3 Langkah Agar Pijat Hamil Aman dan Nyaman, Coba Yuk, Ma!

Pijat hamil, boleh nggak, sih? Beragam pertanyaan masuk ke kotak pesan kami. Pinggang nyeri, punggung sakit, mudah pegal, sakit kepala dan akhirnya jadi tidak nyaman. Semakin tua usia kehamilan, semakin sering terasa.

Banyak ibu meragukan hal ini. Padahal, ada lho pijat yang bisa dilakukan selama kehamilan. Namanya pijat prenatal atau pijat hamil, khususnya saat kehamilan memasuki usia trimester kedua yang semakin rentan nyeri dan pegal akibat bertambahnya bobot janin.

Apa bedanya dengan pijat pada umumnya?

Pijat prenatal adalah pijat yang aman untuk dilakukan pada masa-masa kehamilan. Gerakan pijat pada dasarnya sama seperti pijat biasa, namun tekanannya lebih lembut dan menyesuaikan dengan titik-titik yang diperbolehkan untuk dipijat saat hamil.

bagian tubuh yang boleh dipijat saat hamil

Kapan waktu terbaik untuk pijat hamil?

Waktu terbaik ibu hamil untuk melakukan pijat adalah minimal usia kehamilan 12 minggu dan maksimal 31 minggu.

Hal ini disebabkan karena di atas usia 12 minggu, posisi janin sudah stabil sehingga aman untuk melakukan pijatan-pijatan ringan terutama untuk melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh dan ke janin.

Sementara, jika pijatan dilakukan lewat dari usia 31 minggu atau menjelang persalinan, sebaiknya dilakukan atas petunjuk dokter atau bidan, karena hal ini dapat memicu kontraksi.

3 cara mudah pijat hamil yang bisa dilakukan suami di rumah

Faktanya, pijat hamil yang dilakukan oleh suami dua kali lebih efektif membuat ibu hamil lebih tenang, bahagia, dan sehat.

Langkah pertama, gunakan bantal untuk menyangga perut Mama. Hal ini berlaku untuk posisi apapun. Terdapat dua posisi yang dianjurkan untuk pijat saat hamil, yaitu posisi duduk dan posisi berbaring menyamping.

Pada posisi duduk, Mama disarankan menghadap ke tembok atau sandaran kursi dengan bantal diletakkan pada perut. Sementara untuk posisi berbaring menyamping, bantal digunakan untuk menyangga perut dan diapit di bagian kaki agar posisi tetap nyaman dan aman.

Langkah kedua, lakukan pijatan dengan gerakan yang ringan pada bagian tubuh yang diperbolehkan. Khusus pada bagian perut, tenangkan dengan usapan yang sangat lembut dari arah belakang ke depan sehingga bayi juga dapat merasakan pijatan.

Hal ini disebabkan karena selain #SentuhanNyamanPapa yang begitu berharga, dukungan psikis melalui aktivitas pijat hamil juga sangat terasa. Caranya sangat mudah, kok! Bahkan, cukup butuh waktu 5-10 menit saja. Bayangkan, dari waktu yang sebentar ini, bisa berpengaruh langsung untuk kesehatan Mama dan buah hati Anda kelak.

Langkah ketiga, gunakan minyak pijat agar tingkat kelembutan pijatan bisa lebih dikontrol. Penggunaan minyak pijat bisa membantu Papa lebih mudah mengatur tekanan pijat karena permukaan kulit lebih licin. Pastikan Papa dan Mama memilih minyak pijat yang aman untuk kehamilan, karena faktanya tidak semua essential oil aman digunakan untuk ibu hamil.

Mama's Choice Relaxing Massage Oil

Harga Spesial Mama’s Choice Relaxing Massage Oil | Rp. 99,000,- | Diskon 23% dari harga normal Rp. 129,000,-

Mama’s Choice Relaxing Massage Oil adalah salah satu rekomendasi minyak pijat yang aman untuk ibu hamil. Dengan formula lavender oil sebagai bahan utamanya, yang juga dilengkapi dengan grapefruit oil dan orange oil, produk ini juga memberikan efek relaksasi secara menyeluruh.

Seluruh essential oil yang terkandung dalam produk ini, teruji aman untuk digunakan selama kehamilan dan menyusui. Terlebih lagi, produk ini juga bisa digunakan multifungsi; dapat menjadi minyak pijat Papa, anak-anak, dan juga sebagai aromaterapi. Mama juga bisa menggunakannya untuk pijat oksitosin saat menyusui nanti.

Manfaat pijat saat hamil untuk kesehatan

  • Melancarkan sirkulasi darah. Suplai oksigen dan nutrisi untuk janin akan lebih lancar, serta mengurangi bengkak pada ibu hamil
  • Menstabilkan hormon di dalam tubuh. Berdampak baik pada kesehatan fisik dan psikis ibu hamil, terutama mempersiapkan tubuh lebih baik menjelang hari persalinan
  • Menurunkan tekanan darah. Bagi ibu hamil yang mengalami darah tinggi dan preeklampsia, pijat adalah salah satu hal yang bisa menjadi solusi. Denyut jantung dan tekanan darah akan lebih terjaga sehingga proses persalinan dapat dipersiapkan lebih lancar.
  • Meningkatkan kebahagiaan. Pijat akan membuat tubuh menjadi lebih rileks dan merangsang hormon oksitosin secara alami. Dampaknya, Mama akan merasa lebih tenang, bahagia, dan tidak mudah stres.
  • Mengurangi nyeri otot dan sendi. Terlebih lagi pada bagian tubuh yang rentan kram seperti perut, punggung dan kaki. Pijat saat hamil dinilai sebagai solusi paling efektif untuk meredakan sakit punggung saat hamil.
  • Membuat tidur lebih nyenyak. Pijat akan menurunkan kadar hormon kortisol atau hormon penyebab stres dalam tubuh. Rasa gelisah dan cemas berlebihan saat hamil juga akan berkurang.

Saat pijat prenatal, perhatikan hal-hal berikut ini

  1. Jika pijat hamil ditujukan untuk menangani keluhan tertentu misalnya nyeri otot dan salah urat, disarankan melakukannya dengan terapis ahli yang berpengalaman memijat ibu hamil. Alternatifnya, kunjungi spa atau griya pijat yang memang dikhususkan untuk ibu hamil dan bayi. Jangan lupa, konsultasikan dulu ke dokter kandungan Mama.
  2. Jangan kombinasikan pemijatan dengan perawatan yang memanfaatkan panas seperti berendam air panas, mandi uap, atau sauna. Hal ini dapat membuat tubuh ibu hamil dehidrasi.

Jadi, tunggu apa lagi! Asalkan tata cara benar sesuai dengan yang dianjurkan, Mama bisa mendapatkan tubuh lebih rileks selama kehamilan dengan pijat kok 🙂 Apalagi, kalau sambil quality time bersama Papa di rumah. Rasanya, kehamilan jadi lebih tenang dan bahagia.

Klik di sini untuk dapatkan harga spesial Rp. 99,000,- dan diskon hingga 40% tanpa syarat! Gratis biaya pengiriman ke seluruh Indonesia.*

Sumber: American Pregnancy,  Web MD

SHARE THIS POST

Tya

Tya

Gemar menulis dan bercerita. Membagikan kisah, pengalaman dan inspirasi melalui kata-kata. Perempuan yang terlihat melodrama, tapi suka tertawa. Sedang bersiap-siap menanti kehadiran si kecil dalam hidupnya. Agar semakin menyenangkan, berceritalah ia. Di sini.

Featured Article
Card image
Apa Saja Perlengkapan Bayi Baru Lahir? Begini Cara...
Learn more
Card image
7 Gerakan Yoga Hamil Ini Bisa Melancarkan Persalinan,...
Learn more
Card image
Preeklampsia pada Ibu Hamil, Ini 4 Cara Mengatasinya
Learn more
Card image
Pusing Memilih Diaper Bag yang Bagus? Ikuti 9 Tips...
Learn more