Search

1000 Manfaat Minyak Lavender untuk Tubuh & Kesehatan

Apakah Mama salah satu penggemar wangi lavender? Belakangan ini, essential oil lavender tengah menjadi salah satu bahan yang ngetrend digunakan dalam produk perawatan diri. Pasalnya, minyak esensial lavender ini tak hanya aromaterapi, tapi juga menyimpan seribu manfaat untuk kesehatan.

Lavender, Tanaman 1000 Manfaat

manfaat minyak essential oil lavender

Lavender adalah tanaman herbal yang berasal dari daerah pegunungan Mediterania, Eropa Selatan, Afrika Utara, dan sekitar Asia Barat. Tanaman cantik berbunga ungu ini rupanya telah banyak dimanfaatkan sebagai obat, parfum, aromaterapi, sabun, dan bumbu sejak zaman dahulu.

Kini lavender banyak dibudidayakan untuk produksi minyak esensial, yang berasal dari proses distilasi terhadap bunga. Namun berbeda dari tumbuhannya, minyak esensial lavender hanya boleh digunakan sebagai obat luar dan beracun jika tertelan.

Manfaat Minyak atau Essential Oil Lavender untuk Kesehatan

Ada beberapa manfaat lavender yang telah dibuktikan oleh berbagai penelitian medis. Di antaranya untuk mengatasi depresi, insomnia, nyeri, luka, infeksi jamur, kerontokan rambut, serta meningkatkan fungsi kognitif dan memori.

1. Mengurangi Depresi

Berdasarkan penelitian, manfaat minyak lavender telah terbukti bisa mengurangi kecemasan dan depresi – entah melalui aromaterapi, maupun obat minum 80mg kapsul lunak berisi minyak lavender. Pengujian berhasil dilakukan pada pasien kritis di ICU, kecemasan kunjungan ke dokter gigi, serta para ibu yang depresi pasca melahirkan.

Nah, untuk ibu hamil yang sedang mengalami kecemasan jelang melahirkan, atau Mama yang sedang lelah dan penat, sangat boleh menggunakan essential oil lavender sebagai aromaterapi. Cukup tuangkan beberapa tetes ke dalam diffuser yang diisi dengan air.

Baca juga: Cara Pijat Oksitosin untuk Melancarkan ASI Ibu Menyusui

2. Mengatasi Insomnia

Serupa dengan poin di atas, aromaterapi ataupun 80 mg minyak lavender yang dikonsumsi per hari dapat meningkatkan kualitas dan durasi tidur secara signifikan. Dengan manfaat ini, lavender bisa menjadi harapan alternatif lain dari obat tidur yang sering membuat ketergantungan. Tapi, konsultasikan dulu dengan dokter jika ingin mencoba alternatif ini, ya.

3. Meredakan Kolik pada Bayi

Berdasarkan penelitian yang dirilis oleh Pubmed.gov, penggunaan pijat aromaterapi dengan menggunakan minyak lavender terbukti efektif dalam mengurangi gejala kolik pada bayi. Efektivitas diukur dari segi durasi bayi menangis per minggu.

Minyak lavender juga merupakan pilihan telon yang aman dan lembut untuk kulit bayi dengan efek menenangkan.

Baca juga: Ini Jenis Minyak Telon yang Bagus untuk Perut Kembung Bayi

4. Mengurangi Nyeri

Pijatan menggunakan minyak lavender juga bisa membantu mengatasi migrain, nyeri leher dan punggung yang kerap dialami saat hamil, serta nyeri ketika haid. Bahkan, aromaterapi lavender untuk Mama juga berkhasiat mengatasi nyeri pascaoperasi cesar maupun jahitan pasca melahirkan normal.

5. Anti Jamur dan Mengatasi Infeksi Jamur

Sebuah studi menemukan bahwa minyak lavender memiliki manfaat sebagai antijamur dan memerangi infeksi. Dalam penelitian tersebut, minyak esensial tersebut tampak bekerja dengan menghancurkan membran sel jamur dari berbagai strain yang dapat menyebabkan penyakit pada kulit.

Dapatkan Manfaat Minyak Lavender dalam Produk Perawatan Mama

Tidak perlu repot-repot meracik sendiri untuk mendapatkan manfaat lavender bagi Mama dan keluarga. Sebab manfaat alami minyak lavender kini telah terkandung dalam berbagai produk Mama’s Choice, mulai dari perawatan ibu hamil hingga produk pembersih rumah.

Berikut katalog produk kami yang mengandung manfaat minyak lavender sebagai solusi atas masalah kesehatan dan kebersihan:

1. Mama’s Choice Relaxing Massage Oil, minyak aromaterapi lavender yang aman untuk ibu hamil dan menyusui.

Gunakan sebagai minyak pijat untuk:

  • Mengatasi nyeri leher dan punggung saat hamil dan nyeri haid
  • Pijat endorphin sebagai metode induksi alami jelang persalinan
  • Mengatasi nyeri pascaoperasi cesar maupun jahitan pasca melahirkan normal

Gunakan sebagai aromaterapi untuk:

  • Membuat me time Mama semakin rileks dan menyenangkan
  • Membantu tidur lebih nyenyak

2. Mama’s Choice Calming Tummy Oil, minyak telon untuk membantu mengatasi bayi kolik.

Pijat perut dan punggung bayi sehabis mandi dan saat ia rewel dengan Mama’s Choice Calming Tummy Oil, dan lihat manfaatnya untuk membuat bayi tidur lebih nyenyak.

manfaat minyak lavender untuk mengatasi bayi kolik dan rewel

3. Mama’s Choice Baby Floor Cleaner, cairan pembersih lantai yang aman untuk bayi.

Mama’s Choice juga memakai minyak lavender sebagai antijamur sekaligus pewangi alami untuk berbagai produk kebersihan kami. Salah satunya Mama’s Choice Baby Floor Cleaner, andalan Mama untuk lantai rumah bersih dan aman bagi bayi. Pembersih lantai bebas toksin ini siap untuk menyegarkan rumah dan kamar bayi Mama!

4. Mama’s Choice Multi-Purpose Cleaner, andalan Mama untuk membersihkan benda dan mainan.

Mama’s Choice Multi-Purpose Cleaner, disinfektan non alkohol yang aman untuk ibu hamil dan bayi kami juga mengandung minyak lavender sebagai antijamur alami. Cukup semprotkan pada permukaan benda dan mainan anak yang ingin dibersihkan, dan lap hingga bersih!

Mama @zattira_reza menjaga buah hati dengan Mama's Choice multi purpose cleaner
Mama @zattira_reza menjaga buah hati dengan Mama’s Choice multi purpose cleaner

Nah, itu dia segudang manfaat minyak lavender untuk kesehatan dan kecantikan, serta produk-produk Mama’s Choice yang memanfaatkan kebaikan minyak lavender ini. Jadi, tidak ragu lagi untuk memilih produk-produk favorit ini dong? Semoga informasi ini juga bermanfaat untuk Mama, ya!

Ingin mulai belanja produk-produk Mama’s Choice lainnya? Klik banner ini untuk mendapatkan gratis ongkir!*

Artikel Terkait: Ketahui Ragam Manfaat Centella Asiatica Bagi Kulit

 

 

Sumber:

Medicalnewstoday.com

Tandfonline.com

Naturalmedicinejournal.com

Klikdokter.com

SHARE THIS POST

Avatar

Maureen

Menjadi orang tua milenial bagaikan dua sisi mata uang: menyenangkan sekaligus penuh tantangan. I mean, juggling between the career and family is never easy, right? Tapi, kata menyerah tidak ada dalam kamus kita! Mari bersama terus belajar memberi yang terbaik untuk keluarga & buah hati ❤

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Gigi & Cara Mengatasi Agar...
Learn more
Card image
Tips Lengkap Pumping ASI: Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more

Your Cart (0)

Close

Add Rp90,000 to earn shipping rebates!

Your cart is empty.

Shop now