Search

Hand Sanitizer untuk Anak Tak Boleh Mengandung 2 Bahan Ini

Di tengah pandemi Covid-19, penting sekali untuk menjaga kebersihan keluarga termasuk si buah hati. Setelah Mama memastikan si kecil memakai masker, maka siapkan juga ‘alat perang lainnya’ seperti hand sanitizer untuk membersihkan tangan saat tidak bisa menemukan wastafel.

Pilih Hand Sanitizer untuk Anak Jangan Sembarangan

Namun, hati-hati juga saat memilih hand sanitizer ya Ma, karena mungkin tidak semua produk cocok untuk kulitnya. Hand sanitizer yang kebanyakan beredar di pasaran mengandung setidaknya 60% alkohol yang berpotensi mengiritasi kulit anak yang masih sensitif.

Iritasi ini bisa menyebabkan kemerahan pada kulit anak, bahkan tidak jarang kita menemukan kulit tangan jadi mengering dan terkelupas. Nggak mau, kan, ini terjadi pada buah hati kita, Ma?

Hal ini terjadi lantaran hand sanitizer yang diaplikasikan kepada si kecil, bukanlah produk kebersihan yang diperuntukkan bagi anak-anak. Ada 2 bahan berbahaya yang sering dimasukkaan dalam formulasi hand sanitizer, yakni alkohol dan triclosan.

Ada apa dengan bahan-bahan tersebut? Apakah sangat berbahaya untuk si kecil?

Alkohol Menyebabkan Iritasi

Alkohol adalah jenis antiseptik yang terkenal mampu membunuh kuman. Tetapi, alkohol bukanlah bahan pembersih yang baik. Penggunaannya lebih tidak disarankan lagi untuk tangan yang memang kotor. Lebih lanjut dijelaskan:

“bahwa penggunaan produk kebersihan dengan formulasi berbasis alkohol yang terlalu sering sebagai hand sanitizer juga terbukti menyebabkan kulit kering dan iritasi.”

alkohol berbahaya bisa membuat kulit kering
Alkohol berbahaya bisa membuat kulit kering dan sensitif

Menurut Profesor Wega Trisunaryanti, peneliti sekaligus dosen Departemen Kimia Fakultas MIPA UGM dikutip dilansir dari Tirto.id menjelaskan bahwa hand sanitizer memang mudah terbakar karena kandungan utamanya adalah alkohol. Karenanya, ia menyarankan untuk menggunakan sabun dan air untuk membersihkan tangan jika berada di dalam rumah.

Centers for Disease Control and Prevention atau CDC bahkan menemukan fakta bahwa…

“kandungan alkohol pada hand sanitizer untuk anak lebih tidak disarankan karena kecenderungan untuk menelannya secara tidak sengaja. Buktinya, pusat kendali racun di AS menemukan 85.000 kasus yang berhubungan dengan keracunan pembersih tangan di kalangan anak-anak yang terjadi sepanjang tahun 2011-2015.”

Triclosan Bahkan Sudah Dilarang Penggunaannya

Triclosan bertugas sebagai antibakteri dan antijamur yang umum digunakan pada produk kebersihan. Dilansir dari situs web The Guardian, selama beberapa dekade lamanya, salah satu kandungan antibakteri yang diklaim mampu membunuh kuman adalah triclosan.

Meski memiliki kandungan yang efektif membunuh kuman, penggunaan rutin bisa menyebabkan malapetaka bagi Si Kecil. Triclosan disebut-sebut dapat membuat iritasi kulit, mengurangi level hormon tiroid yang penting untuk pertumbuhan anak, dan mengganggu perkembangan janin. 

Di sisi lain, kandungan triclosan dalam produk hand sanitizer membuat tubuh akhirnya melawan antibiotik. Padahal, antibiotik sendiri bertugas untuk membantu melemahkan perkembangan bakteri dalam tubuh.

“Sebuah studi terbaru menemukan bahwa triclosan ternyata dapat merusak sistem endokrin tubuh. Badan Pengawas Obat dan Makanan atau Food and Drug Administration (FDA) di Amerika Serikat bahkan sudah melarang penggunaan kandungan triclosan dalam produk kebersihan pada akhir tahun 2017.”

Memilih Hand Sanitizer yang Aman untuk Anak

FDA di Amerika Serikat pada tahun 2019 kemudian memperbaharui kandungan yang direkomendasikan untuk produk hand sanitizer. Beberapa kandungan yang diperbolehkan dan terbukti efektif membunuh kuman adalah: etil alkohol atau etanol, isopropil alkohol (isopropanol), atau benzalkonium chloride.

Untuk itu, Mama’s Choice menghadirkan Mama’s Choice Moisturizing Hand Gel. Hand sanitizer ini bebas alkohol dan triclosan, dengan anti bakteri benzalkonium chloride sesuai dengan rekomendasi FDA. Efektif membantu mengurangi bakteri dan tidak menyebabkan iritasi.

Beberapa kelebihan lain dari Mama’s Choice Moisturizing Hand Gel adalah:

  1. Tanpa pewangi buatan, wangi alami dari lemon oil
  2. Hypoallergenic dan dermatologically-tested, aman untuk kulit sensitif
  3. Melembutkan kulit dengan kandungan bahan alami seperti aloe vera dan centella asiatica
  4. Bersertifikasi Halal

Mama’s Choice Moisturizing Hand Gel merupakan produk hand sanitizer tanpa alkohol dan pewangi pertama yang dibuat secara khusus aman bagi Mama dan anak. Sebagai produk yang antibakteri tanpa perlu dibilas, produk ini mampu memberikan efek lembut di tangan ditambah tidak lengket di kulit.

Hand Sanitizer untuk Anak - Mama's Choice

Dengan harga terjangkau, rangkaian produk perawatan bayi Mama’s Choice bisa didapatkan di sini dan di e-commerce kesayangan Mama. Yuk klik banner untuk belanja!*

 

SHARE THIS POST

anita

Biasa dipanggil Thatha, senang menulis sejak SMP. Ibu dari satu orang anak laki-laki. Pencinta travelling, kopi, fotografi, dan tanaman hias. "Put your own oxygen mask on first so you have enough air to breathe and energy for yourself before you can assist and give to others.” –NN , adalah prinsip hidupnya menjalani peran sebagai ibu, istri, penulis dan pribadi seutuhnya.

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Gigi & Cara Mengatasi Agar...
Learn more
Card image
Tips Lengkap Pumping ASI: Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more

Your Cart (0)

Close

Belanja min Rp200K dapat diskon Rp25,000 dan free ongkir

Mini Cart

Your cart is empty.

Shop now