Tips Memakai Sabun Cuci Peralatan Bayi yang Aman

Tahukah mama, bahwa mainan dan peralatan bayi yang kotor bisa menjadi sarang berkembangnya bakteri dan berpotensi menyebabkan infeksi bagi Si Kecil? Imunitas bayi yang lemah membuat mereka lebih rentan terhadap kuman dan virus. Namun selain kuman, mama juga perlu waspada terhadap bahan kimia dalam sabun cuci peralatan bayi, sebab tidak semua cairan pembersih dan sabun aman untuknya. Karena itu, memilih sabun cuci yang tepat adalah langkah pertama untuk membersihkan peralatan bayi mama dengan aman.

 

Produk Sabun Cuci Peralatan Bayi Biasa Bisa Saja Berbahaya

 

Sabun cuci atau cairan pembersih lainnya seperti cairan disinfektan kimia kerap diformulasikan bahan keras untuk mematikan kuman dan virus. Bayangkan jika mama menggunakannya untuk peralatan bayi, apalagi sampai masuk ke dalam tubuhnya – misalnya terhirup atau tertelan – tentu bisa memicu alergi hingga berakibat fatal pada tumbuh kembangnya bukan? 

Untuk itu, pertama-tama mama perlu mengetahui bahan-bahan berbahaya dalam produk pembersih peralatan bayi. Berikut daftar kandungan kimia yang perlu mama hindari dan jauhkan dari Si Kecil.

  1. Alkohol: Berfungsi untuk membunuh kuman. Alkohol berbahan dasar ethanol dapat membahayakan anak dan bayi jika sampai tertelan.
  2. Klorin: Berfungsi sebagai pemutih. Menyebabkan masalah pernapasan dan sensitivitas kulit. iritasi kulit, paru-paru, mata dan mulut.
  3. Phthalates : Zat kimia yang sering dipakai dalam kosmetik untuk membuat kosmetik cepat menyerap. Dalam kadar berlebihan dapat mengganggu hormon dan menyebabkan kanker.
  4. Paraben: Berfungsi sebagai pengawet. Bayi yang terpapar paraben dapat mengalami masalah pertumbuhan selama tahun-tahun pertama kehidupan mereka. 
  5. SLS/SLES: Berfungsi sebagai pembersih. Membahayakan sistem pernapasan, endokrin, reproduksi, pencernaan dan saraf bayi.
  6. Triklosan: Bahan anti bakteri. Bersifat karsinogenik.

Setelah mengetahui bahan-bahan kimia berbahaya yang perlu mama hindari dalam sabun cuci, kini kami akan memberi sedikit tips cara mencuci peralatan bayi dengan benar dan aman. Yuk cek selengkapnya berikut ini!

 

Tips Mencuci Peralatan Bayi dengan Aman menggunakan Sabun

 

1. Memilih Sabun Cuci yang Aman

 

Bayi belum memiliki kemampuan untuk menyaring bahan kimia dan residunya dengan sempurna. Oleh karena itu, sebaiknya mama mengganti segala produk pembersih yang mengandung bahan kimia dan mulai menggunakan sabun cuci berbahan alami yang aman untuk membersihkan rumah dan perlengkapan bayi.

Di Indonesia kini sudah hadir produk sabun cuci yang alami dan aman untuk peralatan bayi dan anak, yakni Mama’s Choice Liquid Cleanser. Pembersih cair serbaguna dari Mama’s Choice ini cocok untuk mencuci peralatan makan, dot, teether, mainan dan perlengkapan bayi lainnya. Mama’s Choice Baby Liquid Cleanser mengandung tea-tree extract sebagai anti bakteri dan anti jamur alami. Namun sekalipun terbuat dari bahan alami, efektivitasnya untuk menghilangkan sisa lemak susu tetap juara! Formula food-grade yang bebas residu berbahaya juga membuatnya cocok untuk mencuci buah dan sayur, lho ma.

Sabun Cuci Peralatan Bayi yang Aman dari Mama's Choice
Mama @swastivita selalu menggunakan Mama’s Choice Liquid Cleanser untuk mencuci botol Buah Hatinya

Mama juga bisa mendapatkannya di sini.

 

2. Gunakan Air Hangat

Setelah menyiapkan Mama’s Choice Liquid Cleanser, saatnya mencuci! Untuk membersihkan peralatan bayi atau mainan anak, gunakan air hangat supaya mama bisa memastikan kuman mati dengan sempurna. Siapkan air hangat dalam sebuah ember, kemudian tuang Mama’s Choice Liquid Cleanser.

Rendam perlengkapan bayi ke dalam larutan tadi selama beberapa saat. Kemudian menggunakan spons atau sikat, gosok pada permukaan yang kotor secara menyeluruh. Lalu bilas dengan air mengalir.

membersihkan perlengkapan bayi dengan benar
Rendam perlengkapan bayi yang hendak dibersihkan dengan air hangat yang telah diberi Mama’s Choice Liquid Cleanser

 

Bagaimana, mudah bukan? Dengan Mama’s Choice Liquid Cleanser, mencuci peralatan makan dan mainan bayi jadi makin mudah. Kami juga memiliki rangkaian produk pembersih rumah dan perlengkapan bayi lainnya yakni Mama’s Choice Baby Detergent dan Mama’s Choice Multi-purpose Cleaner, sehingga mama bisa menciptakan rumah ramah bayi yang bersih dan aman. Tidak perlu khawatir akan kebersihan dan kesehatannya Si Kecil. Apalagi, produk ini sudah tersertifikasi halal. Jadi makin tenang deh.

Cari tahu lebih banyak rangkaian produk pembersih rumah Mama’s Choice yang ramah bayi di sini.

Tunggu apa lagi? Yuk beralih dari produk pembersih kimia ke produk pembersih alami dari Mama’s Choice. Cek toko online kami dan dapatkan promo menariknya sekarang!

SHARE THIS POST

Avatar

Maureen

Menjadi orang tua milenial bagaikan dua sisi mata uang: menyenangkan sekaligus penuh tantangan. I mean, juggling between the career and family is never easy, right? Tapi, kata menyerah tidak ada dalam kamus kita! Mari bersama terus belajar memberi yang terbaik untuk keluarga & buah hati ❤

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Jangan Panik Saat Bayi Rewel Tumbuh Gigi, Lakukan 3...
Learn more
Card image
Harus Pumping ASI? Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more
Mama's Choice

Item has been added
to your cart.

Checkout