Search

Cara Mengecilkan Perut yang Aman Setelah Melahirkan Caesar & Normal

Rindu dengan bentuk tubuh sebelum melahirkan? Tenang Ma, usaha melangsingkan tubuh setelah melahirkan tidak perlu sampai membuat Mama stres. Faktanya, ada cara alami dan mudah untuk mengecilkan dan mengembalikan perut Mama setelah melahirkan, baik secara caesar maupun normal. Simak tipsnya di sini!

Berapa Lama Bentuk Tubuh akan Kembali Normal Pasca Melahirkan?

Normalnya, butuh waktu sekitar 4-6 minggu bagi rahim untuk menyusut kembali ke ukuran semula. Sedangkan untuk mengembalikan elastisitas kulit, diperlukan waktu lebih lama hingga beberapa bulan.

Melihat banyak selebriti terkenal yang kembali langsing pasca melahirkan dalam waktu singkat memang bisa membuat frustasi dan tidak percaya diri ya, Ma.

Tapi ternyata waktu yang dibutuhkan setiap ibu untuk kembali ke ukuran normal sebelum melahirkan berbeda-beda lho. Selain karena tingkat metabolisme tubuh yang berbeda, hal tersebut juga tergantung dari banyak faktor, seperti:

  • Ukuran tubuh sebelum Mama hamil
  • Kenaikan berat badan selama kehamilan
  • Tingkat aktivitas Mama
  • Kehamilan pertama atau ke-sekian kalinya.

Karena itu jangan membandingkan perjalanan Mama dengan ibu lainnya, karena akan membuat Mama semakin stres. Sebaiknya Mama fokus dengan cara yang bisa dilakukan untuk mengecilkan dan mengembalikan perut setelah melahirkan.

Baca juga: Perawatan Dasar Sesudah Operasi Caesar

Cara Alami Mengecilkan dan Mengembalikan Perut Setelah Melahirkan

Berikut cara mudah dan alami yang bisa Mama lakukan:

1. Menyusui

Kabar baiknya, menyusui membakar ekstra kalori 200 hingga 500 per hari. Kegiatan menyusui terbukti bisa membantu Mama menurunkan berat badan ekstra dari kehamilan.

Bagaimana jika Mama tidak menyusui ASI? Dalam kasus ini, tidak apa-apa jika Mama ingin membatasi asupan kalori. Tapi hati-hati untuk tidak menurunkan lebih dari setengah kilogram per minggu.

2. Memperhatikan pola makan

Para ahli memperingatkan bahwa diet atau program olahraga yang ketat bukanlah cara yang aman untuk mengecilkan dan mengembalikan bentuk perut setelah melahirkan. Terutama kalau Mama mengalami persalinan yang sulit, caesar, dan sedang menyusui.

“Saat menyusui, Mama harus makan setidaknya 1.800-2.000 kalori sehari. Jika makan lebih sedikit, Mama dan bayi akan kekurangan nutrisi serta tidak dapat menghasilkan susu yang berkualitas.” – ahli gizi Elizabeth Somer, RD, penulis Nutrition for a Healthy Pregnancy.

Karena itu, yang bisa Mama lakukan adalah mengatur pola makan yang sehat. Makan lebih sering dengan porsi kecil bisa mempercepat metabolisme tubuh dan mengurangi potensi makan terlalu banyak akibat kelaparan. Selain itu, perhatikan pilihan makanan Mama. Hindari gorengan dan makanan manis, perbanyak konsumsi serat, probiotik, dan protein.

3. Jalan Kaki dan Olahraga

Olahraga tidak hanya membantu Mama mengecilkan dan mengembalikan perut pasca melahirkan saja. Aktivitas ini ternyata bisa membuat Mama merasa lebih baik dan membantu mengatasi post-partum depression. Untuk Mama yang baru saja caesar, konsultasikan dengan dokter jenis olahraga apa saja yang aman.

Nah, bagaimana jika Mama tidak sempat dan kurang suka berolahraga? Tenang Ma, jalan kaki adalah alternatif yang aman dan mudah dilakukan. Mama bisa mengajak bayi jalan-jalan di sore hari sambil melacak jumlah langkah Mama dengan aplikasi kesehatan. Lalu secara bertahap tambah langkah sekitar 10 persen setiap minggunya.

4. Menjaga Hidrasi Tubuh

Tak hanya memperlancar ASI, minum banyak air putih adalah cara alami untuk mengecilkan dan mengembalikan perut Mama setelah melahirkan. Minum air putih secara alami dapat menekan nafsu makan, membantu membakar kalori, dan membersihkan toksin dalam tubuh.

Selain air putih, teh hijau tanpa gula juga merupakan alternatif cairan yang berkhasiat mengecilkan perut Mama. Jika bosan minum air putih, Mama dapat mengonsumsi teh hijau.

5. Gunakan Waist Shaper

Korset, waist trainer, dan waist shaper adalah produk yang akan selalu tren di kalangan ibu-ibu pasca melahirkan. Waist shaper dipercaya mampu mengencangkan kembali otot perut yang meregang, memperbaiki postur tubuh pascamelahirkan, dan mengurangi sakit punggung dengan penyangga. Mama bisa menggunakannya saat berpergian atau sembari beraktivitas.

Meski penggunaannya masih kontroversial, ada beberapa tips yang bisa Mama perhatikan saat memilih dan menggunakan waist shaper agar lebih aman:

  1. Korset/waist shaper dengan kait dapat mengakomodir beberapa ukuran, sehingga bisa tetap muat saat pinggang dan perut Mama mulai mengecil. Kelemahannya, waist shaper dengan kait biasanya lebih kaku sehingga tidak dianjurkan untuk Mama yang melahirkan caesar.
  2. Waist shaper/trainer berbahan seamless lebih aman dan nyaman digunakan untuk Mama yang melahirkan normal maupun caesar.
  3. Mama dapat mulai menggunakan waist shaper 6 minggu pasca melahirkan dengan durasi yang tidak terlalu lama (misalnya untuk pergi makan, pesta, dll). Kemudian setelah 12 minggu pasca melahirkan, Mama dapat menggunakannya untuk 8 jam berturut-turut.

Tapi ingat, penggunaan waist shaper akan lebih efektif jika Mama juga mengatur pola makan yang baik diiringi aktivitas fisik yang cukup.

Pilihan Waist Shaper yang Nyaman dan Aman

Bagi Mama yang mencari waist shaper yang aman dan nyaman digunakan untuk mengecilkan dan mengembalikan perut setelah melahirkan normal ataupun caesar, Mama bisa menggunakan Mama’s Choice Highwaist Shaper Pants.

cara mengecilkan perut setelah melahirkan caesar
Mama’s Choice Highwaist Shaper Pants Harga Spesial Rp 159.000 (Hemat 31%)

Celana ini didesain seamless dengan teknologi yang efektif meratakan, mengencangkan bagian perut dan pinggang, serta mengurangi nyeri pada punggung pascapersalinan. Menggunakan material yang dingin dan tidak membuat Mama sesak maupun pengap. Sangat cocok untuk dipakai sebagai dalaman saat berpergian dan menggunakan pakaian pesta.

“Bahannya lembut di kulit dan rasanya menyatu sama badan” – Mama Rahne

Itu dia cara mengecilkan dan mengembalikan bentuk perut setelah melahirkan caesar maupun normal yang mudah dan aman dilakukan di rumah. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Mama, selamat mencoba!

 

Sumber:

Webmd.com

Thebump.com

Curvesculpting.com

SHARE THIS POST

Avatar

Maureen

Menjadi orang tua milenial bagaikan dua sisi mata uang: menyenangkan sekaligus penuh tantangan. I mean, juggling between the career and family is never easy, right? Tapi, kata menyerah tidak ada dalam kamus kita! Mari bersama terus belajar memberi yang terbaik untuk keluarga & buah hati ❤

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Gigi & Cara Mengatasi Agar...
Learn more
Card image
Tips Lengkap Pumping ASI: Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more

Your Cart (0)

Close

Add Rp90,000 to earn shipping rebates!

Your cart is empty.

Shop now