Search

Pilihan Vitamin Rambut yang Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Masa hamil dan menyusui memang banyak memberikan perubahan pada tubuh Mama, salah satu yang mungkin kurang disukai adalah rambut rontok. Karena itu, tidak heran jika banyak Mama mencari produk perawatan dan vitamin rambut yang aman untuk ibu hamil dan menyusui demi mencegah kerontokan.

Mau tahu selengkapnya? Yuk baca sampai habis!

Kenapa rambut mudah rontok saat hamil menyusui?

Masalah rambut rontok memang tidak dialami oleh semua ibu hamil. Bahkan ada lho ibu yang rambutnya menjadi tebal dan berkilau selama masa kehamilan. Tapi bagi Mama yang memang memiliki rambut tipis, kerontokan saat hamil tentu bisa membuat kurang percaya diri.

Kondisi ini bisa terjadi sampai Mama menyusui Si Kecil. Penyebab rambut menjadi rontok pada masa kehamilan dan menyusui antara lain.

1. Perubahan hormon

Penyebab rambut rontok yang pertama pada ibu hamil adalah akibat perubahan hormon.  Peningkatan kadar estrogen selama kehamilan bisa memperlambat siklus alami pelepasan folikel rambut. Akibatnya, ibu hamil mengalami kerontokan ringan hingga parah. 

Kerontokan rambut pada ibu hamil juga diperparah oleh hormon progesteron. Peningkatan hormon progesteron selama kehamilan membuat rambut menjadi kering dan mudah patah.

2. Telogen effluvium

Telogen effluvium merupakan kondisi rambut rontok secara mendadak. Perlu Mama tahu, bahwa 90% rambut di kepala sedang mengalami fase pertumbuhan. Sedangkan sisanya 10% memasuki fase istirahat yang akan rontok setiap 2-3 bulan agar digantikan dengan rambut baru.

Pada ibu hamil, perubahan hormon menyebabkan jumlah rambut yang masuk pada fase istirahat meningkat hingga 60%. Inilah yang dimaksud dengan telogen effluvium. Kondisi rambut rontok dapat terjadi pada usia kehamilan 1-6 bulan dan bersifat sementara.

3. Kekurangan zat besi

Kekurangan zat besi dapat terjadi ketika Mama tidak memiliki sel darah merah yang cukup untuk seluruh jaringan tubuh. Terutama pada Mama yang hamil dalam waktu berdekatan dengan kehamilan sebelumnya, serta memiliki kehamilan kembar.

Ibu hamil berisiko tinggi mengalami rambut rontok akibat kekurangan zat besi, karena zat besi yang ada utamanya dipakai untuk meningkatkan volume darah. Jika hal ini terjadi, Mama perlu meningkatkan asupan zat besi, misalnya dengan mengonsumsi daging merah.

4. Gangguan tiroid

Gangguan tiroid seperti hipertiroidisme atau hipotiroidisme pada masa kehamilan dapat menyebabkan kerontokan rambut. Kondisi ini sendiri agak sulit dideteksi pada ibu hamil jika tidak melakukan tes darah.

5. Postpartum hair loss

Postpartum hair loss atau kerontokan rambut pasca melahirkan disebabkan kondisi hormon yang kembali normal setelah bersalin. Proses ini akan membuat hormon estrogen serta progesteron kembali turun pasca melahirkan. 

Kerontokan rambut pasca melahirkan dipengaruhi juga oleh perubahan volume dan sirkulasi darah di dalam tubuh. Periode kerontokan rambut paling parah akan terjadi pada 4 bulan pertama setelah melahirkan.

Baca juga: Cara Menyuburkan Rambut Setelah Melahirkan Secara Alami

Tips Menguatkan Rambut untuk Ibu Hamil Menyusui

vitamin rambut yang aman untuk ibu hamil

Ada beberapa cara aman yang bisa Mama lakukan untuk menjaga vitalitas dan keindahan rambut selama hamil dan menyusui, di antaranya:

  1. Makan makanan bernutrisi, pastikan asupan protein dan zat besi cukup.
  2. Jangan stres.
  3. Hindari mengecat rambut dengan pewarna yang mengandung bahan toksin amonia.
  4. Jauhi bahan kimia berbahaya dalam perawatan rambut harian yang bisa membuat rambut makin kering dan rapuh, seperti sulfat pembuat busa (SLS/SLES), phthalates (parfum), silikon, serta paraben (pengawet).
  5. Gunakan shampo dan conditioner yang natural khusus untuk ibu hamil menyusui.
  6. Lakukan teknik keramas yang benar menggunakan air dingin, karena air panas dapat merusak lapisan rambut. Selain itu, jangan menggosok terlalu keras saat mengeringkan rambut.
  7. Kurangi penataan rambut dengan panas seperti hair drying dan catokan. Jika memang ingin menata rambut, lapisi rambut dengan vitamin atau serum dahulu.
  8. Kuatkan rambut dengan serum atau vitamin rambut yang aman untuk ibu hamil.

Pilihan Vitamin Rambut yang Aman untuk Ibu Hamil

Selain perawatan dengan shampo dan conditioner, Mama bisa memberikan rambut nutrisi ekstra dengan serum dan vitamin sesudah keramas. Meski demikian, tidak semua produk vitamin rambut yang biasa Mama pakai saat lajang aman untuk ibu hamil dan menyusui lho.

Banyak produk serum rambut di pasaran yang mengandung alkohol, paraben, silikon, amonia dan tidak bersifat hipoalergenik. Artinya bahan-bahan tersebut masih dapat memicu efek negatif bagi ibu, janin dan bayi.

Untungnya, kini ada Mama’s Choice Strengthening Hair Serum, vitamin rambut yang 100% aman untuk ibu hamil dan menyusui. Vitamin rambut ini berbahan dasar tumbuhan dan diperkaya dengan Kemiri, Kiwi, dan Green Pea yang bermanfaat menutrisi rambut dan kulit kepala. 

Mama's Choice Strengthening Hair Serum vitamin rambut aman untuk ibu hamil
Mama’s Choice Strengthening Hair Serum Rp 109.000 (Hemat 39%)

Mama's Choice Hair and Body Wash, sampo bayi tidak perih di mata

Dengan formula yang mudah meresap dan tidak membuat lepek, Mama’s Choice Strengthening Hair Serum dapat menyuburkan, menguatkan, serta melindungi rambut dan kulit kepala. Hasilnya, rontok berkurang dan rambut tumbuh lebih lebat!

Yang pastinya, produk Mama’s Choice ini tidak mengandung toksin, halal, serta sudah teruji klinis cocok untuk semua jenis rambut. 

Nah, sudah tahu kan Ma, produk vitamin rambut yang aman untuk merawat rambut ibu hamil? Jangan lupa untuk rajin menggunakan rangkaian hair care Mama’s Choice lainnya untuk mendapatkan rambut sehat bebas rontok. Mama’s Choice akan selalu menemani masa kehamilan dan menyusui Mama dengan berbagai produk aman, halal, dan natural.

Dapatkan semuanya dengan harga spesial di sini!

Artikel terkait: 5 Manfaat Penting Conditioner untuk Kesehatan Rambut

 

Sumber:

Healthline.com

Americanpregnancy.org

Healthline.com

SHARE THIS POST

Avatar

Maureen

Menjadi orang tua milenial bagaikan dua sisi mata uang: menyenangkan sekaligus penuh tantangan. I mean, juggling between the career and family is never easy, right? Tapi, kata menyerah tidak ada dalam kamus kita! Mari bersama terus belajar memberi yang terbaik untuk keluarga & buah hati ❤

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Gigi & Cara Mengatasi Agar...
Learn more
Card image
Tips Lengkap Pumping ASI: Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more

Your Cart (0)

Close

Add Rp90,000 to earn shipping rebates!

Your cart is empty.

Shop now