Fluoride Sebabkan Gigi Kuning dan Kusam, Mitos atau Fakta?

Mama's Summary

  • Pertumbuhan gigi manusia sudah terjadi sejak masih dalam kandungan, terutama saat usia janin 6 bulan.
  • Apa yang digunakan ibu hamil dalam merawat gigi, juga berpengaruh pada kesehatan gigi bayi.
  • Pasta gigi tanpa fluoride lebih aman sekaligus bermanfaat karena tidak meninggalkan efek samping apapun bagi kesehatan.

Selain menimbulkan bahaya yang dapat dirasakan oleh tubuh baik jangka pendek maupun jangka panjang, ternyata fluoride juga bisa merusak kondisi gigi yang bernama fluorosis. Fluorosis adalah kondisi dimana pembentukan enamel gigi yang tidak sempurna, karena terlalu banyak terpapar fluoride. Gejalanya ditunjukkan dengan adanya noda kecoklatan, bintik kuning, atau bintik putih yang menyebar pada permukaan gigi.

Apakah Mama mengalaminya? Lihatlah ke kaca, dan periksa warna gigi Mama sekarang.

Fluoride adalah penyebab utama fluorosis

fluorosis dapat terjadi sejak di dalam kandungan

Fluorosis terjadi saat masa pertumbuhan gigi. Dilansir dari InterCommunity Health Network, pertumbuhan gigi bayi sebenarnya sudah terjadi sejak dalam kandungan, tepatnya usia kandungan 6 minggu. Ketika gigi berhasil tumbuh saat dewasa, fluorosis tentu sudah terjadi dan permanen, alias tidak bisa dihilangkan.

Fluorosis seperti ini terjadi jika ibu hamil atau menyusui menerima paparan fluoride terlalu banyak saat mengandung dan menyusui. Namun, pada beberapa kasus, fluorosis juga bisa terjadi pada orang dewasa, yang tentunya sudah tidak lagi mengalami pertumbuhan gigi.

Biasanya fluorosis pada orang dewasa muncul akibat adanya rentensi sisa-sisa makanan yang pada akhirnya menyatu dengan bakteri, dan pada akhirnya menyebabkan gigi menjadi rapuh, berlubang, bahkan memiliki karies gigi.

Dengan adanya indikasi ini, sebaiknya Mama perlu membatasi asupan fluorida untuk tubuh Mama. Salah satunya adalah menggunakan pasta gigi tanpa fluoride.

Hindari bahaya fluoride yang menjadi penyebab fluorosis

fluorosis gigi

Banyak yang bertanya, bagaimana efektivitas kerja pasta gigi tanpa fluoride untuk kesehatan tubuh? Tenang saja, pasta gigi tanpa fluoride tetap bisa bekerja optimal untuk menjaga kesehatan gigi.

Pasta gigi tanpa fluoride biasanya mengandung alternatif zat alami yang fungsinya sama seperti fluorida, yaitu melindungi serta menguatkan enamel gigi.

Salah satu alternatif zat alami tersebut adalah siwak. Inilah hal yang menjadikan pasta gigi siwak diminati oleh masyarakat. Seperti halnya Mama’s Choice Toothpaste, yang mengandung siwak sebagai bahan utamanya. Terlebih lagi, pasta gigi aman ini juga dilengkapi dengan kalsium untuk mencegah gigi nyeri dan berlubang.

Pasta Gigi Mama's Choice

Pasta gigi halal ini juga unggul dengan bahan alami lainnya seperti allantoin serta klorofil sebagai pewarna alami. Hadir tanpa bahan kimia yang berisiko untuk kehamilan seperti fluoride, SLS, paraben, pewangi buatan, hingga triclosan. Lebih aman dan sehat, bukan? 

Alasan pasta gigi tanpa fluoride lebih direkomendasikan

Selain lebih sehat, berikut manfaat pasta gigi tanpa fluoride untuk kesehatan tubuh.

  • Terhindar dari fluorosis atau bintik kuning pada gigi
  • Terhindar dari berbagai risiko kesehatan mulut seperti sariawan, iritasi, dan alergi
  • Bagi ibu hamil dan menyusui, kesehatan janin atau bayi akan lebih aman karena menurut penelitian, bahaya fluoride bisa menyebabkan risiko bayi lahir dengan IQ rendah dan juga gejala ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder)
  • Lebih aman, sehat, serta tanpa efek samping bagi tubuh

Beli Mama’s Choice Toothpaste pasta gigi tanpa fluoride khusus untuk ibu hamil dan menyusui yang pertama di Indonesia! Klik banner untuk dapatkan harga spesial sebelum masa promo berakhir.

SHARE THIS POST

Avatar

krishna7whds

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Jangan Panik Saat Bayi Rewel Tumbuh Gigi, Lakukan 3...
Learn more
Card image
Tips Lengkap Pumping ASI: Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more
Mama's Choice

Item has been added
to your cart.

Checkout