Search

Cara Kreatif Mengatasi GTM (Gerakan Tutup Mulut) Pada Anak

Siapa yang tidak pusing ketika Si Kecil melakukan Gerakan Tutup Mulut atau GTM? Gerakan tutup mulut anak memang dapat terjadi karena beberapa faktor. Untuk itu, Mama perlu tahu cara mengatasi anak GTM berikut ini!

Gerakan Tutup Mulut Anak (GTM)

GTM pada anak dapat ditandai dengan menutup mulut yang rapat pada saat disuapi, menyemburkan makanan, hingga mengeluarkan kembali makanan yang sudah masuk ke dalam mulutnya. Padahal pemberian makanan merupakan bagian penting dalam kehidupan bayi dan anak di bawah 3 tahun. 

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia, pada usia tersebut, anak membutuhkan nutrisi penting yang berimbang untuk tumbuh kembangnya. Memberi makan ataupun menyuapi anak juga termasuk salah satu usaha meningkatkan interaksi antara anak dan orang tua.

Cara Mengatasi Anak GTM

Ada beberapa risiko kesehatan yang muncul jika anak mengalami GTM. Di antaranya adalah tidak mengalami kenaikan berat badan, diare, batuk dan pilek, hingga penyakit serius seperti hipotiroidisme kongenital. Tentu Mama tidak ingin hal ini terjadi, kan? Maka dari itu, Mama bisa melakukan cara-cara berikut untuk mengatasi GTM pada anak.

1. Menghormati selera makan anak

Jika Si kecil tidak lapar, sebaiknya Mama tidak memaksanya untuk makan atau mengonsumsi camilan. Begitu juga saat anak sudah merasa kenyang, jangan dipaksa untuk menghabiskan semua makanannya. 

Hal ini dapat membuat anak menjadi kurang sensitif terhadap isyarat tubuhnya atas rasa lapar dan kenyang. Mama juga bisa menyajikan porsi kecil untuk menghindari anak tidak menghabiskan makanan, serta memberinya kesempatan untuk menambah makanan lebih banyak secara mandiri.

2. Atur rutinitas makanCara Kreatif Mengatasi GTM (Gerakan Tutup Mulut) Pada Anak

Sebaiknya Mama menyajikan makanan dan camilan pada waktu bersamaan setiap harinya. Untuk mengatasi anak menolak makan, Mama bisa memberikan camilan yang bergizi. Hindari memberikan jus, susu, atau makanan ringan pada anak dengan intensitas tinggi sepanjang hari. Hal ini dapat mengurangi nafsu makan Si Kecil.

3. Coba berikan makanan baru

Saat anak menolak makan, Mama dapat mencoba menawarkan berbagai menu makan baru termasuk makanan yang bukan kesukaan Mama dan Papa. Mama bisa mencoba paparkan makanan baru sebanyak 10-15 kali. 

Dalam sebuah penelitian, terdapat 10 atau lebih paparan yang dibutuhkan untuk meningkatkan penerimaan terhadap makanan pada anak usia 2 tahun. Sedangkan untuk anak usia 4-5 tahun dibutuhkan 8-15 kali paparan makanan baru. 

Mama juga bisa mencoba memanfaatkan aneka warna, bentuk, dan aroma dari berbagai jenis makanan. Selain itu, Mama dapat mengatur tekstur makanan untuk Si Kecil menggunakan baby food processor dari Mama’s Choice yang akan segera hadir untuk menambah selera makannya!

4. Menciptakan suasana makan yang menyenangkan

Cara Kreatif Mengatasi GTM (Gerakan Tutup Mulut) Pada Anak

Untuk meningkatkan selera makan anak, Mama dapat membuat tampilan makanan menjadi menarik. Misalnya dengan memotong buah dan sayur menjadi aneka bentuk yang lucu, serta menatanya menjadi bentuk wajah boneka atau hewan.

Menggunakan peralatan makan yang lucu dengan warna cerah juga bisa menarik perhatian anak agar berselera makan. Mama dapat menggunakan peralatan makan dengan gambar karakter atau warna kesukaan Si Kecil yang akan segera hadir dari Mama’s Choice.

5. Hindari hal-hal yang dapat mendistraksi anak saat makan

Saat Si Kecil sedang makan, Mama dapat mematikan televisi atau gawai agar tidak mengalihkan perhatian anak. Hal ini akan membantu Si Kecil agar lebih fokus pada aktivitas makan lho, Ma.

6. Belanja bersama

Sebelum membuat makanan, Mama bisa mengajak Si Kecil untuk memilih sayuran, buah, atau makanan sehat lainnya. Hal ini dapat membantu mengatasi anak menolak makan, karena merasa tidak suka dengan pilihan makanan Mama. 

7. Makan bersama

Cara Kreatif Mengatasi GTM (Gerakan Tutup Mulut) Pada Anak

Terakhir, Mama bisa mengajak seluruh anggota keluarga untuk makan bersama. Hal ini dapat membuat Si Kecil tertarik untuk mengikuti karena seluruh anggota keluarganya melakukan hal yang sama.

Baca juga: 10 Rekomendasi Menu MPASI Pertama Bayi 6 Bulan

Sekarang Mama sudah tau cara mengatasi anak GTM. Mama bisa mencoba dan menerapkan langkah-langkah awal sembari menunggu produk makan anak terbaru dari Mama’s Choice. Semoga tulisan ini bermanfaat ya, Ma.

Klik banner di bawah ini untuk cek dan belanja produk berkualitas dengan harga spesial!

Mama's Choice Baby Hair and Body Wash, sampo bayi

Artikel terkait: Cara Membuat MPASI Pure Buah Naga untuk Bayi 6 Bulan

Sumber:

idai.or.id

spesialis1.ika.fk.unair.ac.id

healthline.com

mayoclinic.org

SHARE THIS POST

Annisa Nur Fitriani

Seorang perempuan yang menyukai beragam proses belajar, mulai dari mendengar, mengamati, dan menulis. Baginya, semua tempat adalah sekolah, dan semua Mama adalah guru yang berharga.

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Gigi & Cara Mengatasi Agar...
Learn more
Card image
Tips Lengkap Pumping ASI: Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more

Your Cart (0)

Close

Belanja min Rp200K dapat diskon Rp25,000 dan free ongkir

Mini Cart

Your cart is empty.

Shop now