!

6. Mencegah bau mulut

Kandungan antibakteri dan antiinflamasi juga bisa mencegah munculnya bau tidak sedap pada mulut akibat bakteri. Zat hijau daun mampu meluruhkan bakteri dan racun tersebut sehingga bau mulut akan hilang.

7. Menjaga kesehatan gusi

Gusi yang mudah berdarah dan bengkak adalah salah satu tanda bahwa ada bakteri yang berkumpul antara gusi dan gigi. Penumpukkan bakteri pada area ini pun akan lebih mudah dicegah, sehingga gusi berdarah akan lebih mudah diatasi.

Penjelasan dan fakta mengenai gusi berdarah saat hamil, bisa Mama baca di sini, ya.

Darimana kita bisa mendapatkan asupan klorofil?

Suplemen klorofil dan manfaatnya bagi tubuh

1. Melalui konsumsi sayuran hijau

Konsumsi sayur-sayuran hijau secara rutin seperti bayam, sawi hijau, brokoli, teh hijau, daun bawang, seledri, dan lain-lain secara rutin. 

2. Suplemen

Mama juga bisa mendapatkan asupan ekstra dengan mengonsumsi suplemen klorofil. Suplemen ini tersedia dalam berbagai bentuk mulai dari pil, kapsul, hingga cair.

Akan tetapi, Mama harus konsultasi ke dokter terlebih dahulu jika ingin mengonsumsi suplemen secara rutin, ya! Karena salah dosis sedikit saja, klorofil bisa mendatangkan efek samping bagi tubuh Mama, terutama saat hamil atau menyusui.

3. Campuran zat klorofil dalam produk

Klorofil ini dijadikan sebagai bahan campuran suatu produk tertentu. Seperti halnya klorofil murni yang terdapat pada Mama’s Choice Toothpaste, yang berfungsi untuk mencegah bau mulut dan melindungi gusi agar tidak mudah berdarah selama masa kehamilan dan menyusui.

Mama’s Choice Toothpaste Rp 39.000 (Hemat 20%)

Selain itu, klorofil pada pasta gigi ini juga berfungsi sebagai zat pewarna alami. Jadi, sudah pasti aman karena tidak mengandung zat pewarna sintetis. Temukan keistimewaan Mama’s Choice Toothpaste sekarang juga untuk mewujudkan kesehatan mulut yang tetap terjaga selama masa kehamilan.

Sekarang Mama sudah mengetahui 7 fungsi klorofil pada tumbuhan untuk kesehatan. Semoga tulisann ini bermanfaat ya, Ma!

Klik banner di bawah ini untuk cek dan belanja produk berkualitas dengan harga spesial!

SHARE THIS POST

Tya

Gemar menulis dan bercerita. Membagikan kisah, pengalaman dan inspirasi melalui kata-kata. Perempuan yang terlihat melodrama, tapi suka tertawa. Sedang bersiap-siap menanti kehadiran si kecil dalam hidupnya. Agar semakin menyenangkan, berceritalah ia. Di sini.

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Gigi & Cara Mengatasi Agar...
Learn more
Card image
Tips Lengkap Pumping ASI: Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more

Your Cart (0)

Close

Belanja min Rp300K dapat Rp55,000 off dan free ongkir

Mini Cart

Your cart is empty.

Shop now