Jenis-Jenis Bra Menyusui & Tips Memilih yang Tepat

Pilih bra menyusui yang mana, ya? Wajar Mama bingung. Ternyata, ada bermacam-macam jenis nursing bra. Dan perbedaannya tak hanya dari jenis bukaannya, tapi bahkan dari bahan dan fungsinya. Nah, untuk Mama yang bingung bagaimana memilih jenis bra menyusui yang bagus, yuk baca selengkapnya!

Memang benar bahwa setiap Mama memiliki aktivitas dan kebutuhan yang berbeda-beda. Mama Ardina mungkin ingin membeli cukup 1 bra menyusui yang bisa digunakan untuk tidur, bersantai, dan sekaligus keluar rumah. Tapi Mama Lily justru merasa perlu memiliki beberapa model, sesuai fungsinya masing-masing.

Baca juga: Risiko dan Manfaat Memompa ASI

Keduanya sah-sah saja, kok, Ma. Tapi sebelum memilih, sebaiknya Mama tahu berbagai jenis-jenisnya agar tak salah beli. Apa saja, ya? 

Jenis Bra Menyusui Berdasarkan Jenis Cup

1. Seamless

Bra ini menggunakan bahan yang melar dan lembut sehingga bisa menyesuaikan dengan tubuh Mama yang terus berubah. Bra seamless bisa digunakan seharian, bahkan saat tidur di minggu-minggu pertama pasca melahirkan. Cocok untuk masa transisi ketika Mama mengalami pertumbuhan payudara yang cepat.

jenis bra sesuai cup

2. Contour

Seperti namanya, bra ini memiliki kontur yang sesuai dengan lekuk tubuh Mama. Cup-nya tebal karena memiliki busa. Karena cenderung kaku dibanding jenis bra menyusui lain, bra contour disarankan digunakan oleh Mama 3-4 bulan setelah persalinan, terutama jika membutuhkan support payudara lebih baik saat keluar rumah.

Namun, bra contour kurang ideal untuk Mama yang tidak ingin payudaranya terlihat besar. Selain itu, bra dengan busa yang kaku biasanya sulit membuka dengan sempurna saat ingin menyusui. Bra ini lebih cocok untuk acara-acara tertentu, misalnya pesta atau makan malam.

Jenis Bra Menyusui Berdasarkan Ada atau Tidaknya Kawat

1. Berkawat

Bra kawat ada yang kaku, ada juga yang fleksibel. Bra jenis ini memang menopang payudara dengan lebih kuat sehingga bisa mencegah payudara kendur. Namun, Mama harus memastikan kawatnya berada di bawah jaringan payudara, bukan di payudaranya. Sebab, hal ini akan menimbulkan ketidaknyamanan dan bahkan tekanan di jaringan payudara yang bisa menyebabkan mastitis.

jenis nursing bra sesuai kawat

2. Nonkawat (Soft Cup)

Bra nonkawat yang tepat bisa menyangga payudara dengan baik meski tanpa kawat. Bra jenis ini terasa lebih nyaman dipakai dibanding bra nonkawat. Pilihlah bra dengan cup yang berstruktur sehingga payudara terpisah dan bentuknya tampak lebih indah.

Jenis Bra Menyusui Berdasarkan Bukaan Cupnya

jenis jenis nursing bra

Bra menyusui memudahkan Mama untuk mengeluarkan payudara dengan satu tangan untuk menyusui. Jenis bukaannya bisa bermacam-macam:

  • Berada dekat tali bahu dan bukaan ke bawah
  • Antara dua cup sehingga bukaan ke samping
  • Tanpa bukaan karena cup bisa melar dan ditarik ke bawah saat akan menyusui.

Jenis Bra Menyusui Berdasarkan Kegunaannya

1. Tidur

Bra tidur memiliki lingkar dada yang lebih lembut dan elastis, tali yang tidak terlalu kencang, serta desain menyilang yang memudahkan Mama mengeluarkan payudara saat menyusui pada malam hari. Bra ini cocok untuk masa-masa awal pascapersalinan karena menjaga breast pad tetap pada tempatnya sehingga ASI tidak merembes ke seprai. Pilih juga bahan yang memungkinkan kulit untuk bernapas dan terasa adem. 

2. Olahraga

Mama yang rutin berolahraga perlu berinvestasi di bra olahraga yang tepat. Payudara yang berisi ASI jauh lebih berat dari biasanya, sehingga membutuhkan penyangga yang baik agar tidak merusak ligamen. Bra olahraga biasanya tak berkawat serta terbuat dari spandex dan nilon.

Jika olahraga yang sering Mama lakukan cenderung low impact seperti yoga atau pilates, Mama bisa memilih bra olahraga seamless karena memungkinkan Mama untuk meregangkan tubuh tapi tetap menyangga payudara dengan baik.

Namun, jangan gunakan bra seamless untuk olahraga high impact seperti aerobik atau body pump. Pakailah bra yang memberi support level tinggi. 

3. Bra Pompa ASI

Disebut juga hands-free pumping bra, bra jenis ini memiliki dua lubang seukuran moncong pompa ASI, sehingga biasanya tidak digunakan untuk menyusui langsung. Fungsinya untuk menahan breast pump saat digunakan, sehingga kedua tangan Mama bisa melakukan hal lain. Cocok untuk Mama yang bekerja atau exclusive pumping.

Nah, untuk Mama yang sedang mencari bra yang nyaman untuk beraktivitas sekaligus pumping di kantor atau di luar rumah, Mama’s Choice punya Seamless Hands Free Pumping Bra, pilihan yang sempurna untuk Mama!

Bisa untuk Menyusui Langsung maupun Pompa

Mama’s Choice Seamless Hands Free Pumping Bra adalah solusi pumping praktis untuk Mama yang super sibuk. Dengan bahan yang lembut dan nyaman, pengatur strap untuk menghindari rasa nyeri pada pundak, serta tambahan pengait agar tidak sesak, bra menyusui dari Mama’s Choice ini bisa menjadi andalan Mama menyeimbangkan kehidupan ibu baru yang bekerja. Psst.. bra ini cocok dengan semua jenis pompa ASI, dan bisa juga untuk menyusui secara langsung!

bra menyusui Mama's Choice

Tertarik? Mama bisa membeli bra menyusui berkualitas kami via Shopee.

Demikian informasi mengenai jenis-jenis bra menyusui, semoga bermanfaat untuk Mama. Dan jangan sampai salah pilih, karena payudara adalah aset utama Mama untuk mengASIhi Si Kecil!

 

 

Sumber:

Consumerreports.org

Cakematernity.com

Kindredbravely.com

SHARE THIS POST

Avatar

Maureen

Menjadi orang tua milenial bagaikan dua sisi mata uang: menyenangkan sekaligus penuh tantangan. I mean, juggling between the career and family is never easy, right? Tapi, kata menyerah tidak ada dalam kamus kita! Mari bersama terus belajar memberi yang terbaik untuk keluarga & buah hati ❤

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Jangan Panik Saat Bayi Rewel Tumbuh Gigi, Lakukan 3...
Learn more
Card image
Harus Pumping ASI? Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more
Mama's Choice

Item has been added
to your cart.

Checkout