6 Tips “Me Time” untuk Ibu Baru, Nggak Sulit, Kok!

Mama, pernah merasa butuh waktu untuk menyendiri agar pikiran merasa lebih tenang? Atau, merasa butuh rehat sejenak dari rutinitas sehari-hari termasuk dalam merawat si kecil? Eits, jangan dulu menyerah, Ma! Bisa jadi, me time adalah jawaban yang Mama cari.

Banyak Mama yang menganggap sangat mustahil jika ibu bisa memiliki momen me time. Faktanya, bisa kok! Lakukan 6 tips di bawah ini agar kehidupan kita tetap seimbang, tanpa harus mengabaikan peran kita sebagai seorang Mama.

Percaya deh, Mama yang tenang dan bahagia, akan lebih mudah mendapatkan produksi ASI yang lancar setiap harinya.

6 tips me time untuk ibu menyusui

tips me time untuk ibu

1. Jalan-jalan dengan stroller

Tahukah Mama bahwa berjalan kaki dapat memulihkan stamina tubuh kita sekaligus membantu menurunkan berat badan seperti semula? Ya, Mama bisa memanfaatkan hal ini sebagai momen me time. Tentunya, dengan tetap bersama si kecil yang Mama letakkan di stroller!

Melihat suasana lingkungan sekitar, menghirup udara sejuk, berolahraga, atau sekedar untuk membeli buah-buahan segar akan membantu Mama mendapatkan mood yang lebih baik. Momen ini juga sekaligus bisa memperkenalkan si kecil pada suara alam dan lingkungan di luar rumah. Bahkan, secara tidak langsung, si kecil juga akan terbiasa dengan aktivitas ini sebagai langkah Mama untuk menjernihkan pikiran.

2. Mandi lebih lama

Mandi yang terburu-buru? Seperti sudah jadi kebiasaan ibu baru. Memang tidak mudah, tapi Mama tetap membutuhkannya, terlebih lagi mandi adalah sebuah kebutuhan dasar. Luangkan waktu sekitar 10-15 menit untuk melakukan perawatan diri. Lulur, keramas, hingga berendam dengan air hangat bisa Mama terapkan untuk menikmati “dunia” Mama sendiri.

3. Tidur siang

Bukan hal yang salah kok, kalau Mama mencuri-curi waktu untuk tidur sebentar. Tidur siang bisa membuat Mama memiliki waktu istirahat yang cukup, apalagi kalau harus terbangun di tengah malam untuk menyusui si kecil. Tidurlah saat bayi tertidur, peluklah ia. Kehangatan momen ini bisa menjadi cara untuk “mengisi” jiwa Mama, menjadi lebih tenang, lebih bersyukur dan bahagia.

Istirahat yang cukup, bisa membuat produksi hormon menyusui jadi lebih seimbang. Sehingga, produksi ASI untuk si kecil akan semakin deras dan lancar.

4. Playdate bersama teman-teman

Menghabiskan waktu bersama para Mama lainnya bisa membuat kita sadar bahwa #MamaTakSendiri. Kita bisa saling membantu, bertukar cerita serta pengalaman, bahkan saling menguatkan dari masalah yang dihadapi satu sama lain.

Carilah teman-teman yang Mama percaya sebagai support system Mama. Awalnya mungkin malas, terasa tidak mudah apalagi bepergian dengan anak, dan masih banyak alasan lainnya. Tapi, setelah dicoba, Mama pasti akan ketagihan! Karena Mama akan sepenuhnya merasa bahwa Mama tidak sendirian 🙂

5. Santai dan rileks

Pilih aktivitas bersantai yang sesuai dengan kebiasaan Mama. Misalnya, membaca buku baru, menonton serial drama Korea, makan cemilan kesukaan sambil duduk di teras rumah, atau sekedar mendengarkan musik favorit Mama!

Tidak ada yang salah dari hal ini. Mama tetaplah manusia yang juga butuh ruang untuk sendiri. Selain pikiran jadi lebih tenang, momen ini juga sekaligus bisa digunakan sebagai momen introspeksi untuk jadi lebih baik lagi.

6. Merawat diri

Tak cuma mental yang harus dijaga sebaik-baiknya, tapi fisik juga. Berikan penghargaan untuk diri Mama untuk mendapatkan kembali penampilan cantik yang seutuhnya. Pergi ke salon untuk merawat rambut dan tubuh, melakukan perawatan wajah, hingga pijat relaksasi juga bisa Mama jadikan pilihan.

Pijat relaksasi akan jadi hal yang sangat direkomendasikan, karena ibu menyusui pasti membutuhkannya! Apalagi Mama sering mengalami kram pada tangan dan kaki, tubuh yang sering kesemutan menopang kepala bayi saat menyusui, atau bahkan, karena kurang tidur sehingga kondisi tubuh jadi tidak 100% fit.

me time untuk ibu rumah tangga

Untuk memaksimalkan pijatan Mama, jangan lupa gunakan Mama’s Choice Relaxing Massage Oil, ya! Dengan kandungan lavender oil di dalamnya, minyak pijat 100% natural ini juga dapat digunakan sebagai aromaterapi, lho!

Dengan harga spesial Rp. 99,000,- saja, Mama sudah bisa mendapatkan minyak pijat alami yang aman untuk kesehatan Mama! Dapatkan sekarang sebelum periode promosi berakhir di Mama’s Choice Official Store di Shopee!

Mama's Choice Relaxing Massage Oil

Menjadi ibu membutuhkan keseimbangan waktu yang kita berikan untuk anak, keluarga, dan juga untuk diri sendiri.

Jangan takut untuk meminta bantuan kepada orang terdekat untuk bergantian menjaga anak. Percayalah, #MamaTakSendiri, kok. Masih banyak energi yang harus dibagikan untuk si kecil, jadi… Tak ada salahnya mengumpulkan energi melalui cara-cara me time ini 🙂

Manfaat me time untuk ibu menyusui

Jangan salah sangka, pentingnya me time bagi ibu menyusui punya efek yang luar biasa. Tak hanya untuk sang ibu saja, melainkan juga untuk keluarga, seperti:

  • Mood bisa terjaga lebih baik
  • Waktu tidur tercukupi
  • Komunikasi dengan pasangan atau keluarga tidak terganggu
  • Mencegah stres dan depresi saat menyusui
  • Aktivitas jauh lebih produktif
  • Hubungan dengan pasangan semakin erat
  • Keseimbangan hormon yang berpengaruh pada kesehatan
  • Tubuh lebih rileks
  • Melancarkan produksi ASI dengan meningkatknya hormon prolaktin dan oksitosin

Kami percaya, Mama akan selalu menjadi jantung keluarga. Saat seorang Mama bahagia, anak yang menerima ASI pun akan sama bahagianya! Begitu juga dengan suami yang tak pernah berhenti mendukung dan menyemangati Mama 🙂

Jadi, jangan lupa untuk menjaga kebahagiaan sebagai seorang ibu dengan me time, ya, Ma! Happiness is always a choice. Sebagaimana #PilihanAmanMama yang selalu bermula dari hati. Klik banner untuk dapatkan promo hingga 40% dan gratis pengiriman ke seluruh Indonesia.*

SHARE THIS POST

Tya

Tya

Gemar menulis dan bercerita. Membagikan kisah, pengalaman dan inspirasi melalui kata-kata. Perempuan yang terlihat melodrama, tapi suka tertawa. Sedang bersiap-siap menanti kehadiran si kecil dalam hidupnya. Agar semakin menyenangkan, berceritalah ia. Di sini.

Featured Article
Card image
Apa Saja Perlengkapan Bayi Baru Lahir? Begini Cara...
Learn more
Card image
7 Gerakan Yoga Hamil Ini Bisa Melancarkan Persalinan,...
Learn more
Card image
Preeklampsia pada Ibu Hamil, Ini 4 Cara Mengatasinya
Learn more
Card image
Pusing Memilih Diaper Bag yang Bagus? Ikuti 9 Tips...
Learn more