5 Bahaya Fluoride yang Mengintai Tubuh Mama, Apa Saja?

Mama's Summary

  • Di tengah pro kontra fluoride, ternyata paparan fluoride yang terlalu banyak memang dapat membahayakan tubuh.
  • Fluoride juga dapat menghambat penyerapan kalsium, sehingga dapat membuat tulang menjadi mudah rapuh.
  • Waspadai bahaya fluoride di bawah ini dan kurangi paparannya sejak sekarang.

Berbicara tentang bahaya fluoride pada pasta gigi, cukup banyak penelitian yang menyatakan bahwa fluoride bisa merusak kesehatan tubuh baik jangka pendek maupun panjang. Terlebih lagi bagi ibu hamil, yang dapat berdampak langsung pada perkembangan janin di dalam kandungan.

Kelima bahaya fluoride berikut ini, seringkali tidak disadari sebagai bagian dari efek samping penggunaan pasta gigi dengan fluoride.

5 bahaya fluoride untuk kesehatan

1. Keracunan

Bahaya fluoride dapat menyebabkan keracunan

Sejatinya, fluoride tidak direkomendasikan untuk masuk ke dalam tubuh. Beberapa penelitian menyebutkan, senyawa kimia fluoride ini memiliki efek racun kimia yang sangat tinggi.

Fluoride bisa masuk ke dalam tubuh baik melalui endapan sisa-sisa pasta gigi yang ada di mulut atau secara tidak sengaja tertelan. Proses ini terdengar sepele, namun masuknya fluoride ke dalam tubuh dalam jumlah yang banyak, bisa menyebabkan keracunan. Tubuh secara otomatis akan menunjukkan sinyal tidak sehat seperti mual dan muntah, sakit kepala, hingga terganggunya sistem pencernaan.

2. Gigi menguning

Fluorosis: gigi kuning akibat kelebihan fluoride

Terlalu banyak dosis fluoride yang masuk ke dalam tubuh justru bisa menyebabkan gigi menguning. Gejala ini disebut dengan fluorosis.

Fluorosis adalah gejala munculnya noda kecoklatan dan bintik-bintik kuning pada permukaan gigi akibat pembentukan enamel gigi tidak sempurna. Kalau Mama sudah mengalami gejala ini, ada baiknya Parents perlu meninjau ulang pasta gigi yang Mama gunakan, ya. Pilih pasta gigi tanpa fluoride yang aman dan diperkaya dengan bahan-bahan natural.

Baca Juga: Tentang fluorosis, overdosis fluoride yang sebabkan gigi menguning

3. Penyerapan kalsium terhambat

Kalsium terhambat akibat fluoride.

Kalsium dan fluoride sama-sama berfungsi untuk memaksimalkan pertumbuhan gigi. Namun, terlalu banyak fluoride juga bisa membuat kalsium tidak dapat terserap dengan baik oleh tubuh.

Padahal, kalsium adalah zat yang harus tercukupi oleh tubuh, terlebih lagi pada ibu hamil dan menyusui karena berperan dalam pembentukkan otot, tulang, otak, dan sistem saraf pada janin.

Penelitian dari Harvard School Public Health menyatakan bahwa fluoride bisa menyebabkan IQ rendah dan juga kelainan bawaan pada sistem saraf bayi saat lahir. Selain disebabkan karena fungsi fluoride yang bisa menjadi racun bagi tubuh, kedua hal ini juga terjadi akibat tidak terpenuhinya kebutuhan kalsium bagi ibu hamil dan janin.

4. Mempercepat osteoporosis

Fluoride menyebabkan osteoporosis lebih cepat

Jika proses terhambatnya penyerapan kalsium bisa mengganggu pertumbuhan janin, maka bagi ibu hamil dampak negatifnya adalah munculnya gejala osteoporosis. Gejala ini ditandai dengan nyeri tulang, pegal linu berlebihan, hingga kram akibat melemahnya otot dan rapuhnya ligamen tulang. Efek terburuknya, bisa menyebabkan kanker tulang.

5. Hipersalivasi

Meningkatnya air saliva akibat salah pasta gigi,

Sebuah penelitian di Swedia menyebutkan bahwa menggunakan pasta gigi dengan fluoride dapat menyebabkan produksi air ludah menjadi lebih banyak. Kondisi ini juga bisa disebut hipersalivasi. Jika hal ini terjadi, aktivitas oral (mengunyah makanan, menelan ludah, dan lain-lain) serta kesehatan mulut juga bisa terganggu.

Dengan adanya 5 bahaya fluoride dalam pasta gigi di atas, sebaiknya Mama membatasi kandungan fluoride yang masuk ke dalam tubuh. Seperti dengan memilih pasta gigi tanpa fluoride yang tentunya lebih aman untuk kesehatan.

Namun, Mama tetap harus teliti dalam memilih pasta gigi tanpa fluoride. Pastikan pasta gigi tanpa fluoride tersebut dilengkapi dengan bahan alami pengganti fluoride, agar tetap bisa menjaga kesehatan dan kekuatan gigi.

Seperti halnya Mama’s Choice Toothpaste, yang mengandung siwak sebagai pengganti zat kimia fluoride. Siwak adalah bahan natural yang mengandung zat fluorida alami, serta telah direkomendasikan oleh WHO sebagai alternatif alami untuk merawat kesehatan gigi.

Pasta Gigi Mama's Choice

Mama’s Choice Toothpaste (100gr) | Rp. 39,000,- | Diskon 20% dari harga normal Rp. 49,000,-

Dengan siwak dan bahan natural lainnya, Mama’s Choice Toothpaste dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut tanpa efek samping sedikitpun. Kesehatan janin tetap terjaga, begitu juga dengan kesehatan Mama selama kehamilan. Produk pasta gigi khusus ibu hamil dan menyusui pertama di Indonesia ini juga unggul dengan formulanya yang aman tanpa fluoride, tanpa SLS, dan tanpa triclosan.

Pilih yang aman, untuk kesayangan. Lindungi kesehatan gigi dan diri Mama mulai dari sekarang, dengan #PilihanAmanMama yang tepat untuk kehidupan.

Klik banner untuk dapatkan promo tambahan Mama’s Choice Toothpaste. Check out sekarang, sebelum masa promosi berakhir!

SHARE THIS POST

Tya

Tya

Gemar menulis dan bercerita. Membagikan kisah, pengalaman dan inspirasi melalui kata-kata. Perempuan yang terlihat melodrama, tapi suka tertawa. Sedang bersiap-siap menanti kehadiran si kecil dalam hidupnya. Agar semakin menyenangkan, berceritalah ia. Di sini.

Featured Article
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Jangan Panik Saat Bayi Rewel Tumbuh Gigi, Lakukan 3...
Learn more
Card image
Pumping ASI? Kenali Risiko dan Manfaatnya, Yuk, Ma!
Learn more
Card image
Normalkah Jika Janin Terlalu Aktif Bergerak? Simak...
Learn more
Mama's Choice

Item has been added
to your cart.

Checkout