Search

10 Cara Melancarkan ASI yang Sedikit Secara Efektif & Alami!

Salah satu hal yang sering membuat cemas para Mama yang baru melahirkan adalah kurangnya produksi ASI. Jangan khawatir, Mama sedang membaca artikel yang tepat. Yuk, simak cara melancarkan ASI yang sedikit secara alami

Kenapa ASI begitu Penting?

Menurut World Health Organization (WHO), ASI adalah makanan yang ideal untuk bayi. ASI mengandung antibodi dan menyediakan semua energi serta nutrisi yang dibutuhkan bayi pada bulan-bulan pertama kehidupannya.

Produksi air susu ibu perlu maksimal supaya bayi bisa mendapatkan asupan yang cukup. Tidak heran para Mama sering dibuat cemas dengan persoalan ini.

American Journal of Public Health menyebutkan bahwa hanya 17% wanita Amerika yang mematuhi rekomendasi WHO untuk memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan. Sementara penelitian dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengungkapkan bahwa alasan Ibu berhenti menyusui adalah karena merasa air susunya tidak cukup banyak.

Kenapa ASI Bisa Tiba-Tiba Menjadi Seret?

Ibu sedang menyusui bayi

Supaya bisa mengatasi produksi ASI yang kurang, Mama perlu cari tahu dulu apa penyebabnya. Berikut ini beberapa hal yang mungkin Mama alami.

  • Faktor emosional seperti perasaan cemas, stres, termasuk rasa malu bisa menyebabkan produksi ASI jadi berkurang lho, Ma.
  • Beberapa jenis penyakit bisa mengganggu kuantitas produksi air susu, misalnya tekanan darah tinggi akibat kehamilan, diabetes, dan polycystic ovarian syndrome (PCOS).
  • Konsumsi obat-obat tertentu juga bisa menurunkan produksi air susu. Misalnya obat yang mengandung pseudoefedrin (obat sinus dan alergi). Selain itu, beberapa jenis kontrasepsi hormonal juga punya pengaruh yang sama.
  • Rokok dan alkohol, kedua hal ini memang sebaiknya selalu dihindari sejak Mama hamil hingga menyusui ya.
  • Operasi payudara seperti pengangkatan kista atau mastektomi juga dapat mengganggu laktasi.

Baca juga: 7 Makanan agar ASI Mama Banyak, Kental, dan Berkualitas


Apakah ASI Sedikit Bisa Kembali Normal?

Pada dasarnya, produksi ASI tergantung pada prinsip penawaran dan permintaan. Artinya, semakin sering bayi menyusu, maka semakin sering dan banyak pula ASI yang akan dihasilkan. Hal ini dapat terjadi karena saraf yang ada di area puting payudara Mama memberikan sinyal kepada otak untuk melepaskan hormon prolaktin dan oksitosin pada tubuh agar payudara menghasilkan lebih banyak ASI.

Nah, bagi Mama yang sedang mengalami ASI seret, Mama nggak usah khawatir karena kondisi ini biasanya hanya bersifat sementara dan dapat diatasi. Salah satu caranya yaitu dengan merangsang saraf yang ada di area puting payudara Mama dengan melakukan beberapa hal, agar hormon yang berkontribusi dalam proses produksi ASI menghasilkan ASI dengan normal kembali.

10 Cara Melancarkan ASI yang Sedikit

Ini dia beberapa tips atau cara yang bisa Mama coba untuk mengatasi dan melancarkan asi yang sedikit atau seret:

1. Segera berikan ASI

Begitu bayi lahir, jangan menunggu terlalu lama untuk mulai menyusui sebab penundaan itu bisa menyebabkan suplai ASI jadi rendah. Upayakan untuk segera memeluk bayi dan berikan ia air susu Mama begitu lahir.

2. Sering menyusui

Ibu sedang menyusui si Kecil

Setiap kali Mama menyusui langsung maupun memompa ASI, hormon yang memicu payudara untuk memproduksi ASI akan dilepaskan. Dalam Journal of Obstetric, Gynecologic & Neonatal Nursing (JOGNN) disarankan untuk menyusui 8-12 kali per hari untuk mempertahankan produksi ASI.

3. Menyusui dari kedua sisi

Tawarkan kedua sisi payudara setiap kali menyusui. Stimulasi menyusui pada kedua payudara dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Kalau bayi sudah cukup kenyang dengan satu sisi, pompalah sisi satunya.

4. Kompresi payudara saat menyusui

Selain dapat membantu meningkatkan produksi ASI Mama, teknik menyusui yang satu ini juga dapat membantu bayi yang mengalami kesulitan ketika menghisap ASI, agar bisa mendapatkan lebih banyak ASI. Caranya yaitu dengan meremas lembut payudara menggunakan dua jari, ibu jari di bawah dan jari lain di atas ketika bayi sedang menyusu.

5. Hindari obat tertentu, alkohol dan rokok

Selama menyusui, jangan gunakan obat yang mengandung pseudoefedrin dan hati-hati dengan beberapa jenis kontrasepsi hormonal tertentu. Selain itu, sedang menyusui ataupun tidak, Mama memang sebaiknya hindari alkohol dan merokok.

6. Jalani pola hidup sehat

Konsumsilah makanan bergizi seperti sayur dan buah, jangan lupa juga untuk banyak minum air putih. Selain itu jaga pikiran agar terhindar dari stres yang bisa membuat produksi air susu macet. Mama juga perlu melakukan olahraga ringan yang bisa membantu stimulus keluarnya ASI.

Cari tau disini: Pilihan Olahraga yang Aman untuk Ibu Menyusui

7. Power pumping

Ibu sedang pumping

Katie Page, perawat sekaligus bidan bersertifikat di Amerika menyarankan power pumping, yaitu selama satu jam setiap hari, pompa 20 menit, istirahat 10 menit, pompa 10, istirahat 10, pompa 10. Lakukan ini selama beberapa hari, fungsinya adalah untuk memberi sinyal pada tubuh agar membuat lebih banyak air susu Mama.


Baca juga: Power Pumping: Kenali Manfaat, Teknik, Jadwal dan Artinya


8. Pelekatan menyusui yang tepat

Pelekatan yang dilakukan saat menyusui juga dapat memengaruhi produksi air susu Mama. Sebenarnya, pelekatan atau menempatkan puting susu dengan mulut Si Kecil pada posisi yang tepat dapat mencegah munculnya luka dan nyeri pada puting susu. Pelekatan yang tepat tentunya akan melancarkan produksi air susu Mama.

9. Menyusui dengan nyaman dan rileks

Agar menghasilkan air susu yang optimal, Mama perlu memperhatikan kenyamanan dalam proses menyusui. Faktor yang dapat mempengaruhi produksi air susu, seperti stres, cemas, dan depresi perlu Mama hindari. Hal tersebut dapat menyebabkan produksi air susu Mama menjadi berkurang.

Buat suasana menyusui yang santai dan rileks, seperti menyusui sambil mendengarkan musik yang Mama suka. Selain itu, Mama juga bisa mengonsumsi asupan yang dapat membuat mood Mama menjadi baik, misalnya cokelat atau makanan manis lainnya.

Baca juga: Cara Memerah ASI dengan Teknik Marmet – Mama’s Choice

10. Minum ASI booster untuk melancarkan ASI yang sedikit

Ada beberapa bahan yang dipercaya dapat melancarkan produksi ASI yang sedikit, misalnya almond, daun katuk, kurma, fenugreek dan DHA. Tidak perlu khawatir, Ma. Jika Mama kelimpungan untuk meracik bahan-bahan tersebut, dua ASI booster yang sudah terbukti ampuh yaitu Mama’s Choice Almond Milk Powder dan Mama’s Choice Breastfeeding Support.

Untuk asupan yang lebih praktis, Mama bisa mengonsumsi Mama’s Choice Breastfeeding Support.

Mama's Choice Breastfeeding Support
Disc 50% untuk Mama’s Choice Breastfeeding Support | Rp 79.000 Rp 159.000

Shopee Beli Sekarang

Dimana dalam satu kapsul, Mama bisa mendapatkan khasiat dari 6 superfood yang kaya akan nutrisi. Dengan melengkapi nutrisi tersebut, hasilnya akan 2x lebih deras dari sebelum mengonsumsi lho, Ma! Mama juga gak perlu khawatir karena dengan harga yang terjangkau, Mama bisa mendapatkan manfaat yang berkali lipat karena Mama’s Choice Breastfeeding Support memiliki kandungan yang paling lengkap diantara ASI Booster lainnya di pasaran.

Perbandingan Pelancar ASI
Perbandingan Mama’s Choice Breastfeeding Support dengan ASI Booster lainnya

Lalu, Mama juga bisa melengkapi kebutuhan ASI Booster dengan Mama’s Choice Almond Milk Powder yang tentunya kaya akan kandungan almond yang sudah terbukti efektif memperbanyak ASI.

Mama's Choice Almond Powder
Disc 46% untuk Mama’s Choice Almond Powder | Rp 59.000 Rp 109.000

Shopee Beli Sekarang

Selain itu, Mama’s Choice Almond Milk Powder merupakan ASI Booster pertama yang berinovasi dengan menggabungkan dua kandungan terpenting untuk melancarkan ASI yaitu fenugreek dan DHA yang juga berfungsi untuk perkembangan otak Si Kecil!

almond milk powder Mama's Choice
Perbandingan Mama’s Choice Almond Milk Powder dengan merek lainnya

Untuk hasil yang maksimal, Mama bisa konsumsi Mama’s Choice Double ASI Booster secara bergantian dengan cara berikut:

Testimoni Double ASI Booster Terbaik
Terjual lebih dari 10.000 pcs di Shopee lho, Ma!

Kedua jenis pelancar air susu tersebut bisa membantu melengkapi kebutuhan nutrisi Mama sehingga dapat memberikan air susu yang cukup dan berkualitas. ASI booster dari Mama’s Choice mengandung 100% bahan natural, sehingga aman untuk dikonsumsi serta Halal.

Itulah beberapa cara mengatasi dan melancarkan ASI yang seret secara alami. Jika Mama memiliki masalah lain saat menyusui, ini saatnya Mama bergabung dengan Mama MengASIhi. Mama’s Choice memberikan wadah untuk Mama-Mama saling berbagi cerita pengalaman dan berbagai tips selama perjalanan mengASIhi. Mengelilingi diri Mama dengan lingkungan yang supportif juga salah satu tips penting memperbanyak ASI, lho!

Semoga air susu Mama bisa lancar dan Si Kecil sehat terus ya, Ma.

Artikel terkait: Cara Memperlancar ASI Agar Tetap Banyak Saat Puasa

Sumber:

Santos-Longhurst, A., & Nwadike, V. R. (2018, May 7). How to Increase Breast Milk: Home Remedies, Diet, Supplements. Healthline. Retrieved January 8, 2023, from https://www.healthline.com/health/parenting/how-to-increase-breast-milk

Novak, S., & Resnick, M. (2021, July 9). How to Increase Your Breast Milk Supply: Tips & Causes for Low Milk Supply. What to Expect. Retrieved January 8, 2023, from https://www.whattoexpect.com/poor-milk-supply-breastfeeding.aspx

(n.n.). (n.d.). Breastfeeding. World Health Organization. Retrieved January 8, 2023, from https://www.who.int/health-topics/breastfeeding#tab=tab_1

Wolf, J. H. (2003, May 2). Low Breastfeeding Rates and Public Health in the United States. American Journal of Public Health. Retrieved January 8, 2023, from https://ajph.aphapublications.org/doi/10.2105/AJPH.93.12.2000

Fein, S. B., Grummer-Strawn, L. M., & Raju, T. N. K. (2008, October 1). Infant Feeding and Care Practices in the United States: Results From the Infant Feeding Practices Study II. Centers for Disease Control and Prevention. Retrieved January 8, 2023, from https://www.cdc.gov/breastfeeding/pdf/ifps/data/ifps2_tables_ch3.pdf

Kent , J. C., Prime, D. K., & Garbin, C. P. (2012, January 1). Principles for Maintaining or Increasing Breast Milk Production. Journal of Obstetric, Gynecologic, & Neonatal Nursing. Retrieved January 8, 2023, from https://www.jognn.org/article/S0884-2175(15)31026-1/fulltext

Pevzner, H. (2022, December 8). How To Increase Breast Milk Production. The BUMP. Retrieved January 8, 2023, from https://www.thebump.com/a/increase-milk-supply

White, J., & Agi, R. (2020, October 28). How Breast Compressions Build Breastfeeding Milk Supply. Verywell Family. Retrieved January 8, 2023, from https://www.verywellfamily.com/breast-compressions-284294

Author Ambar Arum

Ambar Arum

Senang belajar dan berbagi info tentang ibu, anak, dan keluarga. Sebab harta yang paling berharga adalah keluarga. Setuju kan? Semoga bermanfaat ya!

COMMENTS

0 Comments
Leave a comment

Keranjang Anda (0)

Close

Belanja Rp90,000 lagi untuk dapat free ongkir!

Mini Cart

Keranjang belanja Anda kosong.

Shop now
1
0