5 Gejala ‘Mask of Pregnancy’ alias Melasma, Apakah Mama Mengalaminya?

Mama's Summary

  • Melasma atau Mask of Pregnancy seringkali menghantui kesehatan kulit ibu hamil.
  • Melasma juga dipengaruhi oleh perubahan hormon.
  • Melasma bisa dicegah dan dihilangkan dengan perawatan yang tepat.

Melasma adalah kondisi saat permukaan kulit wajah menjadi lebih gelap dan terlihat tidak merata. Melasma disebabkan oleh paparan sinar UVA/UVB secara berlebihan dan menyebabkan kulit menjadi hiperpigmentasi. Umumnya, melasma muncul pada bagian dahi, pipi, bibir atas, dagu, dan sekitar hidung.

Melasma adalah masalah kulit ibu hamil

melasma penyakit apa

Di luar Indonesia, melasma lebih dikenal dengan sebutan Mask of Pregnancy. Mengapa demikian?

Ya, meskipun siapa saja bisa mengalaminya, namun melasma adalah masalah kulit yang paling sering terjadi pada ibu hamil.

Penelitian dari University Department of Obstetrics and Gynecology menyebutkan bahwa hampir 70% ibu hamil berpotensi mengalami melasma. Hal ini disebabkan karena hormon estrogen, progesteron dan hormon perangsang melanosit pada kulit meningkat drastis terutama pada trimester ketiga kehamilan.

Akibatnya, kulit seperti membentuk lapisan baru dengan gejala melasma yang jelas terjadi selama masa kehamilan. Namun, selepas melahirkan, melasma bisa hilang seutuhnya karena hormon dalam tubuh sudah kembali stabil. Tentunya, juga didukung dengan perawatan wajah yang tepat.

Tanda-tanda melasma alias ‘Mask of Pregnancy’

Memiliki warna yang lebih gelap ternyata bukan satu-satunya gejala dari melasma. Lantas, apa saja gejala melasma?

gejala melasma

1. Muncul bercak hitam pada wajah

Bercak hitam sangat mudah berkumpul pada area pipi. Selain membuat tidak percaya diri, kondisi ini juga membuat kulit menipis.

2. Warna kulit tidak merata

Kulit belang tentu yang paling lumrah terjadi jika sering terpapar sinar matahari. Menggunakan sunscreen setiap pagi akan membantu Mama mencegah hal ini terjadi.

3. Kulit kering hingga bersisik

Hormon juga membuat kulit menjadi lebih kering dan mudah gatal. Pada beberapa Mama, bahkan permukaan kulit terasa bersisik dan tidak halus lagi. Untuk mengantisipasinya, Mama wajib menggunakan pelembab setiap hari.

4. Kulit sensitif dan memerah

Peningkatan hormon sangat berpengaruh pada sensitivitas kulit. Kulit menjadi ‘rewel’ dan tidak memiliki ketahanan yang kuat seperti saat tidak hamil. Jika Mama mengalami hal ini, segera antisipasi dengan perawatan menggunakan bahan-bahan alami. Gunakan secara rutin, setiap hari.

5. Penuaan dini

Kerutan halus, keriput pada bagian kulit yang tipis, serta flek hitam juga bisa menjadi salah satu gejala melasma. Sebelum semuanya berlanjut, Mama wajib menggunakan pelembab dan perawatan wajah yang tepat setiap harinya.

Cara menghilangkan melasma pada kulit wajah

Melasma memang bukan masalah yang serius, tapi bukan berarti kulit wajah Mama harus diberi jeda untuk diurus. Justru, Mama harus semakin peduli dengan kulit wajah Mama tetap terjaga, dan mendapatkan pregnancy glow sebagaimana yang didambakan setiap wanita.

pelembab dengan sunscreen

Gunakan selalu tabir surya atau sunscreen setiap pagi, bahkan meskipun Mama tidak keluar rumah! Sebab, sinar matahari tetap bisa menjumpai Mama melalui celah-celah kaca dan juga jendela.

Mama’s Choice Daily Protection Moisturizer SPF 25 PA++ adalah pilihan yang aman dan tepat bagi Mama. Diperkaya dengan bahan alami ekstrak beras dan shea butter, produk ini tidak hanya berfungsi sebagai pelembab, namun juga perlindungan yang aman dan maksimal untuk kulit Mama.

Pelembab wajah untuk ibu hamil ini dilengkapi dengan SPF 25 yang bertahan hingga 4-5 jam, serta PA++ yang kuat menahan paparan sinar UVA dan UVB.

Semua komposisinya aman dan alami, serta menggunakan mineral sunscreen yang aman untuk ibu hamil dan menyusui! Jadi, bukan chemical sunscreen, ya, Ma! Baca keistimewaan mineral sunscreen di sini.

Cegah melasma sejak awal kehamilan, dan rasakan kulit yang lebih lembab dan kenyal setiap harinya! Produk Mama’s Choice Daily Protection Moisturizer juga bisa digunakan oleh siapa saja, dengan minimal usia 15 tahun. Selamat mencoba, Mama!

SHARE THIS POST

Tya

Tya

Gemar menulis dan bercerita. Membagikan kisah, pengalaman dan inspirasi melalui kata-kata. Perempuan yang terlihat melodrama, tapi suka tertawa. Sedang bersiap-siap menanti kehadiran si kecil dalam hidupnya. Agar semakin menyenangkan, berceritalah ia. Di sini.

Featured Article
Card image
Mama, Hindari 7 Hal Ini untuk Mencegah Bayi Lahir Cacat
Learn more
Card image
Sakit Gigi Sebabkan Kelahiran Prematur? Ini 5 Faktanya
Learn more
Card image
Dapatkan Produk Mama's Choice di 4 E-commerce Ini dan...
Learn more
Card image
7 Hal Ini Bisa Jadi Hadiah untuk Kehamilan Istri, Papa...
Learn more