Search

10 Sayuran yang Baik untuk MPASI Bayi 6 Bulan

Selamat Ma, Si Kecil sudah memasuki usia 6 bulan! Sudah saatnya Mama memberikan gizi tambahan selain ASI yaitu sayuran untuk MPASI Si Kecil. Kini Mama tidak perlu bingung memilih sayuran yang baik untuk MPASI. Yuk, simak 10 pilihan sayuran yang baik untuk MPASI bayi 6 bulan di sini!

Sayuran untuk MPASI Bayi 6 Bulan

Berikut ini merupakan 10 rekomendasi sayuran yang dapat Mama olah menjadi MPASI untuk Si Kecil!

1. Wortel

10 Sayuran yang Baik untuk MPASI Bayi 6 Bulan

Sayuran yang identik dengan warna oranye ini sangat baik dijadikan MPASI untuk bayi berusia 6 bulan. Wortel mengandung beta karoten yang diubah menjadi vitamin A untuk meningkatkan indra penglihatan dan kekebalan tubuh anak. Selain itu, sayuran ini juga kaya akan serat dan bagus untuk kesehatan pencernaan anak.

Mama dapat merebus wortel terlebih dahulu hingga matang, kemudian haluskan dengan food processor. Wortel memiliki rasa yang khas dan cenderung aman untuk selera bayi yang sensitif.

2. Bayam

Bayam kaya akan zat besi yang merupakan nutrisi penting untuk perkembangan serta memberi energi bagi bayi. Untuk dijadikan MPASI, Mama dapat merebus bayam lalu dihaluskan. MPASI bayam dapat disajikan dengan memberi sedikit garam untuk tambahan rasa. 

3. Labu

Sayuran ini mengandung vitamin A untuk memperkuat indra penglihatan, pertumbuhan, serta sistem kekebalan tubuh bayi. Labu juga mengandung vitamin C, E, B6, folat, serat, zat besi, kalium, dan karotenoid sebagai antioksidan. Akan mudah bagi Si Kecil untuk mencerna tekstur labu yang halus di MPASI pertamanya.

4. Ubi jalar

10 Sayuran yang Baik untuk MPASI Bayi 6 Bulan

Mama bisa memilih ubi jalar berwarna oranye terang untuk diolah menjadi MPASI Si Kecil. Ubi jalar merupakan sumber vitamin A, C, B6, serat, mangan, dan potasium. Mama bisa mengolahnya dengan memasukkannya ke dalam oven atau merebusnya. Setelah itu, haluskan ubi jalar untuk Si Kecil konsumsi.

5. Kacang polong

Kacang polong merupakan makanan dengan protein tinggi sekitar 4 gram per porsi. Terdapat pula kandungan serat, asam lemak omega-3, vitamin A, C, K, zat besi, dan seng di dalamnya. Mama bisa mengukus kacang polong, kemudian haluskan untuk dijadikan MPASI bayi menggunakan food processor.

Baca juga: Menu Finger Food Bayi 9-12 Bulan yang Belum Tumbuh Gigi

6. Brokoli

Sayuran ini mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang dibutuhkan bayi, seperti vitamin A, C, K, B6, zat besi, seng, dan folat. Brokoli juga mengandung senyawa yang dapat melawan kanker. Sajikan MPASI brokoli dengan cara mengukus atau panggang, lalu haluskan.

7. Kol

10 Sayuran yang Baik untuk MPASI Bayi 6 Bulan

Kol merupakan sayur yang kaya serat dan vitamin C untuk membantu tubuh menyerap zat besi dan nutrisi penting pada bayi. Selain itu, kol mengandung vitamin K, B, kaya antioksidan, serta membantu mengatasi sembelit. Mama dapat memanggang kol sebelum menghaluskannya, ya!

8. Zucchini/Timun jepang

Zucchini kaya akan beta-karoten yang kemudian akan berubah menjadi vitamin A, zat mendukung sistem kekebalan tubuh dan kesehatan mata Si Kecil lho, Ma. Selain itu, terdapat vitamin C, B6, K, folat, dan mineral yang dibutuhkan perkembangan tubuh bayi. Mama bisa memasak zucchini dengan menambah minyak zaitun untuk dijadikan MPASI bayi.

9. Tomat

10 Sayuran yang Baik untuk MPASI Bayi 6 Bulan

Tahukah Mama? Tomat mengandung vitamin C dan A yang baik untuk Si Kecil. Selain itu, kandungan air yang cukup banyak juga bermanfaat untuk menghidrasi tubuh. Olah tomat segar dengan cara mengukusnya, kemudian haluskan. Tomat memiliki rasa yang khas, sehingga dapat Si Kecil mengonsumsinya tanpa tambahan rasa.

10. Bit

Terakhir ada bit yang mengandung vitamin B, C, folat, dan mineral. Bit juga mengandung serat tinggi yang baik untuk kesehatan pencernaan. Mama bisa menghaluskan bit matang atau campurkan dengan buah-buahan untuk menjadi MPASI.

Baca juga: Cara Kreatif Mengatasi GTM (Gerakan Tutup Mulut) Pada Anak

Itulah rekomendasi 10 sayuran untuk MPASI bayi. Intinya, Mama perlu memastikan sayuran yang akan diolah menjadi MPASI telah matang, bersih, dan memiliki tekstur yang lembut. Hal ini penting untuk kebutuhan Si Kecil yang masih berusia 6 bulan. 

Di usia tersebut Si Kecil masih belajar mengonsumsi makanan bertekstur cair yang serupa dengan ASI. Untuk mengolah sayuran-sayuran ini, Mama bisa menggunakan alat bantu seperti food processor. 

Sebentar lagi, Mama’s Choice akan mengeluarkan produk Baby Food Maker lho, Ma! Tentunya Baby Food Maker ini akan membantu Mama mengolah MPASI Si Kecil secara efektif dan praktis. Penasaran kan, Ma? Yuk tunggu tanggal rilisnya!

Klik banner di bawah ini untuk cek dan belanja produk berkualitas dengan harga spesial!

Banner Footer

Artikel terkait: 10 Rekomendasi Menu MPASI Pertama Bayi 6 Bulan

Sumber:

healthline.com

solidstarts.com

SHARE THIS POST

Annisa Nur Fitriani

Seorang perempuan yang menyukai beragam proses belajar, mulai dari mendengar, mengamati, dan menulis. Baginya, semua tempat adalah sekolah, dan semua Mama adalah guru yang berharga.

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Gigi & Cara Mengatasi Agar...
Learn more
Card image
Tips Lengkap Pumping ASI: Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more

Your Cart (0)

Close

Belanja min Rp200K dapat diskon Rp25,000 dan free ongkir

Mini Cart

Your cart is empty.

Shop now