Punya Stretch Mark? Ini 5 Penyebab dan Cara Mengatasinya

Mama's Summary

  • Stretch mark disebabkan oleh banyak faktor.
  • Mama bisa memudarkan stretch mark dan mencegahnya sedini mungkin.
  • Pastikan Mama menggunakan bahan yang aman untuk merawat kulit Mama.

Penyebab stretch mark ternyata ada berbagai macam, lho, Ma! Berbeda penyebab, berbeda pula cara mengatasinya. Baca artikel ini lebih lanjut agar Mama bisa mencegah munculnya stretch mark seawal mungkin.

1. Genetik

Dilansir dari HuffPost, penelitian dari Journal of Investigative Dermatology menyatakan bahwa genetik merupakan salah satu penyebab stretch mark.

Jika orang tua Mama memiliki stretch mark, tidak menutup kemungkinan Mama juga akan memilikinya. Tapi jangan khawatir, berdasarkan 7 fakta stretch mark yang pernah Mama’s Choice tulis, stretch mark bisa dicegah dan disamarkan, kok!

2. Obesitas dan Diet

Saat berat badan bertambah, volume tubuh juga ikut bertambah. Jika kulit tidak elastis untuk mengikutinya, maka stretch mark tentu akan terjadi. Bagian tubuh yang paling rawan terkena stretch mark antara lain adalah pinggul, paha, dan bagian belakang lutut.

Bahkan jika Mama diet, biasanya stretch mark tidak akan hilang seketika. Tentu, harus melakukan perawatan-perawatan khusus agar stretch mark bisa pudar dari waktu ke waktu. Perawatan dengan Mama’s Choice Stretch Mark Cream adalah salah satu solusinya, selain mengimbangkan diet dengan olahraga yang cukup.

krim penghilang stretch mark terbaik

3. Obat Steroid

Krim steroid atau obat kortikosteroid umumnya diracik khusus untuk menyembuhkan masalah kulit seperti dermatitis dan iritasi. Namun sayangnya, obat ini dapat menekan reaksi imun dan mempersempit pembuluh darah. Dengan begitu, kolagen pada kulit juga akan berkurang dan menyebabkan kulit kehilangan elastisitasnya.

Hindari penggunaan obat steroid secara berlebihan, adalah satu-satunya cara untuk mencegahnya.

4. Pembentukkan Otot

Stretch mark karena peregangan otot

Stretch mark dapat terjadi jika pembentukkan otot berjalan dalam waktu signifikan. Umumnya, stretch mark akibat pembentukkan otot terjadi pada bagian betis, banyak terjadi pada penyuka olahraga sepeda dan juga lari.

Nah, untuk Mama yang rentan terhadap penyebab stretch mark yang satu ini, pastikan Mama mengkonsumsi makanan kaya akan vitamin E untuk kelenturan kulit serta menggunakan stretch mark cream sebagai tindakan pencegahan.

5. Kehamilan dan Melahirkan

stretch mark saat hamil tua

Dilansir dari Medical News Today, lebih dari 50% Mama mengalami stretch mark setelah melahirkan. Hal ini disebabkan oleh perubahan ukuran perut yang membuat kulit menjadi tidak lembab dan elastis.

Umumnya, gurat kulit ini terjadi sejak usia kehamilan trimester kedua. Warnanya pun bermacam-macam, mengikuti warna kulit masing-masing orang. Biasanya gejala stretch marrk muncul ditandai dengan rasa gatal berlebihan pada bagian kulit tersebut.

stretch mark dipengaruhi oleh genetik

Khawatir stretch mark akan muncul dan mengganggu kepercayaan diri Mama? Cegah sedini mungkin dengan Mama’s Choice Stretch Mark Cream.

Dengan inovasi formula terbaru milik Mama’s Choice, yang memadukan lipobelle soyaglycone dan ekstrak aloe vera, Mama’s Choice Stretch Mark Cream dapat mencegah dan memudarkan stretch mark dengan pemakaian berkala.

Selain itu, soothing sensation yang dihasilkan dalam kelembutan formulanya juga dapat mengurangi gatal gatal saat hamil yang seringkali menjadi masalah yang terjadi pada ibu hamil tua.

Tertarik mencoba?

Klik banner untuk dapatkan promonya. Hadir dengan harga spesial Rp. 99,000,- (dari harga normal Rp. 129,000,-).

\

SHARE THIS POST

Tya

Tya

Gemar menulis dan bercerita. Membagikan kisah, pengalaman dan inspirasi melalui kata-kata. Perempuan yang terlihat melodrama, tapi suka tertawa. Sedang bersiap-siap menanti kehadiran si kecil dalam hidupnya. Agar semakin menyenangkan, berceritalah ia. Di sini.

Featured Article
Card image
9 Manfaat Siwak dalam Pasta Gigi, Ternyata Seefektif...
Learn more
Card image
Perut Kencang Saat Hamil, Pertanda Apa?
Learn more
Card image
Gigi Lebih Sensitif, Kapan Sebaiknya Ibu Hamil Ke...
Learn more
Card image
Agar Bayi Tak Tersedak, Lakukan 6 Posisi Menyusui yang...
Learn more