17 Manfaat Lidah Buaya untuk Beragam Bagian Tubuh, Sudah Coba?

Lidah buaya atau yang dikenal dengan nama ilmiahnya aloe vera, merupakan jenis tumbuhan yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dan kecantikan tubuh. Manfaat lidah buaya untuk rambut, kulit, hingga kesehatan gigi dan mulut sudah tidak diragukan lagi.

Yuk, kenali 17 manfaat lidah buaya yang merupakan salah satu bahan aman andalan Mama’s Choice berikut ini!

Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit

1. Menyembuhkan rasa gatal

lidah buaya untuk mengurangi gatal

Studi dari Pharmacognosy menyebutkan aloe vera dapat mengobati kondisi sel-sel kulit yang dehidrasi menjadi terhidrasi kembali.

Saat sel kulit dehidrasi, permukaan kulit akan menjadi gatal. Soothing effect dari lidah buaya mampu meredakan rasa gatal tersebut secara optimal.

Ekstrak lidah buaya juga terdapat pada Mama’s Choice Stretch Mark Cream. Dipadukan dalam formula paten dari Mama’s Choice, yaitu lipobelle soyaglicone, produk ini mampu mengurangi gatal gatal saat hamil sekaligus mencegah stretch mark yang umumnya hadir sebelum dan setelah kehamilan.

2. Melembabkan kulit

Salah satu manfaat aloe vera gel yang paling disukai dalam dunia kecantikan adalah sebagai pelembab alami. Penelitian dari Korean Dermatological Association  menyebutkan bahwa gel aloe vera dapat meningkatkan produksi kolagen sebagai sumber elastisitas kulit dalam kurun waktu 90 hari saja. Cepat sekali, ya!

3. Mengatasi iritasi dan ruam kulit

Bagi kulit sensitif, iritasi seringkali tidak bisa dihindari. Sensasi sejuk atau soothing sensation dari lidah buaya bisa meredakan iritasi sehingga tidak berlanjut menjadi radang kulit.

manfaat aloe vera untuk kulit

4. Menyembuhkan luka

Lidah buaya mengandung zat anti-inflamasi yang dapat menyembuhkan luka lebih cepat. Selain itu, lidah buaya juga memiliki anti bakteri sehingga dapat melawan infeksi bekas luka.

Studi dari Department of Plastic Surgery, Nishtar Hospital menyebutkan bahwa aloe vera juga sangat efektif untuk menyembuhkan luka, termasuk luka bakar sekalipun.

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

aloe vera bagus untuk pencernaan

5. Mengatasi sembelit

Aloe vera dapat menyatu dengan zat asam dan enzim dalam tubuh untuk mempercepat pemecahan makanan, sehingga aktivitas buang air besar (BAB) akan menjadi lebih lancar.

6. Melancarkan sistem pencernaan

Aloe vera sangat kaya akan sumber vitamin dan mineral. Salah satunya ialah mineral yang dapat memaksimalkan kinerja saluran pencernaan hingga usus.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

7 asam amino dari 8 asam amino yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh secara mandiri, terkandung di dalam ekstrak lidah buaya, lho. Selain itu, lidah buaya juga bermanfaat meningkatkan penyaluran oksigen dan sel darah merah dari jantung ke seluruh tubuh.

aloe vera untuk kadar gula darah

8. Menurunkan kadar gula darah

Memiliki kadar gula darah tinggi? Konsumsi lidah buaya setiap hari. Aloe vera mampu meredakan hiperglikemia dan propil lipid. Penelitian dari American Diabetes Association, penderita diabetes disarankan mengonsumsi jus aloe vera secara rutin.

9. Menjaga kadar asam tubuh

Tertarik mencoba jus lidah buaya? Bisa juga Mama campur dengan beragam buah atau sayuran lainnya. Selain bisa untuk detoksifikasi atau mengeluarkan racun dalam tubuh, jus lidah buaya juga bisa menyeimbangan kadar asam dalam tubuh.

Manfaat Lidah Buaya untuk Gigi dan Mulut

lidah buaya bermanfaat untuk melembabkan mulut

10. Mencegah mulut kering

Dengan fungsinya yang melembabkan, lidah buaya dapat menyeimbangkan pH mulut sehingga mulut tidak kering dalam jangka waktu panjang.

11. Membersihkan plak pada gigi

pasta gigi mengandung aloe vera

Ekstrak lidah buaya juga terkandung di Mama’s Choice Maternity Toothpaste, yang akan bekerja secara optimal untuk menjaga gigi Mama tetap kuat dan bersih. Penelitian dari Jimma University menyebutkan bahwa lidah buaya efektif membunuh bakteri streptococcus mutans penghasil plak di mulut, serta ragi candida albicans penyebab masalah gigi dan gusi.

Didukung dengan penelitian terbaru tahun 2018, yang membuktikan pasta gigi dengan lidah buaya lebih efektif membersihkan plak dan mencegah radang gusi, daripada pasta gigi yang tidak mengandung lidah buaya di dalamnya. Tak ada lagi alasan untuk tidak memilih Mama’s Choice Toothpaste nih, Ma!

12. Mencegah bibir pecah-pecah

Tak ada salahnya mencoba mengoleskan lidah buaya pada bibir yang kering atau pecah-pecah. Tanaman ini bisa membantu melembabkan bibir dengan perawatan rutin.

13. Mencegah sariawan

Dilansir dari Healthline, ekstrak aloe vera juga bisa membantu mencegah sariawan. Meski harus didukung dengan faktor lainnya, namun merawat gigi dan mulut dengan aloe vera adalah pilihan yang tepat.

Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut

manfaat lidah buaya untuk rambut

14. Menghitamkan rambut

Antioksidan dan vitamin pada lidah buaya mampu membuat warna rambut lebih pekat dan berkilau. Menggunakan aloe vera untuk masker rambut adalah tips alami untuk menghitamkan rambut.

15. Mencegah kerontokkan

Aloe vera juga dapat memperkuat akara rambut, lho. Hal ini disebabkan karena sirkulasi darah dan nutrisi ke folikel rambut berjalan lebih maksimal.

16. Menjaga kulit kepala tetap segar

Tidak ada lagi rasa gatal pada kulit kepala. Sensasi soothing atau sejuk dari ekstra aloe vera mampu membuat kulit kepala terasa segar, dingin dan lembab.

17. Menghilangkan ketombe

Dengan vitamin dan nutrisi yang terpenuhi, kulit kepala akan menjadi lebih lembab sehingga dapat mencegah munculnya ketombe.

Banyaknya khasiat lidah buaya membuat Mama wajib memasukkan bahan ini sebagai andalan. Bermanfaat serta sehat!

Mama’s Choice mengerti, #PilihanAmanMama, ialah awal mula kehidupan. Maka pilihlah yang pasti, untuk kebahagiaan di masa depan nanti. Stay happy, stay healthy, Ma! Klik banner untuk dapatkan harga spesial.

Mama's Choice, produk aman untuk ibu dan bayi tanpa paraben

SHARE THIS POST

Tya

Tya

Gemar menulis dan bercerita. Membagikan kisah, pengalaman dan inspirasi melalui kata-kata. Perempuan yang terlihat melodrama, tapi suka tertawa. Sedang bersiap-siap menanti kehadiran si kecil dalam hidupnya. Agar semakin menyenangkan, berceritalah ia. Di sini.

Featured Article
Card image
9 Manfaat Siwak dalam Pasta Gigi, Ternyata Seefektif...
Learn more
Card image
Perut Kencang Saat Hamil, Pertanda Apa?
Learn more
Card image
Gigi Lebih Sensitif, Kapan Sebaiknya Ibu Hamil Ke...
Learn more
Card image
Agar Bayi Tak Tersedak, Lakukan 6 Posisi Menyusui yang...
Learn more