Jangan Panik Saat Bayi Rewel Tumbuh Gigi, Lakukan 3 Cara Ini

Saat bayi tumbuh gigi, wah rasanya panik sekali ya, Ma! Si kecil jadi rewel terus-menerus, bahkan menyita sebagian besar waktu istirahat kita.

Sebetulnya, wajar saja jika Mama panik dan kewalahan. Namun, segera antisipasi dengan hal-hal di bawah ini, ya. Agar Mama tidak rentan stres dan tenang hingga si kecil merasa nyaman dengan gigi barunya yang sudah muncul 🙂

Kapan biasanya bayi tumbuh gigi?

tumbuh gigi pada bayi

Umumnya, bayi mengalami tumbuh gigi pada usia 4-6 bulan. Namun, tak semua bayi sama, ya, Ma. Ada yang lebih cepat, ada juga yang lebih lambat.

Selama gigi pertamanya tumbuh dalam rentang usianya 3-12 bulan, hal tersebut masih dianggap normal.

Pada usia 2-3 tahun, gigi susu bayi akan lengkap yang jumlahnya ada 20 gigi.

Bagaimana tahapan tumbuh gigi pada bayi?

  • Gigi seri paling depan. Tumbuh saat bayi berusia 6-12 bulan.
  • Gigi geraham pertama. Tumbuh dalam rentang usia 13-19 bulan.
  • Gigi taring. Tumbuh saat usia bayi 16-23 bulan.
  • Gigi geraham kedua. Muncul saat bayi berusia 22-24 bulan.

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat Menggunakan Teether Bayi?

Bagaimana gejala anak tumbuh gigi?

teether bayi

  • Bayi susah makan
  • Demam
  • Bayi suka menggigit jari atau mainan
  • Mengeces berlebihan
  • Rewel dan menangis
  • Gusi bayi membengkak
  • Sering terbangun di jam yang tidak biasa
  • Menolak makanan disertai tangisan
  • Menarik-narik telinga dan menggaruk pipi
  • Bayi suka memasukkan tangan ke dalam mulut

Pada beberapa kasus, bayi tak selalu rewel saat tumbuh gigi. Jadi, ketika si kecil tumbuh gigi tanpa gejala umum di atas, kondisinya tetap normal ya, Ma!

Cara menghadapi gejala bayi tumbuh gigi

Proses alami ini mau tidak mau harus kita lewati. Jadi, yuk segera antisipasi agar bayi tetap nyaman menyambut gigi barunya tumbuh sempurna!

1. Gosok gusi bayi setiap hari

Saat tumbuh gigi, gusi bayi tentu akan terasa gatal dan nyeri. Untuk itu, Mama bisa memijat lembut gusi bayi saat ia mulai rewel menggunakan jari telunjuk.

Pastikan Mama memijat gusi bayi dengan jari yang bersih. Agar lebih aman, Mama bisa menggunakan baby finger toothbrush yang ada di dalam Mama’s Choice Teeting Package.

Tekan secara lembut dan perlahan hingga bayi merasa lebih nyaman.

bayi menggunakan teether

2. Menggosok gusi bayi agar tetap bersih

Baby finger toothbrush juga bisa Mama gunakan untuk menggosok gusi bayi dengan lembut. Mama’s Choice Baby Finger Toothbrush memiliki permukaan silikon bergerigi halus sehingga bisa membantu meredakan gatal dan nyeri pada gusi.

Selain meredakan nyeri saat bayi tumbuh gigi, aktivitas ini juga bisa sekaligus Mama gunakan untuk membersihkan sisa-sisa ASI pada mulut bayi.

3. Berikan bayi mainan yang aman untuk digigit

Saat proses tumbuh gigi, Mama juga wajib menstimulasi bayi agar bisa mengunyah. Secara alami, bayi juga akan berkeinginan untuk mengunyah dan menggigit benda-benda di sekitarnya.

Menggunakan baby teether adalah pilihan yang tepat. Pastikan Mama memilih produk teether yang sudah teruji aman, seperti BPA-free atau Lead-free.

Mama’s Choice Baby Fruit Feeder dan Mama’s Choice Baby Teether merupakan #PilihanAmanMama. Semua bahannya sudah teruji aman, bebas toksin dan tidak akan membahayakan tumbuh kembang bayi.

Pro tips, Mama bisa memasukkan teether ini ke kulkas agar kondisinya dingin. Hal ini bisa meningkatkan kenyamanan pada bayi saat menggunakan teether.

Pada produk Mama’s Choice Baby Fruit Feeder, Mama bisa memasukkan buah-buahan beku untuk sekaligus melatih bayi mengenal rasa. Jadi, saat ia sudah mulai MPASI nanti, ia sudah mengetahui jenis-jenis rasa yang akan ia konsumsi.

Satu paket, untuk semua kebutuhan si kecil saat tumbuh gigi! Nikmati paket lengkap Mama’s Choice Baby Teething Package sekarang juga dengan diskon tambahan 40%. Klik banner sekarang untuk informasi lebih lanjut.

Beli Mama’s Choice 3in1 Baby Teething Package | Rp 89,000 

SHARE THIS POST

Tya

Tya

Gemar menulis dan bercerita. Membagikan kisah, pengalaman dan inspirasi melalui kata-kata. Perempuan yang terlihat melodrama, tapi suka tertawa. Sedang bersiap-siap menanti kehadiran si kecil dalam hidupnya. Agar semakin menyenangkan, berceritalah ia. Di sini.

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Jangan Panik Saat Bayi Rewel Tumbuh Gigi, Lakukan 3...
Learn more
Card image
Pumping ASI? Kenali Risiko dan Manfaatnya, Yuk, Ma!
Learn more
Mama's Choice

Item has been added
to your cart.

Checkout