Search

Ketiak Menghitam Saat Hamil, Apakah Akan Permanen?

Ketiak hitam adalah perubahan tubuh yang paling sering dikeluhkan saat hamil, sebab membuat Mama jadi tidak percaya diri. Bagaimana cara merawatnya agar ketiak yang hitam bisa cerah kembali? Yuk simak di sini!

Penyebab ketiak hitam saat hamil

Idealnya, kulit ketiak memiliki warna yang sama dengan bagian kulit lainnya. Lalu, kenapa sih ibu hamil rentan memiliki ketiak yang menghitam tiba-tiba? Ini dia beberapa faktor penyebabnya.

1. Perubahan hormon

Pada masa kehamilan, produksi pigmen melanin dalam tubuh Mama akan meningkat. Peningkatan melanin ini memicu pembentukan hormon MSH (Melanocyte Stimulating Hormone)yang membuat kulit ketiak ibu hamil menghitam atau hiperpigmentasi. 

Sayangnya, menggelapnya area ini tidak dapat dicegah dan diindari, karena disebabkan oleh perubahan hormon saat hamil.

2. Peradangan/iritasi kulit

Warna kulit ketiak yang menghitam saat hamil juga bisa diperparah dengan peradangan kulit. Aktivitas yang bisa menyebabkan hiperpigmentasi pada ketiak ibu hamil antara lain: waxing, mencukur, atau memakai deodoran berbahan alkohol dan aluminium. 

Baca juga: Bolehkah Ibu Hamil IPL, Mencukur, atau Waxing Rambut Ketiak?

3. Penumpukkan sel kulit mati

Penumpukan sel kulit mati di ketiak juga dapat menyebabkan kulit ketiak menghitam. Sel kulit mati biasanya muncul dari keringat berlebih saat hamil yang tidak langsung dibersihkan.

Bagaimana cara merawat dan mengatasi kulit ketiak hitam saat hamil?

Untungnya, kondisi ketiak hitam tidak permanen dan bisa kembali lagi seperti semua dalam jangka waktu tertentu. Namun, lama kembalinya warna kulit ketiak tergantung pada cara Mama merawat ketiak sehari-hari.

Karena itu, yuk simak tips merawat dan mengatasinya di bawah ini!

bolehkah ibu hamil menggunakan deodoran

1. Hindari sinar matahari langsung

Paparan sinar matahari akan memperparah kondisi hiperpigmentasi kulit ibu hamil. Sebab ketika sinar ultraviolet matahari masuk ke kulit, bagian yang disebut melanosit akan memproduksi pigmen melanin untuk melindungi sel-sel kulit dari sinar UV.

Untuk itulah, jika Mama beraktivitas di luar seperti berenang, atau berlibur saat babymoon, jangan lupa selalu gunakan tabir surya yang aman, ya.

2. Jangan waxing atau mencukur rambut ketiak

Memang, waxing atau mencukur merupakan metode yang aman untuk menghilangkan rambut ketiak saat hamil. Namun gesekan dan sakit yang terjadi akibat aktivitas tersebut bisa menyebabkan kulit ketiak trauma, meradang, dan semakin hitam. Untuk itu, sebaiknya Mama mengurangi frekuensi waxing dan mencukur saat hamil.

3. Gunakan produk yang aman untuk kulit sensitif

Saat hamil, kulit ibu dapat cenderung menjadi lebih sensitif. Untuk itu, penting bagi Mama beralih ke skincare yang aman saat sedang hamil agar kulit ketiak tidak iritasi dan semakin hitam.

ketiak hitam

Apalagi jika Mama memiliki keringat yang berlebih saat hamil, pastinya Mama akan lebih sering menggunakan deodoran, bukan?

Faktanya, kandungan alkohol, aluminium, dan parfum dalam deodorant adalah bahan yang dapat mengiritasi kulit ketiak yang sensitif. Selain berbahaya bagi janin, aluminum dan alkohol dapat membuat kulit ketiak semakin tebal, kasar, dan hitam.

Namun, ini bukan berarti Mama tidak boleh menggunakan deodorant lagi, lho. Tentu saja tetap boleh, apalagi jika deodorant tersebut aman, bebas alkohol, aluminium, dan paraben.

Pilihan deodoran bebas alkohol & aluminium yang aman untuk bumil busui

Memangnya ada, produk deodoran tanpa alkohol, aluminium, dan paraben? Tentu saja.

deodorant untuk ibu hamil

Mama’s Choice Dry Serum Deodorant adalah deodorant lokal pertama yang diformulasikan aman untuk ibu hamil dan menyusui, bebas alkohol, aluminium, dan paraben.

Dikemas dalam format serum yang cepat menyerap dan tidak lengket, Mama’s Choice Dry Serum Deodorant menggunakan bahan pengganti yang alami dan aman, seperti: Dead Sea Mineral, Niacinamide, dan Lemon Extract.

deodorant untuk ibu hamil Mama's Choice
Dapatkan hanya Rp 79.000 di sini (Hemat 34%)!

Triple Action Formulanya efektif mengontrol keringat berlebih, menutrisi, dan mencerahkan ketiak sejak penggunaan pertama. 100% bebas alkohol, aluminium, paraben, dan toksin lainnya.

Hasilnya? Rasa nyaman dan percaya diri sepanjang hari tanpa khawatir berkeringat dan bau badan!

deodorant untuk ibu hamil Mama's Choice

Nah, itu tadi penjelasan lengkap tentang kondisi ketiak hitam saat hamil, serta cara merawat dan mengatasinya Ma. Yuk mulai merawat kulit dengan yang alami, aman, dan natural saat hamil dan menyusui untuk melindungi kesehatan Mama dan Si Buah Hati!

Penasaran kan seperti apa produknya? Klik di sini untuk mendapatkan deodorant kami dengan harga spesial!

deodorant untuk ibu hamil menyusui

Baca juga: Jenis Alkohol dalam Skincare yang Aman untuk Kulit

 

Sumber:

Forgottenskincare.com

Everydayhealth.com

SHARE THIS POST

Tya

Gemar menulis dan bercerita. Membagikan kisah, pengalaman dan inspirasi melalui kata-kata. Perempuan yang terlihat melodrama, tapi suka tertawa. Sedang bersiap-siap menanti kehadiran si kecil dalam hidupnya. Agar semakin menyenangkan, berceritalah ia. Di sini.

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Gigi & Cara Mengatasi Agar...
Learn more
Card image
Tips Lengkap Pumping ASI: Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more

Your Cart (0)

Close

Belanja Rp90,000 lagi untuk dapat free ongkir!

Mini Cart

Your cart is empty.

Shop now