Search

Mineral Oil pada Skincare dan Produk Bayi, Bahaya Tidak?

Apakah Mama suka mengecek kandungan dalam skincare atau produk perawatan bayi Mama? Apakah salah satu bahannya adalah mineral oil? Jika iya, Mama perlu tahu nih bahaya atau efek samping dari penggunaan mineral oil pada skincare Mama dan produk perawatan Si Kecil.

Apa itu mineral oil?

Mineral oil adalah minyak alami yang berasal dari minyak mentah murni yang diekstrak dari dalam bumi dengan warna transparan dan tidak berbau. Mama biasa menemukannya dalam komposisi produk krim, lotion, pembersih, perawatan bibir dan kuku, salep kulit dan mata, serta minyak bayi.

Bahan ini sudah lebih dari 100 tahun dimanfaatkan sebagai bahan kosmetik, skincare hingga produk perawatan bayi karena fungsinya untuk mengunci kelembapan kulit, sebagai emolien, serta pelarut. Jenis mineral oil yang paling banyak digunakan dalam produk kosmetik adalah:

  • Paraffin
  • Paraffinum Liquidum
  • Petrolatum/petrolium

Paraffinum Liquidum dan petrolatum sering ditemukan dalam produk perawatan kulit.

Efek Samping Mineral Oil pada Skincare

bahaya mineral oil dalam skincare dan kosmetik adalah

Sempat beredar informasi yang menyatakan bahwa penggunaan mineral oil bersifat karsinogenik atau dapat memicu kanker kulit. Benarkah faktanya demikian?

Nyatanya, mineral oil yang digunakan pada skincare berbeda dengan yang digunakan pada mesin dan kendaraan. FDA menyatakan bahwa penggunaan jenis cosmetic-grade adalah aman.

Namun, penggunaan mineral oil dalam dunia kosmetik dan skincare saat ini masih tetap diperdebatkan oleh para penggiat kosmetik dan kecantikan.

Pasalnya, kosmetik dengan kandungan ini memiliki kelemahan. Karena sifatnya yang dapat mengunci kelembapan kulit, jika bahan ini digunakan bersama dengan bahan skincare lain, ia berpotensi menyumbat pori-pori kulit. Akibatnya, pengeluaran toksin dan sirkulasi udara pada kulit menjadi terganggu, sehingga berisiko menimbulkan jerawat. 

Bahan ini lebih cocok untuk melembapkan kulit yang sangat kering. Jadi kurang sesuai dengan pemilik kulit berminyak yang tinggal di daerah tropis seperti Indonesia. 

Baca juga: Apakah Mineral Oil Sama dengan Mineral Sunscreen?

Bahaya Mineral Oil pada Produk Bayi

bahaya mineral oil dalam skincare dan kosmetik adalah

Penggunaannya dalan produk bayi juga perlu dipertimbangkan kembali, sebab memiliki efek samping sebagai berikut:

1. Masalah pencernaan

Bayi punya kecenderungan memasukkan apa saja ke dalam mulut, terutama tangan dan kakinya. Hal ini dapat terjadi setelah Mama mengoleskan tangan dan kaki bayi dengan produk yang mengandung mineral oil, misalnya lotion, salep ruam, atau antinyamuk.

Pada tingkatan yang parah, petroleum yang tertelan bisa menyebabkan batuk, diare, sesak napas, sakit perut, atau iritasi pada kerongkongan. 

2. Mengganggu perkembangan kulit

Kulit bayi yang masih lembut juga membutuhkan ruang untuk bernapas dengan normal. Nah, bahan ini dapat menjadi penyumbat sehingga sel kulit tidak bisa bernapas dan menyerap kelembapan dari udara sekitarnya.

3. Penyumbatan pori-pori

Bayi memiliki pori-pori yang lebih kecil daripada orang dewasa. Jika mineral oil dioleskan ke tubuh bayi, akan terbentuk lapisan pada kulit yang menghalangi kotoran keluar, sehingga bisa memicu biang keringat dan jerawat.

Alternatif yang Lebih Aman

Dr. Whitney Bowe, seorang dermatolog asal New York menyatakan, meski tak memiliki bahaya serius, ia sendiri memilih untuk tidak menggunakan produk dengan mineral oil pada dirinya dan putrinya. Alasannya, ia tidak ingin pori-porinya tersumbat akibat penggunaan skincare bersamaan dengan kandungan tersebut. 

Banyak penggiat kecantikan juga karena alasan yang sama mulai mempertimbangkan opsi emolien lain. Dan secara khusus menghindari produk dengan bahan tersebut serta bahan berbahaya lainnya seperti sulfat, paraben, alkohol, dan phthalates. Bagaimana dengan Mama?

Jika Mama ingin beralih ke skincare dan perawatan bayi yang lebih aman, kini di Indonesia sudah hadir produk perawatan yang inovatif dari segi kualitas dan keamanan seperti Mama’s Choice.

Mama’s Choice adalah pilihan aman untuk keluarga modern yang sadar akan pentingnya kesehatan.

Kami selalu mengungkap komposisi produk dengan jujur. Semua rangkaian produk kami teruji klinis Halal, Aman, dan Natural, mulai dari: perawatan ibu hamil & menyusui, perawatan bayi, serta produk pembersih rumah. Kualitas yang ditawarkan pun sebanding dengan harga.

Bagi Mama’s Choice, keamanan ibu hamil, menyusui, bayi, dan keluarga adalah yang utama.

Ingin mencoba produk-produk terfavorit kami? Klik di sini untuk mendapatkan harga spesial dan hadiah gratis* di Official Shopee Store Mama’s Choice!

Artikel terkait: Syarat Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil

 

 

 

 

Sumber:

Mineral Oil

https://parenting.firstcry.com/articles/should-you-use-mineral-oil-for-babies/

https://www.beautybythebatch.com/articles/naturalbabyoils.asp

SHARE THIS POST

Maureen

I am a happy & proud millenial mom! Senang belajar dan berbagi ❤

COMMENTS

0 Comments
Leave a comment

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Gigi & Cara Mengatasi Agar...
Learn more
Card image
Tips Lengkap Pumping ASI: Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more

Your Cart (0)

Close

Belanja Rp90,000 lagi untuk dapat free ongkir!

Mini Cart

Your cart is empty.

Shop now