Search

Cara Mengencangkan Perut Kendur Setelah Melahirkan Caesar

Selamat atas kelahiran buah hatinya ya Ma! Pasca persalinan, tidak sedikit Mama yang mencari cara mengencangkan perut kendur setelah melahirkan caesar. Tak perlu khawatir, sebab ada lho cara mengencangkan perut setelah melahirkan caesar dengan cara mudah. Yuk, simak di sini, Ma!

Penyebab Perut Kendur Pasca Persalinan 

Setelah persalinan, mungkin Mama bertanya-tanya kenapa perut menjadi kendur bahkan cenderung membuncit. Ternyata ini disebabkan kenaikan berat badan serta peregangan otot perut. Kondisi ini terjadi karena jaringan ikat harus meregang untuk memberikan ruang pertumbuhan bagi bayi.

Pada saat yang sama, organ dalam seperti usus besar dan usus kecil akan bergeser untuk memberikan lebih banyak ruang pada bayi. Selain itu, tubuh Mama juga memproduksi hormon yang membuat jaringan ikat menjadi lebih elastis. 

Baca juga: Cara Aman Mengecilkan Perut Bergelambir Setelah Melahirkan

Cara Mengencangkan Perut Kendur Setelah Melahirkan Caesar

Menurut Pamela Promecene, M.D., profesor dan dokter kandungan di McGovern Medical School di UTHealth/UT Physicians di Houston upaya mengecilkan perut dapat dilakukan setelah 3-4 minggu jika persalinan tidak rumit.

Atau Mama perlu melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan untuk memastikan luka bekas jahitan sudah sembuh dan rahim telah kembali ke ukuran normal.

Jika kondisi sudah sesuai dan mendapatkan izin, Mama sudah bisa memulai upaya mengecilkan perut kendur dengan cara berikut ini.

1. Menyusui

Memberikan ASI memberikan kemungkinan Mama menurunkan berat badan lebih cepat daripada yang tidak menyusui. Aktivitas menyusui akan membuat tubuh membakar kalori, karena dibutuhkan banyak energi untuk menghasilkan ASI. 

Rata-rata ibu menyusui akan membakar 250-500 kalori dalam sehari. Jumlah ini bisa lebih tinggi, tergantung pada berat badan Mama dan seberapa sering aktivitas menyusui dilakukan. Menyusui juga memicu kontraksi di tubuh yang membantu mengecilkan rahim dan meningkatkan bonding antara Mama dengan Si Kecil.

2. Mengonsumsi makanan sehat

Cara Mengencangkan Perut Kendur Setelah Melahirkan Caesar

Upaya mengencangkan perut bisa dibantu dengan mengonsumsi makanan sehat. Perlu Mama ingat, mengonsumsi makanan sehat bukan berarti harus diet. Tetapi mengganti makanan tidak sehat seperti junk food dengan sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, hingga biji-bijian.

Mama juga perlu menghindari konsumsi makanan dalam kemasan, hingga makanan yang digoreng. Konsumsi juga makanan yang kaya akan vitamin C serta kaya kolagen untuk membantu proses mengecilkan perut, seperti jeruk, buah beri, ikan salmon, dan telur.

3. Berjalan kaki

Berjalan kaki merupakan salah satu latihan terbaik dan mudah untuk mengencangkan perut pasca operasi caesar. Aktivitas ini efektif membantu tubuh membakar lebih banyak kalori, serta menguatkan otot perut. 

Mama dapat berjalan kaki setiap hari secara rutin dan dilakukan bersama Papa atau bahkan Si Kecil menggunakan stroller.

4. Melakukan olahraga ringan

Cara Mengencangkan Perut Kendur Setelah Melahirkan Caesar

Setelah operasi caesar, beberapa otot inti di perut memerlukan latihan ulang melalui olahraga ringan. Hal ini penting karena Mama perlu memperkuat area perut agar membantu proses pemulihan serta mengurangi risiko cedera.

Ada beberapa pilihan olahraga ringan yang dapat Mama lakukan. Seperti melakukan gerakan the pelvic tilt, hip bridge, plank, the side lift, dan tiny steps. Olahraga ini tidak memerlukan peralatan khusus serta dapat Mama lakukan di mana saja. 

5. Banyak mengonsumsi air putih

Dalam beberapa penelitian, minum air putih dapat membantu membakar kalori. Bahkan pada sebuah studi tahun 2014, dua belas orang yang minum air sebanyak 500 ml mengalami peningkatan pengeluaran energi. Hasilnya mereka membakar 2-3% kalori lebih banyak dalam 90 menit setelah minum air putih. 

Minum air juga membantu tubuh Mama membuang zat-zat yang tidak penting bagi tubuh melalui urin dan feses. Selain itu, air diperlukan untuk membakar lemak melalui proses metabolisme di dalam tubuh. 

6. Menggunakan belly wraps atau korset

Terakhir, Mama dapat menggunakan belly wraps atau korset untuk mengencang perut kendur setelah melahirkan. Sebab keduanya dapat menopang perut dan punggung bagian bawah agar perut menjadi lebih rata. 

Sebagai rekomendasi, Mama dapat menggunakan Mama’s Choice Highwaist Shaper Pants. Produk yang didesain sebagai celana pelangsing ini bekerja seperti korset efektif membantu mengecilkan perut, pinggang, dan pinggul. 

Diskon 31% untuk Highwaist Shaper Pants! | Rp 159.000 Rp 229.000

Mama’s Choice Highwaist Shaper Pants terbuat dari bahan berkualitas lho, Ma! Tidak hanya menyerap keringat, celana pelangsing ini juga tidak pengap saat Mama gunakan. Sehingga nyaman jika Mama pakai sehari-hari sekaligus membantu mengurangi nyeri punggung. 

Yuk, lakukan cara-cara di atas untuk mengencangkan perut kendur pasca melahirkan melalui operasi caesar. Ingat, jangan terlalu dipaksakan ya, Ma. Lakukan perlahan dan rutin untuk mendapatkan hasil maksimal yang aman!

Klik banner di bawah ini untuk cek dan belanja produk berkualitas dengan harga spesial!

Artikel terkait: 8 Manfaat Memakai Korset Setelah Melahirkan, Bagus untuk Kesehatan!

Sumber:

healthline.com

parents.com

medicalnewstoday.com

SHARE THIS POST

Annisa Nur Fitriani

Seorang perempuan yang menyukai beragam proses belajar, mulai dari mendengar, mengamati, dan menulis. Baginya, semua tempat adalah sekolah, dan semua Mama adalah guru yang berharga.

COMMENTS

0 Comments
Leave a comment

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Gigi & Cara Mengatasi Agar...
Learn more
Card image
Tips Lengkap Pumping ASI: Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more

Your Cart (0)

Close

Belanja min Rp300K dapat Rp55,000 off dan free ongkir

Mini Cart

Your cart is empty.

Shop now