10 Mitos & Fakta di Masa Menyusui

Masa-masa menjadi Mama baru memang penuh dengan tantangan, terutama saat menyusui. Pada periode ini, hal yang perlu dipersiapkan bukan hanya kesiapan fisik dan mental, tapi menguasai beberapa ilmu seputar menyusui juga tak kalah pentingnya.

Dengan pemahaman yang baik, Mama bisa mengatasi segala kendala yang bisa saja terjadi ditengah-tengah perjalanan Mama menyusui. Jangan panik dan mencari sumber informasi yang akurat bisa menjadi solusi bijak untuk Mama. 

Nah, di artikel ini Mama akan mendapat informasi seputar mitos dan fakta yang sering beredar, serta cerita dari para Mama dari team Mama’s Choice yang akan berbagi pengalamannya saat menyusui.

1. Payudara Mengendur Akibat Menyusui

cara melakukan inisiasi menyusui dini

“Duh..payudaraku kendur nih!”

“Pasti karena habis menyusui tuh!”

Mama Rahne, Head of Branding di Mama’s Choice sering banget nih mendengar kalimat ini. Sebenarnya apa betul menyusui bisa membuat payudara mengendur? Mitos atau fakta, Ma?

MITOS

Ternyata, menyusui bukan penyebab utama payudara mengendur. Pada kenyataannya, payudara akan mengeluarkan cairan dan kelenjar susu sehingga membuat payudara Mama mengembang dan berisi. Payudara yang mengendur lebih disebabkan oleh seberapa sering Mama mengandung, karena saat melahirkan banyak otot yang mengalami pengenduran termasuk otot di payudara Mama.

Selain itu, merokok juga bisa jadi penyebabnya Ma. Karena zat yang terkandung di rokok yang terserap dalam tubuh Mama bisa memecah sel protein dalam lapisan kulit yang mengurangi elastisitas pada jaringan seluruh kulit termasuk kulit area payudara.

2. Ibu Menyusui Harus Banyak Minum

Kalau masukan yang ini sering banget di dengar oleh Mama Renny, salah satu jagoan di tim Product Development kami. Mitos atau fakta nih Ma jawabannya?

FAKTA

Menghidrasi tubuh saat masa-masa menyusui sangat penting. Karena ASI yang diminum bayi berupa cairan dan tubuh Mama sangat perlu terhidrasi dengan baik. Itu mengapa Mama Renny selalu mengkonsumsi hingga 3 liter air setiap harinya. Tapi bukan berarti banyak minum akan mempengaruhi produksi ASI ya, Ma.

Air yang cukup hanya mampu menghindari Mama dari bahaya dehidrasi. Cek warna urin Mama secara rutin, jika warnanya kuning terang berarti tubuh Mama cukup terhidrasi. Tapi, kalau urin Mama berwarna kuning kecoklatan itu tandanya cairan dalam tubuh Mama berada dalam kondisi yang sangat sedikit.

3. Ukuran Payudara Menentukan Produksi ASI

imd adalah

“Wah..payudara kamu besar, pasti ASI nya banyak ya!”

“Payudara kamu kecil, pasti ASI nya dikit!”

 Hmmm..apa benar Ma ukuran payudara menentukan produksi ASI? Mitos atau fakta? 

MITOS

Dilansir dari babycentre

Ukuran payudara tidak memengaruhi berapa banyak ASI yang dihasilkan. Ukuran payudara sebagian besar tergantung pada seberapa banyak jaringan lemak yang dikandungnya. Tetapi jaringan lemak tidak ada hubungannya dengan bagaimana payudara menghasilkan susu.

Jadi, ukuran sama sekali tidak berpengaruh Ma.

4. ASI Dapat Meningkatkan Kecerdasan Bayi

Apa benar Ma, ASI bisa membuat bayi Mama lebih cerdas? Mitos atau fakta?

Jawabannya FAKTA

Sebuah penelitian di Inggris menemukan bahwa bayi yang diberikan ASI beberapa bulan setelah dilahirkan memiliki kecerdasan 7 point dari bayi yang tidak diberi ASI. Ini disebabkan karena kandungan nutrisi, lemak, dan efek psikologi yang didapatkan saat meminum ASI bisa memaksimalkan stimulan pada otak bayi.

Tapi kecerdasan bukan mutlak di dapatkan dari menyusui saja. Untuk Mama yang belum bisa menyusui karena alasan medis tertentu, jangan berkecil hati. Masih banyak cara melatih kecerdasan bayi. Contohnya dengan melatih emosi dengan komunikasi atau sentuhan dan pemantauan sistem motorik secara berkala.    

5. Menyusui Bisa Jadi Alat Kontrasepsi Alami

menyusui

Pernahkah Mama mendengar perihal ini? Apa hubungannya antara menyusui dan alat kontrasepsi?

Pasti Mama menebak-nebak ini mitos atau fakta ya? 

Ini FAKTA

Ya! Menyusui bisa menjadi alat kontrasepsi alam. Menurut KellyMom

memberikan ASI eksklusif di 6 bulan pertama kelahiran bayi, efektif mencegah kehamilan 98% hingga 99,5%, dengan syarat usia bayi tidak melebihi 6 bulan

Meski persentasi  efektivitasnya tinggi, tetap harus konsultasikan dulu ya Ma dengan dokter kandungan Mama. Sebab fertilitas dan perubahan hormon ibu menyusui bisa berbeda setiap individunya.

Baca juga: Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya, Cinta Mama Tetap Sama

6. Makan Pedas Bisa Membuat ASI Pedas

Pendapat bahwa saat bayi menyusui akan menyerap semua gizi dan nutrisi sesuai dengan yang Mama konsumsi memang betul adanya. Semakin berkualitas nutrisi yang Mama konsumsi selama masa menyusui, maka semakin baik penyerapan gizi untuk bayi.

Tapi apakah rasa makanan yang Mama makan juga berpengaruh terhadap rasa ASI? Seperti makanan pedas akan membuat ASI Mama menjadi pedas? Ini mitos atau fakta, Ma?

Ternyata ini hanya MITOS

Makanan pedas tidak serta merta membuat rasa ASI Mama terasa pedas. Hanya saja, menurut ahli, di dalam cabai yang Mama konsumsi terdapat senyawa yang bernama capsaicin yaitu sensasi panas yang dialirkan dalam aliran darah. Apabila dikonsumsi pada bayi yang sensitif akan menyebabkan bayi mencret. Dalam porsi dan level yang wajar, makanan pedas sebenarnya aman dikonsumsi ibu menyusui.

7. ASI Adalah Vaksin Untuk Bayi

lecet pada puting menyebabkan ASI tidak maksimal

Pernahkan Mama mendapat pertanyaan seperti ini?

“Kasih ASI terus Ma, biar baby nya sehat”

“Kok bayi kamu sakit-sakitan terus? Dikasih ASI gak sih?”

Rumor bahwa semakin sering Mama memberikan ASI, maka bayi semakin sehat apakah mitos atau ternyata fakta nih Ma? 

Jawabannya FAKTA!

Menurut badan kesehatan dunia ( WHO ) ASI merupakan makanan yang ideal untuk bayi yang baru lahir. Di dalam ASI terdapat nutrisi yang dibutuhkan untuk keberlangsungan pertumbuhan bayi. Diperkaya antibody, ASI bisa mencegah diare, serta Pneumonia pada anak. Kedua penyakit tersebut adalah penyebab kematian terbesar pada anak yang baru lahir.

8. Mencuci Puting Sebelum Menyusui

Tidak sedikit Mama yang mencuci putingnya sebelum menyusui dengan alasan agar puting Mama dalam keadaan steril saat menyusui. Apa ini dibenarkan? Mama bisa menebak ini mitos atau fakta?

MITOS 

Mengutip dari situs online WHO, ternyata Mama tidak perlu mencuci puting sebelum menyusui. Bayi sudah sangat familiar dengan aroma ibu nya sendiri dan aroma ini juga yang akan bayi rasakan saat meminum ASI dari puting Mama. Aroma ini juga menghasilkan bakteri baik yang sangat bagus untuk meningkatkan sistem imun bayi.

9. Menyusui Dapat Mempercepat Recovery Pasca Melahirkan

menyusui bayi

Penyembuhan pasca melahirkan, baik itu melahirkan normal maupun caesar membutuhkan waktu yang terbilang tidak singkat. Tidak hanya sembuh secara fisik, pemulihan mental Mama juga tetap membutuhkan waktu. Salah satu yang disarankan untuk mempercepat pemulihan tersebut adalah dengan menyusui. Apakah ini mitos atau fakta Ma?

Ternyata FAKTA.

Menurut artikel resmi dari Healthy Children

Saat menyusui, tubuh Mama menghasilkan hormon Prolaktin dan Oksitoksin yaitu hormon yang memproduksi rasa damai, rileks, fokus dan penuh cinta. 

10. Menggunakan Nipple Cream, Berbahaya untuk Bayi

Banyak ibu menyusui yang menggunakan nipple cream untuk melembabkan dan meredakan puting kering, lecet, dan pecah-pecah. Tetapi katanya, penggunaan nipple cream itu berbahaya untuk bayi.

Formula kimia yang terkandung pada nipple cream akan menempel pada puting dan terhisap ketika bayi menyusui sehingga akan memberikan dampak buruk untuk bayi.

Menurut Mama ini mitos atau fakta?

Jawabannya FAKTA

Pada kenyataannya, nipple cream yang tidak memiliki kualitas food grade dapat menimbulkan iritiasi, alergi, hingga keracunan untuk bayi. Tapi bukan berarti Mama tidak boleh menggunakan nipple cream.

Semua nipple cream yang terbuat dari bahan alami dan memiliki kualitas food grade itu aman untuk bayi, kok. Jadi, pilihlah nipple cream yang terbuat dari bahan-bahan alami dan memiliki kualitas food grade sehingga aman jika tertelan oleh si kecil. Nah, salah satu produk nipple cream yang sesuai kriteria tersebut adalah Mama’s Choice Intensive Nipple Cream.

 

buy now button

Menyusui lebih mudah dengan produk perawatan puting yang tepat

Berangkat dari banyak keluhan Mama menyusui, Mama’s Choice Intensive Nipple Cream hadir untuk membantu mangatasi masalah puting yang sering sekali ibu menyusui alami. Krim perawatan puting ini mengandung ekstrak kurma yang kaya akan antioksidan sehingga efektif untuk melembabkan dan meredakan puting kering, lecet, dan pecah-pecah tanpa perlu dibilas.

Dibuat dari bahan yang 100% alami, formula food grade nya, membuat Mama’s Choice Intensive Nipple Cream aman jika tertelan bayi dan sudah teruji klinis tidak menimbulkan alergi. Cocok untuk Mama dengan masalah kulit sensitif. 

Mama mau mulai mencoba rekomendasi kami? Klik banner untuk memesan ya Ma. 

Banner Footer

SHARE THIS POST

Avatar

fakhrana

Seorang wanita yang menumpahkan perasaannya pada kata, karena ia percaya kata memiliki kuasa. Terus menulis hingga terasa penuh dan terisi, selalu senang ketika menginspirasi.

Featured Article
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Jangan Panik Saat Bayi Rewel Tumbuh Gigi, Lakukan 3...
Learn more
Card image
Pumping ASI? Kenali Risiko dan Manfaatnya, Yuk, Ma!
Learn more
Card image
Normalkah Jika Janin Terlalu Aktif Bergerak? Simak...
Learn more