Search

6 Cara Mengatasi Kurang Tidur Saat Menyusui, Coba Yuk!

Momen menyusui bisa terasa membahagiakan sekaligus melelahkan. Apalagi di hari-hari pertama menyusui Si Kecil, saat ia masih sering bangun dan minum susu setiap 2 jam sekali, Mama pun jadi kurang tidur. Lalu bagaimana cara mengatasi ibu yang kurang tidur pada saat menyusui agar badan tetap segar? Simak tipsnya di sini!

Tips mengatasi kurang tidur untuk ibu menyusui

Mengalami kurang tidur pada saat menyusui dapat mengakibatkan ibu mudah lelah, tidak enak badan, sulit berkonsentrasi, bahkan lebih sensitif dan emosional. Banyak juga Mama yang kehilangan nafsu makan dan berujung pada berkurangnya produksi ASI.

Agar badan tidak semakin lelah dan jatuh sakit, ibu menyusui yang kurang tidur dapat mengatasi dengan beberapa cara berikut:

mengatasi kurang tidur pada ibu menyusui

1. Berani mengatakan “tidak”

Keluarga mau menjenguk si kecil tapi Mama sedang lelah dan ingin istirahat? Teman mau datang ke rumah tapi Mama masih butuh waktu untuk beradaptasi dengan Si Kecil? Jangan merasa sungkan untuk menolak kunjungan, Ma.

Jelaskan kepada pasangan secara baik-baik bahwa Mama belum memiliki energi untuk menerima kerabat dan tamu. Tolak secara halus dengan memberikan pengganti waktu yang Mama tentukan sendiri. Dengan begitu, Mama bisa mempersiapkan tenaga sebelum mereka berkunjung.

2. Minta bantuan & jangan perfeksionis

Kami mengerti bahwa Mama ingin semuanya teratur, termasuk tidak ingin melihat rumah berantakan. Namun Mama perlu menetapkan batasan bagi fisik Mama yang baru saja melewati perjuangan melahirkan dan sekarang sedang menyusui.

Cobalah sesekali minta bantuan pada Papa dalam melakukan pekerjaan rumah agar Mama dapat beristirahat. Pasti Mama akan merasakan perubahan yang signifikan pada fisik dan tenaga Mama. Agar koordinasi dengan Papa jelas dan tidak menimbulkan keributan, Mama bisa mendelegasikan tugas Papa secara detail, ya.

3. Hindari stres dan overthinking

Kebanyakan Mama mengalami sulit tidur karena terlalu khawatir. Pikiran seperti: “Apakah anak saya cukup minum ASI?”, “Bagaimana jika saya tidak bisa menjadi ibu yang baik?”, “Apakah semua hal yang selama ini saya lakukan sudah benar dan aman untuk saya dan bayi?” kerap datang, dan membuat Mama stres.

Sebisa mungkin, minimalkan rasa stres dan tertekan Mama seputar merawat bayi dengan mencari informasi dari sumber terpercaya tentang kesehatan bayi, parenting, serta menyusui. Untuk mengurangi kekhawatiran, perlu juga memilih produk sehari-hari yang aman dan cocok bagi Mama dan bayi.

4. Batasi konsumsi kopi

Mungkin kopi akan menyemangati Mama untuk mengawali hari, sekaligus untuk mencegah kantuk. Namun, terbiasa meminum kopi akan membuat Mama semakin sulit tertidur meskipun sudah berbaring lama. Lebih baik, ganti kopi dengan susu hangat atau air putih saja ya, Ma.

Jangan lupa, di sela-sela menyusui, pastikan Mama selalu mengonsumsi makanan kaya nutrisi agar daya tahan tubuh serta kualitas ASI tetap terjaga.

5. Tidur saat bayi tidur

Mama yang baru melahirkan memang jarang beristirahat, sekalipun bayi sudah tidur. Ada saja yang perlu dikerjakan bukan? Entah membereskan rumah, melipat baju, makan, atau mandi. Tapi Ma, ada baiknya saran ini diikuti lho demi menjaga kesehatan fisik dan mental.

Dilansir dari laman Parents, ahli terapi Postpartum Health International, Lynn Barnes menyarankan ibu menyusui untuk berbaring selama 30 menit ketika sudah lelah. Hal ini dapat membantu memulihkan tekanan pada tubuh dan pikiran.

Berbaringlah dan jangan memikirkan atau melakukan apapun, lalu pejamkan mata. Kalaupun tidak tertidur, setidaknya Mama bisa rileks sambil mendengarkan alunan musik, mematikan lampu, atau menggunakan aromaterapi yang bisa membuat rileks.

Manfaat aromaterapi bagi ibu yang kurang tidur saat menyusui

Penelitian menyebutkan, aroma lavender dapat membantu Mama mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Untuk itu, tak ada salahnya Mama mencoba alternatif memijat tubuh atau menggunakan aromaterapi dengan minyak lavender.

Untuk mendapatkan manfaat dan relaksasi terbaik, Mama bisa beristirahat dengan menggunakan Relaxing Massage Oil dari Mama’s Choice. Minyak yang dibuat aman khusus untuk ibu hamil dan menyusui ini mengandung 100% essential oil: Lavender Oil, Grapefruit Oil, dan Orange Oil yang bermanfaat untuk menenangkan dan meningkatkan mood Mama.

minyak lavender mama's choice

Selain bisa diteteskan ke dalam diffuser sebagai aromaterapi, Relaxing Massage Oil  juga dapat digunakan untuk pijat oksitosin untuk melancarkan ASI. Harganya pun sangat terjangkau dibandingkan dengan ukuran dan kualitasnya.

Mama's Choice Relaxing Massage Oil

Mama’s Choice Relaxing Massage Oil (100 ml) | Rp 99,000

Meski terasa melelahkan, tapi Mama perlu menyadari bahwa hal ini tidak akan terjadi selamanya. Umumnya, bayi akan memiliki waktu tidur di malam hari lebih lama, mulai dari usia 3-6 bulan. Setelahnya, semuanya akan kembali normal.

Jadi.. Kuncinya adalah menikmatinya, ya, Ma. Percayalah semua ini hanya sementara. Demi kesehatan ibu dan bayi, lakukan kelima cara tersebut untuk mengatasi kurang tidur pada saat menyusui. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Mama!

Klik banner untuk dapatkan promo tambahan hingga 40% dan gratis biaya pengiriman ke seluruh Indonesia.*

Mama's Choice

Baca juga:

Tya

Gemar menulis dan bercerita. Membagikan kisah, pengalaman dan inspirasi melalui kata-kata. Perempuan yang terlihat melodrama, tapi suka tertawa. Sedang bersiap-siap menanti kehadiran si kecil dalam hidupnya. Agar semakin menyenangkan, berceritalah ia. Di sini.

Keranjang Anda (0)

Close

Belanja Rp90,000 lagi untuk dapat free ongkir!

Mini Cart

Keranjang belanja Anda kosong.

Shop now