Search

Sampo yang Aman untuk Ibu Hamil, Harus Bebas Bahan ini

Mama's Summary

6 bahan berbahaya dalam sampo untuk ibu hamil ini wajib Mama hindari. Demi kesehatan Mama sendiri, dan tumbuh kembang janin dalam kandungan Mama.

Sampo, adalah salah satu perawatan tubuh yang perlu diperhatikan oleh Mama yang sedang mengandung. Karena sampo berkontak langsung dengan kulit kepala, serta berpotensi meresap ke dalam pori-pori, maka harus yang aman untuk ibu hamil.

Yuk luangkan beberapa menit untuk membaca informasi ini demi keamanan Mama dan buah hati!

Kenapa wajib menghindari sejumlah bahan kimia selama hamil & menyusui?

Jika Mama terpapar sejumlah bahan kimia untuk waktu yang lama, kemungkinan anak akan berisiko lebih tinggi mengalami kelainan bawaan atau masalah kesehatan di masa depan. –www.pregnancybirthbaby.org.au

Oleh karena itu, ibu hamil perlu sangat waspada terhadap zat-zat kimia dalam produk perawatan dan rumah tangga. Karena bahan kimia yang terhirup, terserap di kulit, dan termakan saat hamil dapat masuk ke aliran darah lalu diserap oleh bayi Mama melalui plasenta.

Bayi Mama juga dapat terpapar bahan kimia setelah dilahirkan melalui ASI atau melalui jari-jari mereka ke mulut. Misalnya ketika tangan Si Kecil menggapai rambut Mama dan memasukannya ke mulut, tapi ada residu dari bahan kimia yang tertinggal dari sampo yang Mama pakai.

Dampak zat kimia untuk kesehatan kulit kepala

Selain untuk kesehatan bayi, beberapa Mama menemukan kulit mereka menjadi lebih sensitif dan mudah ruam ketika hamil. Bila Mama terus menggunakan produk perawatan berbahan kimia seperti biasanya, mungkin Mama akan semakin mengalami gatal-gatal dan iritasi.

Dermatitis Kontak adalah kondisi kulit yang mengalami ruam karena zat kimia tertentu, salah satunya pada produk yang mengandung sabun, bisa sabun mandi ataupun sampo. – American Academy of Dermatology

Sampo yang aman untuk ibu hamil harus bebas dari bahan kimia ini

sampo yang aman untuk ibu hamil

Setelah mengetahui efek yang mungkin ditimbulkannya, semoga Mama lebih cermat memilih sampo yang aman untuk ibu hamil. Perhatikan beberapa kandungan ini, jangan sampai ada di dalam sampo yang Mama pakai sehari-hari!

1. SLS/Sulfat

Kami mengerti bahwa Mama terbiasa dengan sampo dan sabun yang berbusa. Tapi tahukah Mama? Bahwa zat penghasil busa alias SLS (Sodium Lauryl Sulfate) adalah salah satu kandungan yang perlu dihindari pada sampo untuk ibu hamil. Pada sebuah penelitian kepada hewan, bahan kimia ini dikaitkan dengan cacat lahir. 

2. Alkohol

Kandungan alkohol memang harus dihindari dari semua jenis perawatan untuk ibu hamil dan menyusui, termasuk sampo. Mengutip dari parenting.firstcry.com, kandungan alkohol pada sampo dapat menyebabkan rambut semakin kering dan rapuh. Pada Mama yang memiliki jenis rambut kering, akan memperburuk kondisi kulit kepala, biasanya akan terasa perih dan gatal-gatal. 

Untuk tahu jenis-jenis alkohol yang aman dan tidak, baca di sini.

3. Paraben

Bahan paraben biasa digunakan pada produk kosmetik seperti skincare dan juga sampo sebagai bahan pengawet. Jenis paraben banyak macamnya, Ma. Paling umum diantaranya ethylparaben, methylparaben, propylparaben, isopropylparaben, butylparaben, dan isobutyl paraben. Senyawa paraben ini ditemukan pada tumor, alias dapat memicu kanker dan merusak DNA.

4. Pewarna

Kandungan yang bernama colourant yaitu zat aditif pewarna sebaiknya dihindari pada shampo untuk ibu hamil. Meski zat pewarna yang terserap melalui kulit kepala masih tergolong kecil, namun karena respon hormon setiap ibu hamil berbeda, ada baiknya menghindari bahan kimia ini juga ya, Ma.

5. Sodium Chloride

Sodium chloride adalah bahan pengental sampo dan conditioner. Kandungan sodium chloride dikategorikan sebagai bahan yang berbahaya pada sampo. Tapi pada kondisi kulit kepala yang sensitif dapat menyebabkan kering, gatal, dan bisa memicu kerontokan. Itu mengapa sebaiknya shampo untuk ibu hamil tidak mengandung sodium chloride.

6. Bahan Kimia ADBAC & DDAC

Nama zat kimia seperti ini memang belum familiar. Tapi kandungan ini banyak terdapat pada sampo dan sebaiknya dihindari untuk ibu hamil. Bahan kimia yang bernama Alkyl Dimethyl Benzyl Ammonium Chloride (ADBAC) dan Didecyl Dimethyl Ammonium Chloride (DDAC) dalam sebuah penelitian dapat menyebabkan gangguan pada fertilitas, cacat pada kelahiran, dan juga peradangan pada paru-paru.

Baca juga: Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Bahan-Bahan Alami

Adakah merk sampo yang aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Beralih ke perawatan rambut yang sudah teruji klinis aman untuk ibu hamil dan menyusui adalah langkah yang sangat bijak untuk menjaga kesehatan Mama dan bayi.

Mama’s Choice Treatment Shampoo hadir dalam inovasi rangkaian perawatan rambut sebagai solusi masalah rambut ibu hamil dan menyusui yang aman.

sampo dan conditioner perawatan rambut yang aman untuk ibu hamil

Mama’s Choice Treatment Shampoo merupakan hair care lokal pertama di Indonesia yang aman untuk ibu hamil dan menyusui! Dengan keunggulan:

  • 100% Bebas toksin bahan kimia berbahaya
  • Mengandung ekstrak kiwi untuk merangsang pertumbuhan rambut.
  • Candlenut atau biji kemiri untuk menguatkan akar rambut.
  • Green pea yang dapat mengurangi kerontokan rambut saat hamil.
  • Tersertifikasi Halal

Mama's Choice Treatment Shampoo, sampo yang aman untuk ibu hamil dan menyusui

Baca juga: Penjelasan Ilmiah Penyebab Rambut Rontok Saat Hamil

Mama’s Choice Treatment Shampoo membersihkan, menutrisi, sekaligus menguatkan rambut Mama selama kehamilan dan menyusui. #KurangiWorry seputar masalah rambut deh!

Dengan harga yang bersahabat dan setara dengan kualitas, Mama bisa melengkapi perawatan rambut selama hamil dengan conditionernya untuk mendapatkan hasil maksimal.

Yuk #KurangiWorry selama hamil dan menyusui bersama Mama’s Choice! Dapatkan produk-produk perawatan ibu dan bayi lainnya dengan harga spesial dan hadiah langsung* di sini!

 

SHARE THIS POST

anita

Biasa dipanggil Thatha, senang menulis sejak SMP. Ibu dari satu orang anak laki-laki. Pencinta travelling, kopi, fotografi, dan tanaman hias. "Put your own oxygen mask on first so you have enough air to breathe and energy for yourself before you can assist and give to others.” –NN , adalah prinsip hidupnya menjalani peran sebagai ibu, istri, penulis dan pribadi seutuhnya.

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Gigi & Cara Mengatasi Agar...
Learn more
Card image
Tips Lengkap Pumping ASI: Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more

Your Cart (0)

Close

Belanja min Rp300K dapat Rp55,000 off dan free ongkir

Mini Cart

Your cart is empty.

Shop now