Search

11 Barang yang Harus Dibawa Dalam Hospital Bag Saat Melahirkan!

Waktu bersalin sudah semakin dekat? Supaya tidak panik saat mulai kontraksi, yuk mulai lakukan persiapan hospital bag untuk melahirkan. Apa saja barang yang harus Mama bawa? Simak di sini, ya!

Hospital bag adalah tas khusus yang berisi semua barang penting saat akan berangkat ke rumah sakit untuk melahirkan. Pastikan semua barang yang Mama dan bayi butuhkan tersedia di dalamnya, ya. Agar tidak kelimpungan mencari barang dan bisa fokus pada persalinan.

Waktu yang Tepat untuk Menyiapkan Hospital Bag

Walaupun tidak ada aturan baku, namun sebaiknya hospital bag sudah siap setidaknya 3 minggu sebelum due date. Persiapan bisa lebih cepat dari itu untuk beberapa kasus kehamilan yang beresiko tinggi. Misalnya hamil anak kembar.

“Jika perempuan memiliki kehamilan yang berisiko tinggi, saya rekomendasikan untuk bersiap sekitar minggu ke-35. Jika tidak, hospital bag bisa disiapkan di minggu ke-37 atau 38.” – Nicole Randazzo-Ahern, direktur medis di MassGeneral Hospital for Children.

11 Barang yang Harus Dibawa pada Hospital Bag untuk Melahirkan

Mama boleh saja membawa banyak barang jika memang ada banyak keluarga yang bisa membantu membawakannya. Tapi setidaknya 12 barang ini harus ada dalam satu tas khusus untuk Mama.

1. Pakaian yang Nyaman

Siapkan pakaian dengan bukaan untuk menyusui. Pastikan terbuat dari bahan yang mudah menyerap keringat dan berukuran longgar. Mama bisa pakai Mama’s Choice Maternity Casual Button Dress yang super nyaman sekaligus modis. Maternity dress ini juga hijab friendly lho, Ma! Mama bisa padukan Mama’s Choice Maternity Casual Button Dress dengan

Mama's Choice Maternity Button Dress

 Disc 46% untuk Mama’s Choice Maternity Button Dress | Rp 139.000 Rp 259.000

Buy Now Button

2. Bra Menyusui (Nursing Bra)

Perlu Mama ketahui, setelah melahirkan payudara Mama akan cenderung membengkak. Hal ini terjadi karena aliran darah Mama meningkat ditambah juga dengan persediaan air susu di payudara yang bertambah secara mendadak. Untuk itu, wajib untuk Mama menggunakan bra yang bisa membuat payudara Mama nyaman. Mama’s Choice Nursing Bra dibuat dengan bahan yang lembut dan memiliki tali strap yang mudah diatur sesuai kenyamanan Mama.

Istimewanya, Mama’s Choice Nursing Bra juga dilengkapi dengan klip yang mudah dilepas pasang agar Mama tidak perlu lagi repot membuka tutup bra saat menyusui Si Kecil.

Maternity Nursing Bra
Disc 41% untuk Mama’s Choice Maternity Nursing Bra | Rp 99.000 Rp 169.000

Buy Now Button

3. Peralatan Mandi Mama

Melahirkan merupakan proses yang menguras banyak energi fisik. Setelahnya tentu Mama ingin mandi supaya kembali segar. Jangan lupa siapkan peralatan mandi seperti sabun, pembersih wajah, sikat gigi hingga pasta gigi.

Gunakan alat mandi yang aman untuk ibu hamil dan menyusui ya, Ma. Sebab produk mandi yang dijual bebas banyak mengandung bahan berbahaya. Jangan bingung, pilih saja Mama’s Choice Natural Bathing Kit, yaitu paket alat mandi yang mengandung bahan alami dan bebas dari kandungan kimia berbahaya.

Wanita cuci muka dengan Mama's Choice Facial Wash
Disc 38% untuk Natural Bathing Kit ( Face Wash + Toothpaste + Mouthwash ) |  Rp 129.000 Rp 207.000

Buy Now Button

4. Pompa ASI

Untuk mempertahankan produksi ASI, Jurnal Kebidanan, Ginekologi, dan Keperawatan Neonatal (JOGNN) menyarankan untuk menyusui 8-12 kali per hari. Pompa ASI akan Mama butuhkan ketika payudara sudah terasa penuh namun bayi sedang tidak ingin menyusui.

Pilihlah pompa ASI yang nyaman seperti Mama’s Choice Single & Handy Electric Breast Pump. Selain praktis dan ringan, pompa ASI ini juga tidak berisik dan mudah dioperasikan. Psst… produk ini telah mendapat penghargaan Brand Choice Award 2021, lho Ma!

Mama's Choice Single & Handy Electric Breast Pump
Disc 24% untuk Single & Handy Electric Breast Pump Mama’s Choice | Rp 349.000 Rp 459.000 

Buy Now Button

5. Pembalut Nifas dan Breast Pad

Setelah melahirkan, wajar kalau Mama mengalami postpartum bleeding. Karena itu pembalut nifas harus ada dalam hospital bag. Selain itu siapkan juga breast pad untuk mencegah supaya ASI tidak sampai merembes ke pakaian Mama.

Pastikan Mama memilih breast pad yang aman dan berbahan lembut agar payudara tidak lecet. Gunakan Mama’s Choice Washable Breast Pad karena selain bahannya aman, washable breast pad ini juga sangat mudah di bersihkan. Mama tinggal mencuci washable breast pad setelah selesai menggunakan yang mana sangat efisien karena Mama pasti akan sering menggunakannya.

Mama's Choice Washable Breast Pad
Disc 23% untuk Mama’s Choice Washable Breast Pad | Rp 99.000 Rp 129.000

Buy Now Button

6. Nipple Cream

Pengalaman menyusui Mama bisa jadi luar biasa hingga puting berpotensi lecet, kering atau pecah-pecah. Untuk itu siapkan Mama’s Choice Intensive Nipple Cream, krim puting yang efektif menenangkan sekaligus melembabkan kulit puting.

Nipple cream ini mengandung bahan natural seperti ekstrak kurma, minyak kelapa dan shea butter. Seluruh kandungannya memiliki formulasi food grade, sehingga aman jika tertelan bayi.

Mama's Choice Nipple Cream
Disc 30% untuk Mama’s Choice Intensive Nipple Cream |  Rp 66.000 Rp 99.000

Buy Now Button

7. Breast Milk Collection Shell

Saat ASI sudah keluar, Mama pasti tidak ingin menyia-nyiakan setiap tetesnya. Maka dari itu, ada baiknya jika Mama menyiapkan penampung ASI dengan bahan yang aman dan anti-bocor seperti Mama’s Choice Breast Milk Collection Shell.

Dengan menggunakan penampung ASI ini, Mama tidak perlu takut baju menjadi basah akibat ASI rembes. Selain itu, Mama juga bisa menampung ASI hingga 20 mL lho! Mama’s Choice Breast Milk Collection Shell ini terbuat dari material berkualitas tinggi sehingga ASI pun terjaga kualitasnya dan tetap steril.

Mama's Choice Breast Milk Collection Shells
Disc 22% untuk Mama’s Choice Breast Milk Collection Shells | Rp 139.000 Rp 179.000 

Buy Now Button

8. Baju dan Bedong Bayi

Umumnya, rumah sakit tidak menyediakan baju ganti untuk bayi. Ada baiknya, Mama sudah siapkan baju ganti untuk Si Kecil dari rumah, ya. Mama bisa membawa 2-3 pasang baju ganti (beserta topi dan kaus kaki) dengan ukuran yang berbeda untuk memastikan bajunya muat untuk Si Kecil. Mama harus pastikan bajunya berbahan lembut dan sudah dicuci terlebih dahulu dengan deterjen khusus bayi. Mama bisa gunakan Mama’s Choice 3in1 Baby Romper! Baju ini tersedia dalam tiga warna netral sehingga cocok banget untuk bayi perempuan dan laki-laki.

Mama's Choice Baby Romper

Disc 44% untuk Mama’s Choice 3in1 Baby Romper | Rp 139.000 Rp 249.000

Buy Now Button

Oh iya, Ma! Penting juga untuk Mama membawa bedong bayi, lho. Saat membawa bayi keluar dari rumah sakit pertama kali, Mama harus pastikan bahwa bayi tetap hangat dan terlindungi. Untuk itu jangan lupa menggunakan Mama’s Choice Womby Instant Swaddle. Bedong instan ini mampu memberikan sensasi pelukan serta meminimalisir reflek kaget, sehingga si Kecil merasa aman & nyaman. Tidak seperti bedong tradisional, penggunaan Womby Instant Swaddle sangat praktis sehingga Papa juga bisa membantu mengenakannya pada Si Kecil!

Mama's Choice Instant Swaddle

Disc 19% Mama’s Choice Baby Womby Instant Swaddle | Rp 129.000 Rp 159.000

Buy Now Button

9. Produk Perawatan Bayi

Selanjutnya yang tidak boleh ketinggalan adalah produk perawatan bayi. Jangan lupa untuk siapkan handuk, sabun, sampo bayi, minyak telon, krim ruam, kapas, dan tisu basah sebaiknya sudah Mama persiapkan!

UGC Bayi

Berikut rekomendasi produk perawatan bayi baru lahir terbaik:

  • Mama’s Choice Hair and Body Wash. Kulit bayi baru lahir sangatlah sensitif. Oleh karenanya, Mama harus menggunakan sabun yang sudah terformulasi khusus dan teruji aman untuk kulit bayi.
  • Mama’s Choice Calming Tummy Oil. Umumnya, ruangan kamar rumah sakit terlalu dingin untuk Si Kecil. Maka dari itu, setelah memandikan bayi, Mama wajib oleskan minyak telon di tubuh bayi agar dirinya tetap hangat.
  • Mama’s Choice Rash CreamKulitnya yang masih sangat sensitif membuatnya rentan ruam dan kemerahan. Pastikan Mama menyediakan krim ruam untuk mengantisipasinya, ya!
  • Mama’s Choice 3in1 Gentle Wet Wipes. Terakhir, pastikan tisu basah bayi selalu ada di tas Mama, ya! Tisu basah pastilah sangat berguna dalam berbagai kondisi seperti membersihkan kotoran hingga mensterilkan peralatan bayi.

10. ASI Booster

Minimnya produksi ASI bisa dialami siapa saja, termasuk Mama yang baru melahirkan. Bawalah ASI booster alami di hospital bag untuk Mama konsumsi. Pilih yang mengandung bahan alami seperti almond, kurma, daun katuk, dan fenugreek, seperti Mama’s Choice Almond Milk Powder.

Mama's Choice Almond Milk Powder
Diskon 37% untuk Almond Milk Powder! | Rp 69.000 Rp 109.000

Buy Now Button

Untuk menambah nutrisi Mama selama menyusui, meningkatkan produksi ASI dan memperbaiki kualitas ASI, Mama juga bisa membawa suplemen ASI Booster alami Mama’s Choice Breastfeeding Support.

Mama's Choice Breastfeeding Support
Diskon 31% untuk Breastfeeding Support! | Rp 109.000 Rp 159.000

Buy Now Button

11. Tas Multi Fungsi

Ternyata, ada banyak barang yang perlu Mama bawa dalam hospital bag, ya? Jika tidak muat, Mama bisa membawa tas tambahan untuk menyimpan barang dengan ukuran yang lebih kecil. Simpan barang-barang yang akan sering Mama dan Si Kecil gunakan, seperti peralatan mandi Mama atau produk perawatan bayi.

Mama bisa menggunakan Mama’s Choice Multifunction Diaper Bag. Tas dengan bahan premium ini memiliki 15 kompartmen untuk menampung berbagai kebutuhan Si Kecil. Tidak hanya itu, tas ini pun juga berfunsgi sebagai backpack, handbag, dan stroller bag sehingga bisa banget Mama gunakan traveling bersama Si Kecil di kemudian hari. Dengan desain yang stylish, Mama dan Papa akan merasa percaya diri saat membawa tas ini kemana saja.

Mama's choice Multi function diaper bag
Disc 24% untuk Mama’s Choice Multi-Function Diaper Bag | Rp 249.000 Rp 329.000

 

Buy Now Button

 

Itu dia daftar barang yang penting dibawa saat melahirkan. Pastikan persiapan hospital bag untuk melahirkan ini sudah ada maksimal 3 minggu sebelum due date ya. Semoga persalinan Mama lancar!

Yuk, klik banner di bawah ini dan check-out produk berkualitas dengan harga spesial!

Artikel terkait: Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir dan Tips Belanja Hemat

Sumber:

thebump.com

jognn.org

Author Ambar Arum

Ambar Arum

Senang belajar dan berbagi info tentang ibu, anak, dan keluarga. Sebab harta yang paling berharga adalah keluarga. Setuju kan? Semoga bermanfaat ya!

COMMENTS

0 Comments
Leave a comment

Keranjang Anda (0)

Close

Belanja Rp90,000 lagi untuk dapat free ongkir!

Mini Cart

Keranjang belanja Anda kosong.

Shop now
1
0