Tak Cuma Bumil, Ibu Menyusui Juga Tidak Boleh Stres!

Untuk ibu menyusui, kami mendengar Anda. Momen penuh kebahagiaan ini seringkali diikuti dengan rasa lelah, kurang tidur, hingga pembawaan diri yang jadi lebih mudah marah. Tetapi, tahukah Anda? Stres saat menyusui dapat berdampak buruk untuk diri Anda dan bayi. Seperti apa dampaknya?

Dua hal yang terjadi jika ibu menyusui mengalami stres berlebihan

  • Suplai ASI berkurang. Hormon menjadi tidak stabil, didominasi oleh hormon kortisol, adrenalin dan norepinefrin yang menghambat produksi ASI.
  • Kualitas ASI menurun. ASI menjadi tidak kaya nutrisi karena hormon menghambat penyerapannya. Akibatnya, bayi berisiko kekurangan gizi dan kelebihan hormon kortisol.

Hormon kortisol adalah hormon yang dihasilkan dari kondisi stres. Hormon ini pada dasarnya dibutuhkan untuk menyeimbangkan kadar air dan garam dalam tubuh, namun dalam jumlah yang sedikit. Sayangnya, kortisol dapat menghambat kinerja hormon prolaktin dan oksitosin; dua hormon yang berpengaruh besar untuk produksi ASI.

Sebuah penelitian menyebutkan, ibu menyusui yang kelebihan hormon kortisol (stres berlebihan) berisiko menciptakan karakter bayi yang mudah menangis, rewel berlebihan dan gelisah.

Jadi, stres saat menyusui tak cuma berdampak untuk Mama, ya. Bagaimanapun, bayi juga akan ikut merasakannya.

Cara mengatasi stres berlebihan selama menyusui

  • Tidur yang cukup. Hal ini dapat membuat pikiran Mama lebih jernih. Baca 5 tips agar Busui bisa memiliki kualitas tidur yang baik di artikel ini.
  • Bicara pada teman yang dipercaya. Tak ada salahnya bercerita. Setiap Mama menjalankan peran terbaiknya, lengkap dengan masing-masing keluh kesahnya.
  • Istirahat dan me-time. Saat bayi tidur, lakukan hal yang membuat Mama lebih rileks dan tenang. Gakpapa kok, Ma. Mama juga berhak melakukannya.
  • Jangan overthinking. Kebanyakan ibu menyusui khawatir berlebihan terhadap perkembangan bayinya. Apakah bayi saya normal? Benarkah ASI saya cukup untuk kebutuhan bayi saya? Bagaimana dengan semua yang saya makan dan gunakan, apakah aman untuk bayi saya? Tetaplah tenang, dan pilih yang aman.

Tak hanya stres, toksin juga punya pengaruh buruk yang sama

Di 1,000 hari pertama kehidupan, otak bayi sedang mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Kelebihan hormon kortisol ternyata dapat memicu sinyal neurotransmitter yang masuk ke otak dan mempengaruhi area yang mengatur emosi.

Hal ini sama terjadi jika ibu menyusui terpapar toksin. Semakin banyak toksin yang masuk ke dalam tubuh, semakin besar pula risiko gangguan perkembangan otak bayi yang menerima ASI. Jadi, Busui tetap harus teliti!

produk untuk mengatasi stres pada ibu menyusui

Busui wajib pilih yang bebas toksin

Banyak Mama berpikiran, saat hamil kita perlu waspada dengan segala hal, namun saat menyusui kita berangsur-angsur mulai menyudahinya. Padahal, saat menyusui, apa yang masuk ke dalam tubuh juga akan menjadi asupan untuk bayi melalui ASI.

Bahaya toksin mengintai Anda lewat berbagai cara. Selain lewat polusi udara, toksin bisa masuk ke dalam tubuh dengan mudahnya melalui produk perawatan sehari-hari. Paraben, phthalate, alkohol, hydroquinon, merkuri, fluoride, SLS dan triclosan adalah beberapa contoh toksin yang umumnya ditemukan.

krim penghilang stretch mark terbaik

Beli sekarang di Official Store Mama’s Choice di Shopee.

Pilih yang teraman untuk melengkapi rangkaian perawatan Mama. Perawatan dari Mama’s Choice dapat menjadi solusinya.

Kini, telah tersedia produk pasta gigi tanpa fluoride Mama’s Choice Toothpaste, mouthwash alami Mama’s Choice Mouthwash, krim untuk menyamarkan peregangan kulit Mama’s Choice Stretch Mark Cream, dan produk-produk terbaru Mama’s Choice yang akan menemani perjalanan Mama membesarkan si buah hati.

Tunggu apalagi? Kurangi risiko terhambatnya pertumbuhan bayi dengan memilih yang aman, untuk yang tersayang. Dengan menjadi Mama yang bahagia, demi ketenangan diri dan kebahagiaan keluarga tercinta.

Salam dari kami, Ma, yang selalu ada, untuk Mama. 🙂

SHARE THIS POST

Tya

Tya

Gemar menulis dan bercerita. Membagikan kisah, pengalaman dan inspirasi melalui kata-kata. Perempuan yang terlihat melodrama, tapi suka tertawa. Sedang bersiap-siap menanti kehadiran si kecil dalam hidupnya. Agar semakin menyenangkan, berceritalah ia. Di sini.

Featured Article
Card image
Yuk, Simak Serunya Event Mama's Choice di Bandung!
Learn more
Card image
Tak Cuma Bumil, Ibu Menyusui Juga Tidak Boleh Stres!
Learn more
Card image
Sering Cemas Saat Hamil? Pastikan Mama Tahu Cara...
Learn more
Card image
6 Cara Ini Bisa Mencegah Stretch Mark Selama Hamil!...
Learn more