Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Bahan-Bahan Alami

Di era pandemi seperti ini memang banyak hal yang dibatasi ya, Ma. Ingin pergi ke salon untuk perawatan rambut belum bisa. Padahal sudah rindu me time seharian di salon, tapi belum bisa dilakukan, karena masih sangat berisiko. Apalagi untuk Mama yang sedang mengandung dan menyusui. Ya maklum, sudah ada di tahap stres lantaran “akrobat” antara urusan domestik dan kantor. 

Karena intensitas berpikir yang sedang padat, kerontokan rambut saya kian parah. Sudahlah sebelumnya masih rontok karena proses menyusui enam tahun lalu, ditambah banyak pikiran, hmmm, makin, deh. Di antara Mama, ada yang mengalami hal yang sama, kah? Atau yang sekarang sedang hamil juga mengalami kerontokan rambut?

Stres = rambut rontok!

Ternyata, Ma, lagi iseng riset baca-baca artikel, saya menemukan fakta, bahwa stres ini dapat memicu kerontokan pada rambut. Dikutip dari mayoclinic.org seorang psikolog dari Amerika yang bernama Daniel K. Hall-Flavin, M.D, mengatakan bahwa ada beberapa kondisi psikologis yang bisa menyebabkan seseorang mengalami kerontokan.

Salah satunya Alopecia Areata yaitu kondisi psikologis dalam keadaan stres sampai menyerang sistem kekebalan tubuh yang bisa merusak folikel rambut dan menjadi pemicu kerontokan pada rambut. Hal ini bisa terjadi karena munculnya sitokin proinflamasi yang dipicu oleh sitokin yaitu zat protein pemberi sinyal pada sel untuk merespon segala bentuk perubahan termasuk penurunan sistem imun akibat stres ataupun kurangnya vitamin dalam tubuh.

Bisa seputar stres, untuk Mama yang sedang hamil, mungkin jadi kepikiran terus nih, bagaimana ya dengan keselamatan janin dan diri sendiri di era pandemi ini?. Tenang, ya, Ma, yang penting Mama tetap mengikuti protokoler kesehatan dan rutin kontrol ke obgyn. Ingat, Ma, stres itu efeknya bisa kemana-mana. Daya tahan tubuh menurun, dan memicu kerontokan rambut.

5 bahan alami untuk mengatasi rambut rontok

Karena tidak mau ambil risiko dengan mencoba macam-macam perawatan rambut, akhirnya saya mencoba beberapa cara mengatasi rambut rontok dengan bahan-bahan alami yang ada di rumah. Kalau Mama mengalami hal yang serupa dengan saya, bisa mencoba lima cara berikut.

1. Lidah Buaya

Mama punya tanaman lidah buaya di rumah? Lidah buaya bisa jadi salah satu cara mengatasi rambut rontok lho, Ma. Sebuah penelitian membuktikan bahwa enzim yang terkandung di dalam lidah buaya dapat mengurangi kerontokan rambut. Lidah buaya juga dapat mengurangi minyak pada kulit kepala Mama dan juga membantu menyuburkan rambut. Nggak perlu khawatir, menggunakan lidah buaya setiap hari aman kok, Ma.

2. Telur

Rambut rontok memang buat rambut semakin tipis dan rapuh saat diikat. Cara mengatasi rambut rontok bisa dengan sebutir telur saja, Ma. Bahan yang satu ini pasti Mama sering menyetoknya di rumah. Mama wajib tahu, bahwa telur kaya akan selenium, zinc, protein, fosfor, dan sulfur. Semua kandungan tersebut ampuh untuk merangsang pertumbuhan rambut akibat kerontokan. Gunakan telur sebagai masker rambut dan diamkan beberapa saat, kemudian bilas dengan sampo.

3. Kiwi

Sebel karena rontok tidak kunjung hilang? Coba deh Mama konsumsi kiwi secara rutin. Sebuah penelitian di Inggris menyimpulkan bawa buah kiwi mengandung tinggi vitamin C yang dapat membantu sirkulasi darah menuju kulit kepala dan juga sebagai pendukung pembulu darah kecil untuk memberikan asupan nutrisi pada folikel rambut. Selain dikonsumsi secara langsung, memilih shampo dengan kandungan buah kiwi juga menjadi cara mengatasi rambut rontok yang paling mudah.

4. Biji Kemiri

Kalau bahan yang satu ini memang sudah menjadi resep tradisional turun temurun. Yap! Apalagi kalau bukan biji kemiri. Biji kemiri tinggi asam amino dan lemak esensial yang apabila dijadikan minyak kemiri dapat menyerap langsung kedalam pori-pori kepala dan pada setiap helai rambut dapat memberikan efek lembab sehingga mengurangi rambut rontok pada kondisi rambut Mama yang kering dan mudah patah.

Bicara soal khasiat kiwi dan biji kemiri, Mama bisa mendapatkan manfaat baik keduanya dalam produk terbaru dari Mama’s Choice Treatment Shampoo. Hair care yang diformulasikan Aman, Halal dan Natural untuk ibu hamil dan menyusui. 

Dengan hadirnya Mama’s Choice Treatment Shampoo , kami berharap bisa #KurangiWorry Mama seputar masalah rambut rontok. Karena sudah menjadi ibu, tampilan dan kesehatan rambut, layak mendapat perhatian, kan?

Kenapa Mama’s Choice Treatment Shampoo, menjadi #PilihanAmanMama ?:

  1. Teruji klinis mencegah rambut rontok dan meningkatkan kekuatan rambut.
  2. Ekstrak alami Kiwi dan Kemiri, kaya akan nutrisi untuk rambut, teruji klinis merangsang pertumbuhan rambut yang lebih sehat dengan mengaktifkan sel induk pada folikel rambut  (tempat tumbuhnya rambut, berupa lubang kecil yang terdapat di kulit kepala).
  3. Bebas bahan yang berbahaya seperti SLS, Paraben, aman untuk ibu hamil dan perkembangan janin serta ibu yang sedang menyusui.
  4. Mengandung Green Pea, atau lazim disebut Kacang Polong. Bermanfaat mengembalikan kesehatan rambut Mama.

Tak perlu khawatir dengan kemananannya, semua produk kami dipastikan melewati riset dan juga uji klinis di Singapura yang bebas dari toksin berbahaya.

6. Minyak Ikan

Bahan alami lainnya berasal dari penghuni laut. Selama ini mungkin Mama menyangka minyak ikan hanya bagus untuk vitamin anak. Tahu nggak, Ma? Mengutip sebuah fakta dari healthline.com bahwa kandungan lemak omega pada minyak ikan dapat memperbaiki rambut Mama karena membantu meningkatkan kepadatan dan diameter pada rambut yang bisa mengurangi kerontokan.

 –

Penting! Mengatasi rambut rontok selama hamil & menyusui dengan bahan alami

Umumnya sampo yang tidak khusus diformulasikan untuk ibu hamil dan menyusui, mengandung Sodium lauryl sulfate atau yang biasa dikenal dengan SLS adalah senyawa yang berfungsi sebagai foaming agent pada produk-produk tertentu. Karena kemampuannya menghasilkan busa sangat baik, maka produk ini juga bisa berperan sebagai cleansing agent dari molekul busa tersebut.

Dilansir dari situs Cancer Council WA, SLS bersifat iritan atau mudah menyebabkan iritasi. Bahkan, kadar SLS yang berlebihan bisa menyebabkan iritasi bukan hanya pada kulit, melainkan juga pada metabolisme tubuh.

Inilah pentingnya beralih menggunakan sampo yang mempunyai bahan alami, tidak mengandung SLS yang membahayakan untuk ibu hamil dan menyusui, antara lain ialah:

  1. Menyebabkan iritasi pada kulit, seperti mengelupas, kering, memerah, kasar
  2. Dermatitis
  3. Menyebabkan iritasi mata
  4. Merusak organ hati jika terlalu banyak mengendap di dalam tubuh
  5. Dapat menyerap jumlah lemak dan protein yang ada pada tubuh karena SLS bersifat korosif
  6. Potensi terburuk, dalam kadar yang sangat berlebihan serta kondisi yang buruk, bisa menyebabkan cacat janin
  7. Mengganggu sistem endokrin yang dapat merusak pembentukkan hormon.

Itu tadi cara mengatasi rambut rontok dengan bahan-bahan alami yang bisa Mama coba. Jadi, Mama nggak perlu stres lagi ya. Kami ingin selalu membuat Mama nyaman dan #KurangiWorry dengan pilihan produk yang paham akan kebutuhan Mama pada fase kehamilan dan menyusui. Harga yang terjangkau, dengan kualitas yang aman untuk Mama dan buah hati, harapannya Mama’s Choice bisa dirasakan manfaatnya oleh Mama di seluruh Indonesia. Karena setiap Mama berhak mendapatkan yang terbaik.  

SHARE THIS POST

anita

anita

Biasa dipanggil Thatha, senang menulis sejak SMP. Ibu dari satu orang anak laki-laki. Pencinta travelling, kopi, fotografi, dan tanaman hias. "Put your own oxygen mask on first so you have enough air to breathe and energy for yourself before you can assist and give to others.” –NN , adalah prinsip hidupnya menjalani peran sebagai ibu, istri, penulis dan pribadi seutuhnya.

Featured Article
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Jangan Panik Saat Bayi Rewel Tumbuh Gigi, Lakukan 3...
Learn more
Card image
Pumping ASI? Kenali Risiko dan Manfaatnya, Yuk, Ma!
Learn more
Card image
Normalkah Jika Janin Terlalu Aktif Bergerak? Simak...
Learn more
Mama's Choice

Item has been added
to your cart.

Checkout