5 Langkah Pijat Oksitosin yang Bisa Bikin ASI Lebih Lancar!

Beneran, nih, cuma dari pijatan saja bisa bikin ASI deras dan bayi jadi bahagia? Jawabannya benar! Coba deh, baca ulasan pijat oksitosin di bawah ini, lengkap dengan tutorialnya juga!

Pijat oksitosin adalah pijat punggung yang ditujukan untuk memperlancar pengeluaran ASI. Pijat ini menekankan pada bagian tulang belakang yang mampu merangsang produksi hormon oksitosin dalam tubuh.

Hormon oksitosin adalah hormon bahagia yang menjadi penentu produksi ASI selain hormon prolaktin. Pemicu hormon oksitosin yang paling besar adalah sentuhan yang nyaman. Itulah sebabnya pijat oksitosin dianggap sebagai salah satu cara melancarkan ASI secara alami.

Pijat oksitosin juga menghentikan produksi hormon kortisol atau hormon penyebab stres, sehingga dapat mencegah beragam masalah kesehatan lainnya.

Pijat oksitosin akan berdampak lebih besar jika dilakukan oleh suami. Ibu menyusui akan merasa didampingi, dicintai, diperhatikan selama proses menyusui.

cara pijat oksitosin

Jadi, percaya, kan jika #SentuhanNyamanUntukMama bisa menjadi sumber kebahagiaan keluarga? Ketika ASI deras, si kecil pun akan lebih bahagia. Mama dan bayi bahagia, Papa yang juga terlibat dalam proses menyusui pun turut bangga!

5 cara memperlancar ASI dengan pijat oksitosin

  1. Mama mengambil posisi duduk menghadap tembok, meja, atau sandaran kursi. Gunakan bantal untuk menopang bagian depan tubuh agar posisi lebih nyaman.
  2. Mulai dari titik pijat bagian leher dan tulang belakang. Pijat dengan ibu jari yang digerakkan secara melingkar hingga turun ke pangkal tulang belakang. Lakukan selama 1 menit. Usap bagian tubuh yang telah dipijat dengan gerakan ke luar secara perlahan.
  3. Lakukan pijatan yang sama di pangkal tulang belakang setara bahu, hingga turun ke tulang belikat.
  4. Pijat punggung dengan ibu jari dengan gerakan memutar sepanjang poros tulang belakang dari atas hingga ke bawah. Setelah itu, ulangi dari arah bawah ke atas.
  5. Gunakan kepalan tangan untuk memijat seluruh punggung dengan tekanan yang lembut. Lakukan hingga ibu merasa rileks. Setelah rileks, usap seluruh bagian punggung dengan sentuhan yang nyaman.

Pijat oksitosin idealnya dilakukan selama 3-5 menit. Jika ibu menyusui belum merasa rileks, durasi waktunya dapat diperpanjang.

Hormon oksitosin berada di dalam hipotalamus yang bertugas mengirimkan sinyal dalam otak. Setelah sinyal terkirim, hormon akan mengalir ke jantung melalu seluruh tubuh.

Saat hormon oksitosin sudah mengalir, efeknya pada fisik dan emosi sangat terasa.

Kebahagiaan, ketertarikan, cinta, kasih sayang, serta kepedulian akan menjadi bagian dari tingkah laku kita khususnya pada orang-orang terdekat, seperti suami dan si buah hati.

Hal yang harus diperhatikan dalam pijat menyusui

  • Disarankan pijat tanpa menggunakan baju sehingga tekanannya akan lebih terasa.
  • Ibu menyusui disarankan tidak dalam kondisi lapar sehingga ASI dapat langsung diproduksi
  • Lakukan pijat oksitosin sebelum menyusui atau memompa ASI.
  • Gunakan minyak pijat untuk membuat pijatan terasa lebih lembut. Pilih formula minyak yang aman untuk ibu hamil dan menyusui.

Mama’s Choice Relaxing Massage Oil adalah pilihan yang aman karena mengandung 100% bahan alami yaitu lavender oil, grapefruit oil dan orange oil, Ketiga essential oil tersebut boleh digunakan selama kehamilan dan menyusui. Aroma lavender juga dapat memberikan ketenangan bagi ibu menyusui dan juga Papa yang sedang memijat.

Mama's Choice Relaxing Massage Oil

Harga Spesial Mama’s Choice Relaxing Massage Oil | Rp. 99,000,- | Diskon 23% dari harga normal Rp. 129,000,-

Hanya 5 menit, gerakan ringan dari Papa bisa berdampak luar biasa untuk masa depan si buah hati. Pilih minyak pijat untuk Mama yang alami dan aman, agar oksitosin lebih mudah didapatkan.

Dapatkan harga spesial Rp. 99,000,- selama periode promo berlangsung! Ada gratis biaya pengiriman ke seluruh Indonesia* jika Mama beli sekarang juga 🙂

Selamat mencoba tutorialnya di rumah, ya, Papa dan Mama! 🙂

pijat oksitosin

SHARE THIS POST

Tya

Tya

Gemar menulis dan bercerita. Membagikan kisah, pengalaman dan inspirasi melalui kata-kata. Perempuan yang terlihat melodrama, tapi suka tertawa. Sedang bersiap-siap menanti kehadiran si kecil dalam hidupnya. Agar semakin menyenangkan, berceritalah ia. Di sini.

Featured Article
Card image
Apa Saja Perlengkapan Bayi Baru Lahir? Begini Cara...
Learn more
Card image
7 Gerakan Yoga Hamil Ini Bisa Melancarkan Persalinan,...
Learn more
Card image
Preeklampsia pada Ibu Hamil, Ini 4 Cara Mengatasinya
Learn more
Card image
Pusing Memilih Diaper Bag yang Bagus? Ikuti 9 Tips...
Learn more