Search

Menstruasi Saat Menyusui: Siklus & Tips agar ASI Tetap Lancar

Ibu yang sedang menstruasi saat menyusui biasanya mengeluhkan seretnya suplai ASI. Jangan khawatir, Ma. Hal tersebut normal dan bisa diatasi, kok. Yuk, simak tips agar ASI tetap lancar walaupun sedang menstruasi di sini!

Saat menyusui, ada Mama yang tidak mengalami menstruasi sama sekali selama beberapa bulan. Namun ada juga yang tetap datang bulan walaupun siklusnya berbeda dari biasanya. Keduanya normal dan tidak perlu dikhawatirkan.

Ma, prolaktin adalah hormon yang berperan penting atas suplai ASI. Hormon ini juga membuat menstruasi tertunda. Karena itu, biasanya Mama yang sedang rutin menyusui memiliki hormon prolaktin yang tinggi sehingga tidak datang bulan dalam waktu lama.

Sebaliknya, ketika hormon prolaktin menurun, Mama akan kembali datang bulan, walaupun masih menyusui. Ini bisa terjadi karena beberapa hal:

  • Sedang tidak menyusui secara eksklusif.
  • Menyusui dengan menggunakan botol.
  • Bayi mulai tidur sepanjang malam sehingga tidak menyusu di malam hari.
  • Bayi mulai MPASI.
  • Mama mulai menyapih Si Kecil.

Pengaruh Menstruasi Terhadap ASI

menstruasi saat menyusui

Siklus menstruasi saat menyusui biasanya menyebabkan beberapa perubahan dalam tubuh Mama. Misalnya tingkat natrium dan klorida dalam ASI naik sementara laktosa (gula susu) dan kalium turun. Akibatnya, bayi akan merasakan perubahan rasa ASI jadi lebih asin dan kurang manis.

Selain itu, sejak sebelum mulai datang bulan, kadar estrogen dan progresteron dalam tubuh Mama meningkat dan membuat payudara terasa penuh dan lembut. Peningkatan kadar estrogen itu juga mengganggu produksi ASI.

Sebuah studi menunjukkan bahwa kadar kalsium dalam darah turun setelah ovulasi. Ini mengakibatkan puting jadi terasa nyeri dan suplai ASI menurun.

Namun Mama tidak perlu khawatir tentang kualitas ASI. Walaupun ada perubahan rasa dan penurunan suplai, ASI Mama tetap memiliki nutrisi tinggi yang sangat dibutuhkan Si Kecil.

Baca juga: Ciri Pendarahan Implantasi & Perbedaannya dengan Darah Haid

Tips ASI Lancar Saat Menstruasi

  1. Jangan berhenti menyusui. Kalau puting terasa sakit saat menyusui langsung, Mama bisa memompa ASI untuk sementara waktu. Walau hanya keluar sedikit, namun memompa ASI bisa memberikan sinyal ke tubuh untuk terus memproduksi ASI.
  2. Hindari stress karena hanya akan memperburuk suplai ASI. Carilah cara untuk memanjakan diri agar tetap happy. Mama bisa coba minta orang tersayang untuk melakukan pijatan lembut menggunakan massage oil agar pikiran jadi rileks.
  3. Perbaiki pola makan dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak zat besi seperti daging merah dan sayuran hijau. Konsumsi juga makanan untuk memperbanyak ASI seperti almond, oatmeal, dll.
  4. Bantu produksi ASI dengan suplemen ASI booster yang terbuat dari bahan alami dan berkualitas.

Baca juga: 8 Tips Melancarkan ASI yang Sedikit & Seret secara Alami

ASI Booster, Solusi ASI Tetap Lancar

Selain menjalankan pola hidup sehat, yuk perlancar ASI Mama dengan Mama’s Choice Almond Milk Powder. Ini adalah ASI booster alami berbentuk susu almond dengan kandungan lengkap seperti:

  • Almond untuk meningkatkan kualitas dan nutrisi ASI.
  • Fenugreek untuk melancarkan suplai ASI.
  • Daun katuk untuk meningkatkan hormon prolaktin yang bertanggung jawab atas produksi ASI.
  • Ekstrak kurma sebagai antioksidan untuk melembabkan puting lecet.
  • DHA untuk perkembangan otak bayi.
ASI booster alami
Dapatkan Diskon 37% untuk Almond Milk Powder | Rp 69.000 Rp 109.000

Berdasarkan riset, 4 dari 5 Mama merasakan peningkatan produksi ASI setelah konsumsi pertama Mama’s Choice Almond Milk Powder. ASI booster ini dijamin aman karena 100% natural, tanpa bahan pengawet dan pewarna sintetis. Sekarang saatnya Mama yang membuktikan manfaat dari Mama’s Choice Almond Milk Powder, ya!

Itu dia beberapa tips untuk mengatasi ASI yang seret ketika menstruasi saat menyusui. Semoga ASI Mama kembali lancar ya!

Klik banner di bawah ini untuk cek dan belanja produk ASI booster berkualitas dengan harga spesial!

Artikel terkait: 5 Makanan Ini Bisa Bantu Lancarkan ASI, Semuanya Enak!

Sumber:

healthline.com

verywellfamily.com

SHARE THIS POST

Ambar Arum

Senang belajar dan berbagi info tentang ibu, anak, dan keluarga. Sebab harta yang paling berharga adalah keluarga. Setuju kan? Semoga bermanfaat ya!

COMMENTS

0 Comments
Leave a comment

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Gigi & Cara Mengatasi Agar...
Learn more
Card image
Tips Lengkap Pumping ASI: Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more

Your Cart (0)

Close

Belanja Rp90,000 lagi untuk dapat free ongkir!

Mini Cart

Your cart is empty.

Shop now