Search

Hati-hati, Ini 6 Bahaya Fluoride untuk Kehamilan

Mama's Summary

  • Di tengah pro kontra fluoride, ternyata paparan fluoride yang terlalu banyak memang dapat membahayakan tubuh.
  • Fluoride juga dapat menghambat penyerapan kalsium, sehingga dapat membuat tulang menjadi mudah rapuh.
  • Waspadai bahaya fluoride di bawah ini dan kurangi paparannya sejak sekarang.

Fluoride adalah mineral yang sering ditambahkan pada pasta gigi. Meski penggunaannya cukup umum, ibu hamil perlu waspada terhadap fluoride. Sebab jika tertelan, fluoride dalam pasta gigi bisa menimbulkan bahaya yang berisiko pada perkembangan janin dalam kandungan.

6 efek samping fluoride untuk kesehatan ibu hamil

Keenam efek samping ini seringkali tidak disadari, namun ada banyak penelitian yang memaparkan bahaya fluoride bagi ibu hamil dan janin di dalam kandungan. Simak selengkapnya! 

1. Keracunan

Bahaya fluoride dapat menyebabkan keracunan

Sejatinya, fluoride tidak direkomendasikan untuk masuk ke dalam tubuh. Beberapa penelitian menyebutkan, senyawa kimia fluoride yang masuk ke dalam tubuh dalam jumlah banyak bisa menyebabkan keracunan.

Fluoride bisa masuk ke dalam tubuh baik melalui endapan sisa-sisa pasta gigi yang ada di mulut atau secara tidak sengaja tertelan. Kadang-kadang, beberapa orang tua melaporkan kasus anak mereka tak sengaja memakan pasta gigi berfluoride. menunjukkan sinyal tidak sehat seperti mual dan muntah, sakit kepala, hingga terganggunya sistem pencernaan.

2. Gigi menguning

Fluorosis: gigi kuning akibat kelebihan fluoride

Terlalu banyak dosis fluoride yang masuk ke dalam tubuh justru bisa menyebabkan gigi menguning. Gejala ini disebut dengan fluorosis.

Fluorosis adalah gejala munculnya noda kecoklatan dan bintik-bintik kuning pada permukaan gigi akibat pembentukan enamel gigi tidak sempurna. Kalau Mama sudah mengalami gejala ini, ada baiknya Parents perlu meninjau ulang pasta gigi yang Mama gunakan, ya. Pilih pasta gigi tanpa fluoride yang aman dan diperkaya dengan bahan-bahan natural.

Baca juga: Tentang fluorosis, overdosis fluoride yang sebabkan gigi menguning

3. Penyerapan kalsium terhambat

Kalsium terhambat akibat fluoride.

Kalsium dan fluoride sama-sama berfungsi untuk memaksimalkan pertumbuhan gigi. Namun, terlalu banyak fluoride juga bisa membuat kalsium tidak dapat terserap dengan baik oleh tubuh.

Padahal, kalsium adalah zat yang harus tercukupi oleh tubuh, terlebih lagi pada ibu hamil dan menyusui karena berperan dalam pembentukkan otot, tulang, otak, dan sistem saraf pada janin.

4. Mempengaruhi IQ Janin

Berdasarkan penelitian terhadap 601 pasangan ibu-anak dari enam kota di Kanada, ditemukan bahwa Ibu hamil dengan tingkat fluoride yang lebih tinggi dalam urin mereka cenderung memiliki anak dengan IQ rata-rata yang lebih rendah.Webmd.com

Mengejutkan, namun berdasarkan penelitian tersebut, inilah fakta efek samping penggunaan fluoride pada pasta gigi yang dipakai oleh ibu hamil. Oleh karenanya, Mama dianjurkan untuk membatasi penggunaan fluoride selama kehamilan, ya.

Artikel Terkait: 4 Alasan Beralih ke Pasta Gigi Tanpa Fluoride

5. Mempercepat osteoporosis

Fluoride menyebabkan osteoporosis lebih cepat

Jika proses terhambatnya penyerapan kalsium bisa mengganggu pertumbuhan janin, maka bagi ibu hamil dampak negatifnya adalah munculnya gejala osteoporosis. Gejala ini memiliki ciri nyeri tulang, pegal linu berlebihan, hingga kram akibat melemahnya otot dan rapuhnya ligamen tulang. Efek terburuknya, bisa menyebabkan kanker tulang.

6. Hipersalivasi

Meningkatnya air saliva akibat salah pasta gigi,

Sebuah penelitian di Swedia menyebutkan bahwa menggunakan pasta gigi dengan fluoride dapat menyebabkan produksi air ludah menjadi lebih banyak. Kondisi ini adalah tanda hipersalivasi. Meski tidak berbahaya, hal ini bisa menyebabkan aktivitas oral (mengunyah makanan, menelan ludah, dan lain-lain) terganggu.

Tetap jaga kesehatan mulut dengan pilihan yang lebih aman

Dengan adanya 6 bahaya fluoride dalam pasta gigi di atas, bukan berarti ibu hamil jadi menghindari gosok gigi ya. Mama tetap harus menjaga kebersihan mulut, gigi dan gusi sambil membatasi kandungan fluoride yang masuk ke dalam tubuh.

Mama bisa memilih pasta gigi tanpa fluoride yang lebih aman untuk kesehatan. Namun, pastikan pasta gigi tanpa fluoride tersebut mengandung bahan alami pengganti fluoride yang efektif menjaga kesehatan dan kekuatan gigi.

Seperti Mama’s Choice Toothpaste, yang mengandung siwak sebagai pengganti zat kimia fluoride. Siwak adalah bahan natural dengan zat fluorida alami, serta telah direkomendasikan oleh WHO sebagai alternatif alami untuk merawat kesehatan gigi.

Mama’s Choice Toothpaste Rp 39.000 (Hemat 20%)

Dengan siwak dan bahan natural lainnya, Mama’s Choice Toothpaste dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut tanpa efek samping. Kesehatan janin tetap terjaga, begitu juga dengan mulut Mama selama kehamilan. Produk pasta gigi khusus ibu hamil dan menyusui pertama di Indonesia ini juga unggul dengan formulanya yang aman tanpa fluoride, tanpa SLS, dan tanpa triclosan.

Pasta gigi dan mouthwash Mama's Choice aman untuk ibu hamil dan menyusui

Pilih yang aman untuk kesayangan, yuk! #KurangiWorry seputar kesehatan gigi dan diri Mama mulai dari sekarang, dengan #PilihanAmanMama.

Klik banner di bawah ini untuk cek dan belanja produk berkualitas dengan harga spesial!

SHARE THIS POST

Tya

Gemar menulis dan bercerita. Membagikan kisah, pengalaman dan inspirasi melalui kata-kata. Perempuan yang terlihat melodrama, tapi suka tertawa. Sedang bersiap-siap menanti kehadiran si kecil dalam hidupnya. Agar semakin menyenangkan, berceritalah ia. Di sini.

COMMENTS

0 Comments
Leave a comment

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Gigi & Cara Mengatasi Agar...
Learn more
Card image
Tips Lengkap Pumping ASI: Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more

Your Cart (0)

Close

Belanja min Rp300K dapat Rp55,000 off dan free ongkir

Mini Cart

Your cart is empty.

Shop now