Search

Jumlah Dosis Kafein untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Bagi sebagian orang, mengonsumsi kafein dapat menimbulkan efek menyenangkan dan relaksasi. Efek positif dari kafein inilah yang dicari oleh sebagian besar ibu hamil untuk menyusui dan mengusir rasa lelah. Namun, apakah mengonsumsi kafein aman bagi ibu hamil dan menyusui? Simak dosis kafein untuk ibu hamil dan menyusui yang aman di sini ya, Ma!

Manfaat Mengonsumsi Kafein bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Salah satu manfaat dari kafein adalah dapat meningkatkan energi dan fokus. Seperti dikutip dari healthline.com, sebuah penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat menstimulasi otak dan sistem saraf pusat sehingga dapat membuat seseorang tetap terjaga.

Beberapa minuman yang mengandung kafein juga memiliki antioksidan yang dapat melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Salah satunya adalah teh hijau yang kaya akan kandungan antioksidan dibandingkan dengan jenis teh dan kopi lainnya.

Risiko Mengonsumsi Kafein bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Jumlah Dosis Kafein untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Selain bermanfaat, kafein juga dapat menimbulkan risiko yang membahayakan ibu hamil dan menyusui. Saat sedang hamil, metabolisme Mama untuk mencerna kafein akan jauh lebih lambat. 

Pada kenyataannya, ibu hamil membutuhkan 1,5 – 3,5 kali lebih lama untuk menghilangkan kadar kafein dalam tubuh. Selain itu, kafein juga dapat melintasi plasenta dan memasuki aliran darah bayi yang dapat memengaruhi kesehatan bayi.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi kafein dengan kadar rendah sebesar 50 – 149 mg per hari juga dapat memengaruhi berat badan lahir rendah. Dampak negatif lainnya dapat menimbulkan tekanan darah tinggi, detak jantung lebih cepat, meningkatkan kecemasan, pusing, gelisah, sakit perut, dan diare yang tentunya memberikan rasa tidak nyaman bagi ibu menyusui.

Baca juga: Manfaat Alami Daun Katuk untuk ASI Ibu Menyusui

Jumlah Dosis Kafein untuk Ibu Hamil dan Menyusui yang Disarankan

Jumlah Dosis Kafein untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Kafein tidak selalu memberikan efek buruk kepada ibu hamil dan menyusui. Oleh karena itu, ibu hamil dan menyusui masih diperbolehkan untuk minum kopi. Bagi ibu yang sedang hamil, program hamil, maupun sedang menyusui sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk menentukan dosis kafein yang aman. 

Menurut American Pregnancy Organization, rata-rata dosis kafein yang aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui adalah 200 mg per hari. Dosis ini setara kurang lebih 1 – 2 cangkir kopi atau 2 – 4 cangkir teh seduh.

Buat Mama yang masih bingung kadar kafein dalam makanan atau minuman yang dikonsumsi, berikut kisarannya:

  • 1 cangkir teh: 75 mg
  • Secangkir coklat hangat: 9 mg
  • Secangkir kopi instan: 100 mg
  • 1 gram matcha: 19 – 44 mg

Nah, berdasarkan saran dari American Pregnancy Organization, Mama masih boleh mengonsumsi minuman atau makanan yang mengandung kafein dengan kadar yang dianjurkan. Apalagi kafein dapat memberikan efek menyenangkan dan relaksasi yang dibutuhkan oleh Mama saat sedang mengandung atau menjaga Si Kecil. 

Baca juga: 10 Manfaat Matcha Dan Tips Aman Menikmatinya untuk Ibu Menyusui

Amankah Matcha dan Coklat pada ASI booster Ibu Menyusui?

Jadi, buat Mama yang sedang menyusui Si Kecil, tidak perlu khawatir untuk mengonsumsi ASI Booster Almond Milk Powder dari Mama’s Choice. Rasa coklat dan varian terbarunya, matcha, tetap aman untuk dikonsumsi. Aroma matcha yang terkandung di dalam Mama’s Choice Almond Milk Powder juga tidak menusuk, sehingga tidak membuat mual. 

Rasa matcha yang lezat ini dipilih sesuai dengan minat dari banyak ibu menyusui. Hal ini tentu bisa membuat Mama lebih tenang dan bahagia dalam menyusui, lho! Tidak hanya itu, Mama’s Choice Almond Milk Powder 100% alami, tanpa bahan kimia, pengawet, perasa, maupun pewarna buatan.

ASI booster ini dapat meningkatkan produksi dan kualitas ASI Mama karena mengandung fenugreek, almond, kurma, dan daun katuk. Cara kerjanya adalah dengan meningkatkan hormon prolaktin dan oksitosin. Mama juga mendapat asupan nutrisi dan vitamin yang cukup lho, dari ASI booster alami ini!

Diskon 37% untuk ALmond Milk Powder! | Rp 69.000 Rp 109.000

Sebagai ASI booster pertama dengan kombinasi DHA dan fenugreek, Mama’s Choice Almond Milk Powder bermanfaat untuk Si Kecil karena kandungannya dapat meningkatkan perkembangan otak bayi. Banyak sekali manfaatnya ya, Ma? Jadi, tunggu apa lagi? Sudah banyak ibu menyusui yang merasakan khasiatnya, sekarang giliran Mama, ya!

Itulah ulasan mengenai jumlah dosis kafein untuk ibu hamil dan menyusui yang aman. Semoga tulisan ini bermanfaat ya, Ma!

Klik banner di bawah ini untuk cek dan belanja produk berkualitas dengan harga spesial!

Artikel terkait: Banyak Manfaat untuk Busui, Ini Perbedaan Matcha dengan Green Tea

Sumber:

healthline.com

mayoclinic.org

health.clevelandclinic.org

SHARE THIS POST

Annisa Nur Fitriani

Seorang perempuan yang menyukai beragam proses belajar, mulai dari mendengar, mengamati, dan menulis. Baginya, semua tempat adalah sekolah, dan semua Mama adalah guru yang berharga.

COMMENTS

0 Comments
Leave a comment

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Gigi & Cara Mengatasi Agar...
Learn more
Card image
Tips Lengkap Pumping ASI: Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more

Your Cart (0)

Close

Belanja Rp90,000 lagi untuk dapat free ongkir!

Mini Cart

Your cart is empty.

Shop now