Search

Kebutuhan Gizi Bayi 6 Sampai 12 Bulan yang Seimbang Melalui MPASI

Memang tidak mudah bagi orang tua baru untuk menentukan makanan yang tepat dalam memenuhi kebutuhan gizi bayi 6-12 bulan. Sehingga Mama perlu mencari referensi MPASI gizi seimbang untuk Si Kecil. Terutama kebutuhan MPASI bayi 6 bulan. Yuk, intip kebutuhan gizi bayi 6 hingga 12 Bulan yang seimbang melalui MPASI di sini!

Setelah 6 bulan, ASI masih menjadi makanan penting dan utama sebagai sumber energi bayi Mama. Namun ASI saja tidak cukup, sehingga Mama perlu memperkenalkan bayi pada makanan padat untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.  

Hal ini terkait dengan pertumbuhan bayi yang cepat sehingga membutuhkan lebih banyak energi dan nutrisi daripada waktu lain dalam hidupnya. Namun dalam pemberian MPASI, Mama tidak boleh sembarangan. Sebab Mama harus memberikan makanan bergizi untuk tumbuh sehat, kuat, dan cerdas, serta menyesuaikan dengan usia Si Kecil.

MPASI Bayi Usia 6-8 Bulan

Menurut UNICEF, saat pemberian MPASI pertama kali hingga mencapai usia 8 bulan, Mama perlu memerhatikan kondisi perut bayi yang kecil juga perlu perlu diimbangi dengan makanan bergizi yang lembut dalam jumlah yang kecil sepanjang hari dengan panduan berikut:

  1. Mama hanya perlu memberikan bayi setengah cangkir makanan lunak yang dihaluskan menggunakan baby food maker 2-3 kali dalam sehari dan ASI. 
  2. Pemberian MPASI dilakukan setelah bayi mengonsumsi ASI atau pada sela waktu menyusui. Seperti pada pagi hari setelah bayi menyusu, siang, dan menjelang malam hari. Lalu pada malam hari, Mama dapat memberikan ASI kembali sebelum bayi tidur.
  3. Bayi tidak dianjurkan untuk diberikan MPASI yang mengandung madu hingga usia 1 tahun.
  4. Mama bisa memberikan camilan sehat seperti buah yang dihaluskan pada jeda waktu makan.
  5. Usahakan takaran atau jumlah makan MPASI dan ASI seimbang setiap harinya.
  6. Panduan MPASI

Kebutuhan Gizi Bayi 6-12 Bulan yang Seimbang Melalui MPASI

Baca juga: Tips Memilih Peralatan Makan Bayi yang Bagus & Aman

MPASI Bayi Usia 9-12 Bulan

Memasuki usia 9 bulan hingga satu tahun, Mama sudah bisa menambahkan takaran MPASI sekitar setengah cangkir 3-4 kali sehari. Selain itu Mama bisa menambahkan camilan sehat di luar jadwal makannya dengan aturan berikut:

  1. MPASI dapat diberikan pada makan pagi, siang, dan menjelang malam hari. Lalu camilan dapat dikonsumsi Si Kecil sore dan malam hari, atau diberikan 3 kali sehari.
  2. Hampir sama pada usia bayi sebelumnya, Mama dapat memberikan ASI pertama kali pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur. 
  3. Menyusui masih perlu dilakukan karena masih memberikan banyak manfaat untuk Si Kecil.
  4. Pemberian makanan terutama finger food perlu diperhatikan potongannya serta cara bayi memakan untuk menghindari tersedak. 
  5. Pastikan kebersihan tangan, mulut, serta peralatan makan Si Kecil ketika mulai melakukan finger food karena kuman dapat menyebar terutama bayi sudah mulai merangkak dan menjelajah.
  6. Pemberian ASI bisa menjadi alternatif tambahan jika bayi merasa lapar. Selain itu Mama bisa mengurangi pemberian ASI secara langsung sebagai upaya awal menyapih dan agar Si Kecil belajar menggunakan botol pada 12 bulan ke atas. 
  7. Panduan MPASI

Kebutuhan Gizi Bayi 6-12 Bulan yang Seimbang Melalui MPASI

Baca juga: Cara Kreatif Mengatasi GTM (Gerakan Tutup Mulut) Pada Anak

Rekomendasi Alat Makan Bayi untuk MPASI Si Kecil

Dalam memberikan MPASI, penting bagi Mama untuk membuat Si Kecil nyaman dan bisa mengeksplorasi makanannya dengan menyenangkan. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan peralatan makan yang aman dan bisa menarik perhatian Si Kecil untuk mengonsumsi MPASI.

Kini Mama tidak perlu bingung, karena telah hadir Mama’s Choice Jolly Feeding Set. Satu set alat makan bayi terbaik yang terdiri dari mangkok, sendok, celemek dan sippy lid.

Alat makan ini memiliki ketahanan suhu dari -40°C hingga 220°C. Tentunya Mama’s Choice Jolly Feeding Set aman digunakan di microwave maupun mesin pencuci piring. Mama juga tidak perlu khawatir karena Mama’s Choice Jolly Feeding Set telah memenuhi standar internasional alat makan bayi dari FDA.

Selain terbuat dari silikon berkualitas food grade,  alat makan ini dirancang dengan 3 pilihan warna yang dapat membuat waktu makan Si Kecil jadi lebih menyenangkan!

Selamat mencoba rekomendasi kebutuhan gizi bayi 6 12 bulan ini ya Ma!

Klik banner di bawah ini untuk cek dan belanja produk perawatan bayi berkualitas dengan harga spesial!

Artikel terkait: 10 Rekomendasi Menu MPASI Pertama Bayi 6 Bulan

Sumber:

unicef.org

gov.mb.ca

SHARE THIS POST

Annisa Nur Fitriani

Seorang perempuan yang menyukai beragam proses belajar, mulai dari mendengar, mengamati, dan menulis. Baginya, semua tempat adalah sekolah, dan semua Mama adalah guru yang berharga.

COMMENTS

0 Comments
Leave a comment

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Gigi & Cara Mengatasi Agar...
Learn more
Card image
Tips Lengkap Pumping ASI: Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more

Your Cart (0)

Close

Belanja min Rp300K dapat Rp55,000 off dan free ongkir

Mini Cart

Your cart is empty.

Shop now