Jenis Alkohol pada Skin Care yang Aman untuk Kulit

Saat mendengar kata “alkohol”, pendapat apa yang pertama kali muncul dalam benak Mama? Pasti akan langsung berpikir tentang sebuah bahan kimia keras yang bisa merusak kulit dan tubuh, bukan? Alkohol memang terkenal dapat membuat kulit kering, iritasi, bahkan kasar, apalagi jika digunakan setiap hari. Tapi ternyata ada lho, alkohol yang aman untuk kulit. 

Kenali Dulu Fungsi Alkohol

Sebelum membahas jenis-jenis alkohol, ada baiknya Mama mengetahui fungsi alkohol. 

Pada produk skin care, alkohol berfungsi sebagai pelarut, pengemulsi, serta pengawet. Fungsi alkohol sebagai pengemulsi adalah membuat tekstur skin care menjadi lebih ringan. Sementara fungsinya sebagai pengawet adalah untuk meminimalkan pertumbuhan bakteri dalam produk. 

alkohol yang aman untuk kulit

Alkohol pada dasarnya dapat membantu penyerapan skincare pada kulit agar lebih optimal. Namun yang membuatnya berbahaya adalah alkohol membantu penyerapan tersebut dengan menghancurkan pelindung kulit – menghancurkan substansi yang menjaga kesehatan kulit dalam jangka panjang. Kulit jadi tidak mampu lagi menahan air dan bahan pembersih yang masuk ke dalamnya, sehingga semakin mengikis pelindung kulit.

Nah, belakangan ini, banyak pihak mulai menimbang-nimbang apakah nilai guna alkohol sepadan dengan kerusakan kulit jangka panjang yang ditimbulkannya. Oleh karena itu, inovasi dalam produk skin care pun mulai bermunculan, yakni dengan menghadirkan jenis alkohol alami yang aman untuk kulit.

Jenis Alkohol yang Berbahaya dan Aman untuk Kulit

Kini ada 2 jenis alkohol yang beredar di pasaran, yakni yang berbahaya dan yang aman. Supaya tidak salah pilih, penting bagi Mama untuk bisa membedakan jenis-jenis alkohol pada produk skin care.

Berikut ini adalah jenis-jenis alkohol yang berbahaya bagi kulit:

  • SD alcohol (40)
  • Denatured alcohol
  • Isopropyl alcohol
  • Ethanol
  • Methanol
  • Benzyl alcohol
alkohol berbahaya bisa membuat kulit kering
Alkohol berbahaya bisa membuat kulit kering dan sensitif

Kandungan jenis alkohol ini dalam produk skin care adalah kabar buruk bagi kulit, Ma. Sifatnya yang keras dapat menghilangkan kelembapan alami kulit dan mengeringkan kulit sehingga lama-kelamaan akan menjadi semakin sensitif. Bahkan dalam sebuah penelitian di laboratorium, sebagian kecil alkohol jenis ini yang dioleskan ke sel kulit selama dua hari meningkatkan kematian sel sebesar 26%. 

Sedangkan, berikut adalah jenis alkohol yang aman untuk kulit:

  • Cetearyl alcohol
  • Glycol
  • Cetyl alcohol
  • C12-16
  • Stearyl alcohol
  • Myristyl alcohol
  • Lauryl alcohol

Jenis ini merupakan fatty alcohol atau alkohol berlemak, yang 100% aman untuk kulit. Biasanya jenis alkohol ini terbuat dari lemak alami dan minyak kelapa. Meski demikian, alkohol ini sering disalahartikan sebagai alkohol buruk karena miss-informasi. 

Jenis alkohol yang aman untuk kulit biasanya terbuat dari kelapa
Jenis alkohol yang aman untuk kulit biasanya terbuat dari minyak kelapa

Padahal, alkohol berlemak sangat baik sebagai pelembab dan pengental dalam produk perawatan kulit lho, Ma. Mereka bisa melembapkan kulit kering, memperbaiki tekstur, dan membantu bahan-bahan skin care meresap lebih baik ke kulit. Jadi kalau Mama menemukan alkohol jenis ini, jangan ragu untuk memakainya karena aman.

Apakah Perlu Menjauhi Semua Jenis Alkohol?

Jawabannya, tentu tidak. 

Jika Mama menghindari segala jenis alkohol, Mama justru akan kehilangan berbagai manfaat alkohol yang baik untuk kulit, seperti fatty alcohol. Oleh karena itu, sebelum membeli produk skin care – baik untuk Mama, Papa, apalagi Si Kecil – baca komposisi dengan seksama. Hindari yang mengandung alkohol berbahaya dan gunakan produk dengan alkohol baik. 

Tapi kalau Mama sulit mengingat semua nama alkohol jahat dan baik, Mama bisa memilih merek yang memang terpercaya dan telah teruji klinis tidak berbahaya, seperti Mama’s Choice!

Di Mama’s Choice, kami berkomitmen menghadirkan rangkaian produk perawatan tubuh Mama, perawatan bayi, bahkan produk pembersih rumah tangga yang bebas toksin berbahaya seperti alkohol, paraben, SLS/SLES, dan silikon. Semua produk kami telah tersertifikasi Halal, lulus BPOM, dan teruji klinis di Singapura. Jadi Mama tidak perlu khawatir lagi apakah sudah memilih produk yang aman atau belum.

Tak ada kata kompromi untuk keamanan Mama dan keluarga tercinta. Yuk temukan produk #PilihanAmanMama di sini!

 

 

Sumber:

Paulaschoice-eu.com

SHARE THIS POST

Avatar

Maureen

Menjadi orang tua milenial bagaikan dua sisi mata uang: menyenangkan sekaligus penuh tantangan. I mean, juggling between the career and family is never easy, right? Tapi, kata menyerah tidak ada dalam kamus kita! Mari bersama terus belajar memberi yang terbaik untuk keluarga & buah hati ❤

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Jangan Panik Saat Bayi Rewel Tumbuh Gigi, Lakukan 3...
Learn more
Card image
Harus Pumping ASI? Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more
Mama's Choice

Item has been added
to your cart.

Checkout