Ternyata, Inilah Arti Label Paraben-Free Pada Kemasan Skincare!

Mama's Summary

  • Produk paraben free jauh lebih aman.
  • Risiko terpapar paraben dapat mengganggu kesehatan tubuh, khususnya hormonal.

Label paraben free banyak jadi perbincangan dan nilai plus suatu produk. Apa sebenarnya arti paraben free?

Paraben adalah zat kimia yang digunakan sebagai pengawet dalam suatu produk. Fungsi paraben adalah untuk mencegah pertumbuhan bakteri atau jamur yang berpotensi muncul dari bahan-bahan aktif di dalam produk. Biasanya, paraben banyak digunakan untuk produk perawatan dan kecantikan seperti krim wajah, pasta gigi, body lotion, sampo, serta kosmetik.

produk aman tanpa paraben

Dilansir dari Web MD, sebuah penelitian menyatakan bahwa bahaya paraben untuk kesehatan memang benar adanya. Salah satu faktor utamanya adalah paraben dapat merusak hormon estrogen pada tubuh manusia. Pada ibu hamil, kerusakan hormon seperti ini dapat menyebabkan cacat lahir, keguguran, hingga terhambatnya pertumbuhan saraf bayi.

Bahaya paraben yang lainnya, bisa Mama baca lebih lanjut di sini.

Untuk itu, Mama yang sedang hamil dan menyusui disarankan memilih produk-produk yang bebas dari paraben atau disebut dengan paraben free.

Apa itu paraben free?

bahaya paraben untuk ibu hamil

Paraben free adalah istilah yang menandakan bahwa suatu produk tidak mengandung paraben dan turunannya sedikitpun. Biasanya, paraben free ditunjukkan dalam bentuk label atau tulisan pada kemasan produk.

Label paraben free ini tentu sangat penting karena menandakan produk tersebut lebih aman, serta mengurangi risiko gangguan kesehatan yang disebabkan oleh paraben seperti gangguan hormon, menurunnya kualitas reproduksi, hingga risiko tumbuhnya sel kanker.

Namun, ada juga lho, beberapa produk yang tidak menggunakan paraben tapi tidak mencantumkan label no paraben atau paraben free di kemasannya. Jadi, Mama wajib lebih hati-hati dan teliti untuk mengenalinya.

Lantas, bagaimana sih cara kita mengenali produk-produk yang paraben free? Simak tips dari Mama’s Choice berikut ini, ya!

Tips menghindari produk dengan paraben

1. Cek komposisi pada kemasan

paraben dalam kosmetik

Ini adalah cara yang termudah. Cek komposisi pada bagian kemasan dan pastikan tidak ada kandungan yang memiliki akhiran -paraben.

Paraben memiliki banyak sekali turunan dan jenis dengan nama yang berbeda-beda. Berikut adalah beberapa jenis senyawa paraben yang patut Mama waspadai:

  • Methylparaben
  • Propylparaben
  • Butylparaben
  • Isopropylparaben
  • Isobutylparaben
  • Phenylparaben
  • Benzylparaben
  • Penthylparaben

2. Produk memiliki masa kadaluarsa yang cepat

Paraben berfungsi sebagai pengawet sehingga produk akan tahan lebih lama hingga bertahun-tahun tanpa terkontaminasi bakteri atau jamur. Tentu saja, produk tanpa paraben akan memiliki masa aktif yang lebih pendek, yaitu jangka waktu 6 bulan, 1 tahun, hingga kurang dari 2 tahun.

paraben sebagai pengawet kosmetik

Lantas, adakah alternatif lain untuk mengawetkan produk selain menggunakan paraben?

Tentu saja ada. Biasanya, ada zat-zat tertentu yang lebih bisa diterima untuk tubuh seperti sodium benzoate, potassium sorbate, dan sodium hydroxymethylglycinate. Selain itu, paraben juga bisa digantikan dengan pengawet alami seperti vitamin E, minyak esensial dari tumbuhan, ataupun asam organik.

3. Cek label “paraben free” atau natural

daftar produk brbas paraben di Indonesia

Mama juga bisa mengecek dengan teliti label paraben-free atau label lain yang menunjukkan bahwa produk tersebut bebas dari zat kimia yang kurang direkomendasikan, khususnya saat kehamilan atau menyusui.

Mama juga disarankan untuk memilih produk dengan bahan-bahan natural, bebas paraben dan bebas bahan kimia yang tidak direkomendasikan untuk ibu hamil dan menyusui, seperti produk-produk Mama’s Choice.

Selain lebih sehat, Mama juga akan lebih aman dalam merawat diri, tanpa harus khawatir terhadap perkembangan janin atau bayi.

Memang sih, penggunaan paraben sejatinya tidak menimbulkan apapun dalam jangka pendek. Akan tetapi, alangkah baiknya jika kita memberikan perhatian lebih pada kesehatan diri kita sendiri serta janin atau bayi yang tumbuh bersama kita kan, Ma. Tentunya, peduli dengan kesehatan masa depan akan jauh lebih baik.

Beli produk Mama’s Choice yang bebas paraben dan bebas zat toksin lainnya demi kesehatan Mama dan si kecil.

Mama’s Choice Stretch Mark Cream (100 ml) | Rp. 129,000,- 

Maka, menggunakan paraben, menghindarinya, atau tidak menggunakannya sama sekali, adalah pilihan. Mama bisa menentukannya sekarang demi kehidupan di masa mendatang.

Mama’s Choice akan selalu hadir untuk Mama, menyediakan produk-produk yang aman, halal, dan natural untuk Mama dan keluarga.

Selamat memilih ya, Mama!

Baca Juga:

SHARE THIS POST

Tya

Tya

Gemar menulis dan bercerita. Membagikan kisah, pengalaman dan inspirasi melalui kata-kata. Perempuan yang terlihat melodrama, tapi suka tertawa. Sedang bersiap-siap menanti kehadiran si kecil dalam hidupnya. Agar semakin menyenangkan, berceritalah ia. Di sini.

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Jangan Panik Saat Bayi Rewel Tumbuh Gigi, Lakukan 3...
Learn more
Card image
Harus Pumping ASI? Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more
Mama's Choice

Item has been added
to your cart.

Checkout