Search

Banyak Manfaat untuk Busui, Ini Perbedaan Matcha dengan Green Tea

Kabar baik bagi Mama penggemar teh hijau yang sedang menyusui. Minum green tea selama menyusui ternyata punya banyak manfaat lho. Begitu pula dengan matcha. Hmm, apa ya perbedaan matcha dan green tea? Yuk simak artikel berikut ini!

Apakah Busui Boleh Mengonsumsi Matcha dan Green Tea?

Kita tentu tahu bahwa apa pun yang Mama makan atau minum akan ditransfer ke bayi melalui ASI. Karena itu Mama disarankan untuk mengindari alkohol, kafein dan obat-obatan tertentu.

Teh memiliki kadar kafein yang jauh lebih sedikit dibanding kopi. Seperti dilansir dari Healthline, 230 ml teh hijau mengandung 24-45 mg kafein. Sementara dalam takaran yang sama, kopi mengandung 95-200 mg.

“Anda dapat minum 1-3 cangkir teh hijau sehari dan tidak memiliki efek berbahaya pada bayi. Disarankan untuk tidak mengonsumsi lebih dari 300 mg kafein sehari jika Anda sedang menyusui.” – Dr. Sherry Ross, Obgyn di Santa Monica, AS.

Menurut American Academy of Pediatrics, ASI biasanya mengandung kurang dari 1% kafein yang dikonsumsi oleh ibu. Jadi selama dikonsumsi dalam batas wajar, menikmati teh hijau ataupun matcha bisa jadi pilihan yang menyenangkan.

Manfaat Matcha dan Green Tea untuk Ibu Menyusui

Banyak Manfaat untuk Busui, Ini Perbedaan Matcha dengan Green Tea

Tidak hanya aman untuk ibu menyusui, green tea dan matcha juga punya banyak manfaat lho.

1. Mengandung antioksidan

Matcha maupun teh hijau dikenal tinggi akan katekin (kelompok zat antioksidan) yang dapat membantu mencegah kanker, penyakit jantung serta diabetes tipe 2. Selain itu, katekin juga dapat menurunkan tekanan darah serta kolesterol.

2. Melindungi fungsi liver

Liver alias hati memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh, yaitu untuk membuang racun dan memproses nutrisi. Penelitian yang dilakukan oleh Journal of Medicinal Food terhadap tikus diabetes menunjukkan bahwa ginjal dan hati mereka membaik setelah diberi matcha selama 16 minggu.

3. Meningkatkan fungsi otak

Studi dari Food Research International memperlihatkan adanya peningkatan signifikan terhadap fungsi kognitif otak pada responden yang menerima matcha. Tentu hal ini baik untuk meningkaykan fungsi otak ibu menyusui.

Kelihatannya manfaat di atas lebih terasa pada Mama. Namun sebenarnya nutrisi yang terkandung pada matcha juga akan sampai ke bayi melalui ASI lho, Ma.

Baca juga: 10 Manfaat Matcha Dan Tips Aman Menikmatinya untuk Ibu Menyusui

Beda Matcha dan Green Tea

Banyak Manfaat untuk Busui, Ini Perbedaan Matcha dengan Green Tea

Walau sama-sama berasal dari tanaman Camellia sinensia, tapi matcha dan green tea punya banyak perbedaan. Beda matcha dengan green tea ada pada proses penanaman, rasa, dan nutrisinya. Selengkapnya, yuk baca ulasan berikut ini.

1. Proses tanam

Mulai dari ditanam sampai dipanen, teh hijau berada di bawah sinar matahari langsung. Sementara matcha tumbuh terlindung dari matahari langsung selama 3 minggu sebelum dipanen. Efeknya, daun teh matcha lebih hijau karena meningkatnya kadar klorofil.

Saat panen, daun teh hijau biasanya dipotong dengan mesin lalu dikirim ke pabrik pengolahan untuk dikukus lalu dikeringkan. Sementara matcha dipanen dengan memilih daun terbaik, membuang urat dan batangnya, lalu digiling sehingga menjadi bubuk.

2. Rasa

Saat diolah jadi minuman, teh hijau punya rasa yang agak pahit. Penampakannya mirip dengan teh seduh lain pada umumnya. Berbeda dengan matcha yang nampak berwarna hijau pekat dan berbusa saat diseduh. Rasanya pun lebih kaya dan lebih manis dibanding teh hijau.

Rasa dan tekstur matcha yang unik membuatnya lebih populer dibandingkan teh hijau untuk diolah jadi bentuk lain seperti es krim, kue atau smoothie.

3. Nutrisi

Kandungan nutrisi matcha lebih tinggi dibanding teh hijau, seperti kafein dan antioksidan. Kenapa begitu? Sebab matcha dikonsumsi dengan mencampur bubuknya dengan air lalu ditelan penuh. Tidak seperti teh hijau yang dikonsumsi dengan merendam daunnya lalu diminum airnya dan daunnya dibuang.

Baca juga: Mitos Minuman Susu Kedelai untuk Ibu Menyusui dengan Bayi Laki-Laki

Matcha Nikmat untuk ASI Booster

Ada kabar baik nih buat Mama yang sedang menyusui dan suka dengan matcha. Kini telah hadir Mama’s Choice Almond Milk Powder untuk ASI Booster dengan varian rasa baru yaitu matcha.

ASI booster yang satu ini punya kandungan lengkap yang bermanfaat untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas ASI Mama. Seperti ekstrak kurma, almond, fenugreek, daun katuk dan DHA. Produk ini 100% natural, vegan friendly serta bebas dari kandungan berbahaya seperti pengawet dan pewarna.

DIskon 46% untuk Almond Milk Powder! | Rp 59.000 Rp 109.000

Berdasarkan hasil home panel test bulan Agustus 2021 yang dilakukan oleh Mama’s Choice, diketahui bahwa 4 dari 5 Mama mengalami penigkatan produksi ASI hingga 50% setelah konsumsi pertama Mama’s Choice Almond Milk Powder lho, Ma. Sekarang giliran Mama yang membuktikan khasiatnya, ya!

Itu dia beda matcha dengan green tea. Jangan lupa cobain Mama’s Choice Almond Milk Powder rasa matcha ya, Ma. Manfaatnya banyak, rasanya pun nikmat. Mama pasti suka!

Klik banner di bawah untuk cek dan belanja produk berkualitas dengan harga spesial!

Artikel terkait: Manfaat Susu Almond untuk Ibu Hamil & Menyusui, Bikin ASI Deras!

Sumber:

healthline.com

healthychildren.org

babygaga.com

pubmed.ncbi.nlm.nih.gov

pubmed.ncbi.nlm.nih.gov

artoftea.com

SHARE THIS POST

Ambar Arum

Senang belajar dan berbagi info tentang ibu, anak, dan keluarga. Sebab harta yang paling berharga adalah keluarga. Setuju kan? Semoga bermanfaat ya!

COMMENTS

0 Comments
Leave a comment

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Gigi & Cara Mengatasi Agar...
Learn more
Card image
Tips Lengkap Pumping ASI: Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more

Your Cart (0)

Close

Belanja min Rp300K dapat Rp55,000 off dan free ongkir

Mini Cart

Your cart is empty.

Shop now