6 Cara Mengatasi Kurang Tidur Saat Menyusui, Coba Yuk!

Momen menyusui memang sangat membahagiakan, namun di baliknya…. bisa terasa sangat melelahkan. Tak jarang, banyak Mama mengalami kurang tidur saat menyusui. Akibatnya, Mama jadi mudah lelah, sulit berkonsentrasi, bahkan lebih mudah marah. Banyak juga Mama yang jadi kehilangan nafsu makan dan berujung pada berkurangnya produksi ASI.

#GakPapaKokMa, merasakan realitas peristiwa ini. Yang terpenting, Mama tetap pada visi memberikan ASI terbaik untuk si kecil. Bagaimanapun, peran Mama tetap jadi yang terpenting demi tumbuh kembang dan kesehatannya kelak.

Tips mengatur waktu tidur untuk ibu menyusui

tips mengatur waktu tidur saat menyusui

1. Berbaringlah jika lelah

Dilansir dari laman Parents, ahli terapi Postpartum Health International, Lynn Barnes menyarankan ibu menyusui untuk berbaring selama 30 menit ketika sudah mulai lelah. Hal ini dinilai dapat membantu memulihkan tekanan pada tubuh dan pikiran.

Jangan sambil melakukan apapun, pejamkan mata agar tidak pedih dan lelah, atau berbaring di samping bayi sambil memandangi wajah lucunya. Kalaupun tidak tertidur, setidaknya Mama bisa lebih rileks sambil mendengarkan alunan musik yang lembut, mematikan lampu, atau menggunakan aromaterapi lavender yang menenangkan pikiran.

2. Berani mengatakan “tidak” pada hal yang sifatnya tidak darurat

Teman-teman ingin menjenguk si kecil namun Mama masih merasa kelelahan? Keluarga ingin datang ke rumah namun Mama masih ingin me time dan butuh waktu untuk sendirian? Tidak apa-apa kok kalau mau menolak. Daripada… Mama harus mengalami kurang tidur saat menyusui terus-terusan.

Masih banyak hari dan waktu di depan, sekarang saatnya Mama istirahat dengan memanfaatkan sekecil apapun kesempatan. Tolak secara halus dengan memberikan pengganti waktu yang Mama tentukan sendiri. Dengan begitu, Mama bisa mempersiapkan diri sebelum mereka berkunjung.

3. Hindari stres dan overthinking

Kebanyakan Mama mengalami sulit tidur karena terlalu banyak pikiran. “Apakah tumbuh kembang anak saya sudah sesuai dengan usianya?”, “Bagaimana jika saya tidak bisa menjadi ibu yang baik?”, “Apakah semua hal yang selama ini saya lakukan sudah baik dan aman untuk kesehatan saya dan bayi?”, dan lain-lain. Berbagai pertanyaan muncul dan datang, berbagai hal menjadi dipikirkan.

Sebisa mungkin, minimalisir rasa stres dan tertekan Mama dengan mencari informasi akurat seputar parenting, kesehatan ibu dan anak, serta menyusui. Untuk menciptakan kesinambungan yang nyata dalam kehidupan Mama dan keluarga, pilih produk perawatan sehari-hari yang aman untuk kesehatan, tanpa menyebabkan efek samping baik jangka pendek ataupun panjang.

ibu menyusui kurang tidur

4. Batasi konsumsi kopi

Mungkin kopi akan menyemangati Mama untuk mengawali hari, sekaligus untuk mencegah kantuk. Namun, terbiasa meminum kopi akan membuat Mama semakin sulit tertidur meskipun sudah berbaring lama. Lebih baik, ganti kopi dengan susu hangat atau air putih saja ya, Ma. Jangan lupa, di sela-sela menyusui, pastikan Mama selalu mengonsumsi makanan kaya nutrisi agar daya tahan tubuh serta kualitas ASI tetap terjaga.

5. Minta bantuan Papa di malam hari

#GakPapaKokMa bagi tugas dengan Papa, karena mengurus bayi adalah tanggung jawab bersama. Khususnya pada malam hari, Mama bisa minta bantuan Papa untuk menyiapkan dan memberikan ASI yang sudah diperah. Mama tetap tidur, dan kembali mengurus si kecil di pagi hingga sore harinya. Agar koordinasi dengan Papa jelas dan tidak menimbulkan keributan, Mama bisa mendelegasikan tugas Papa secara detail, ya.

Meski terasa melelahkan, tapi Mama perlu menyadari bahwa hal ini tidak akan terjadi selamanya. Umumnya, bayi akan memiliki waktu tidur di malam hari lebih lama, mulai dari usia 3-6 bulan. Setelahnya, semuanya akan berjalan normal, asalkan Mama juga bisa mengatur jadwal tidur bayi sesuai dengan yang dianjurkan.

6. Gunakan aromaterapi lavender

Penelitian menyebutkan, aroma lavender dapat membantu Mama mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Untuk itu, tak ada salahnya Mama mencoba alternatif memijat tubuh menggunakan minyak lavender atau menggunakan aromaterapi dengan aroma lavender.

Bingung harus membeli keduanya? Sekarang, telah hadir Mama’s Choice Relaxing Massage Oil! Minyak pijat alami yang aman untuk ibu hamil dan menyusui ini juga sekaligus bisa difungsikan sebagai aromaterapi baik secara manual ataupun menggunakan diffuser.

Ya, Mama’s Choice menyadari bahwa setiap Mama berhak mendapatkan ketenangan sekaligus kualitas tidur yang nyaman. Melalui produk ini, Mama bisa mendapatkan semuanya hanya dalam satu solusi!

Mama's Choice Relaxing Massage Oil

Mama’s Choice Relaxing Massage Oil (100 ml) | Rp 99,000

Tak cuma itu, aroma lavender yang lembut juga dapat melancarkan peredaran darah di dalam tubuh, lho. Apalagi, jika digunakan untuk pijat oksitosin. Pssst, bisa minta bantuan Papa nih untuk melakukan teknik pemijatan ini! 🙂

Jadi.. Kuncinya adalah menikmatinya, ya, Ma. Percayalah semua ini hanya sementara. Demi kesehatan si kecil kelak, serta masa depan Mama dengannya. Apa yang menjadi #PilihanAmanMama, dapat menjadi awal mula kebahagiaannya.

Klik banner untuk dapatkan promo tambahan hingga 40% dan gratis biaya pengiriman ke seluruh Indonesia.*

Mama's Choice

Baca juga:

SHARE THIS POST

Tya

Tya

Gemar menulis dan bercerita. Membagikan kisah, pengalaman dan inspirasi melalui kata-kata. Perempuan yang terlihat melodrama, tapi suka tertawa. Sedang bersiap-siap menanti kehadiran si kecil dalam hidupnya. Agar semakin menyenangkan, berceritalah ia. Di sini.

Featured Article
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Jangan Panik Saat Bayi Rewel Tumbuh Gigi, Lakukan 3...
Learn more
Card image
Pumping ASI? Kenali Risiko dan Manfaatnya, Yuk, Ma!
Learn more
Card image
Normalkah Jika Janin Terlalu Aktif Bergerak? Simak...
Learn more